Bloody Mary (lagu Lady Gaga)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Bloody Mary"
Singel oleh Lady Gaga
dari album Born This Way
Dirilis2 Desember 2022 (2022-12-02)
Direkam2010
StudioStudios 301, Sydney
GenreElectropop
Durasi4:05
LabelInterscope
Komponis musik
Produser
  • Lady Gaga
  • DJ White Shadow
Kronologi singel Lady Gaga
"Hold My Hand"
(2022)
"Bloody Mary"
(2022)
Audio video
"Bloody Mary" di YouTube

"Bloody Mary" adalah sebuah lagu yang direkam dan dinyanyikan oleh Lady Gaga, merupakan bagian dari album studio keduanya, Born This Way (2011). Lagu ini ditulis oleh Gaga, Fernando Garibay, dan DJ White Shadow, sementara diproduksi oleh dirinya sendiri dan DJ White Shadow, dengan produksi bersama tambahan dari Garibay dan Clinton Sparks. Lagu ini memiliki unsur electropop dengan elemen synth-pop dan trance, menampilkan musik Gregorian. Dalam liriknya, Gaga berperan sebagai Mary Magdalene, yang dia anggap sebagai kekuatan dari feminin yang dia sembah sejak masa kecilnya di gereja dan sekolah khusus perempuan. Lagu ini salah satu dari beberapa lagu di album dengan referensi Injil didalamnya.

Penerimaan kritis terhadap Bloody Mary umumnya positif, dengan pengulas mencapnya "gothik", "menyeramkan", dan menyoroti makna liriknya. Pada tahun 2022, setelah perilisan serial Wednesday, salah satu adegannya menampilkan tokoh utama sedang menari diiringi lagu tersebut dengan cepat menjadi viral di TikTok.[1][2] Hal ini menghasilkan peningkatan besar dalam pemutaran lagu di Spotify dan pada Desember 2022, Bloody Mary muncul di radio Prancis sebagai single, 11 tahun setelah perilisan album yang menampilkannya.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Roberts, Savannah (November 29, 2022). "Netflix's 'Wednesday' Has Everyone Streaming Lady Gaga's 'Bloody Mary'". Capital. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 30, 2022. Diakses tanggal December 5, 2022. 
  2. ^ Ruelle, Yohann (December 2, 2022). "Lady Gaga: son titre "Bloody Mary" explose dans les charts grâce à "Mercredi" sur Netflix" [Lady Gaga: her title "Bloody Mary" explodes in the charts thanks to "Wednesday" on Netflix] (dalam bahasa Prancis). Pure Charts. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 2, 2022. Diakses tanggal December 5, 2022. 
  3. ^ Dailey, Hannah (December 2, 2022). "Lady Gaga Reacts to 'Wednesday' 'Bloody Mary' TikTok Dance Trend". Billboard. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 3, 2022. Diakses tanggal December 5, 2022.