Bala

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Domba di bala, di Yorkshire, Inggris

Bala adalah kandang untuk memelihara ternak . Mungkin juga bisa digunakan sebagai istilah kandang untuk hewan lain seperti hewan peliharaan yang tidak diinginkan di dalam rumah. Istilah ini menggambarkan jenis kandang yang dapat mengurung satu atau banyak hewan. Konstruksi dan terminologi bervariasi tergantung pada wilayah di dunia, tujuan, spesies hewan yang akan dikurung, bahan lokal yang digunakan, dan tradisi. Pembalaan sebagai kata kerja mengacu pada tindakan mengurung hewan di dalam kandang.

Bala latihan[sunting | sunting sumber]

Bala latihan kawat portabel lipat

Untuk hewan peliharaan, pagar lipat khusus yang disebut sebagai bala lipat, digunakan untuk mengelilingi suatu area, biasanya di luar ruangan tetapi tidak selalu, di mana hewan dapat bergerak bebas. Biasanya digunakan untuk anjing, seperti untuk memberi ruang lebih banyak pada anak anjing atau anjing dewasa daripada kandang anjing, tetapi juga dapat digunakan untuk kelinci dan hewan lainnya. Bala latihan biasanya terbuat dari kawat kokoh, tetapi bisa juga dari plastik atau kayu.

Percumbuan bala[sunting | sunting sumber]

Percumbuhan bala berarti, idealnya, sekelompok betina dibawa ke bala pejantan dan dia melayani mereka semua selama mereka berada di dalam kandang. Ini adalah sistem perkawinan yang paling tidak membutuhkan banyak tenaga kerja karena betina dibiarkan kawin sesuka hati. Perkawinan ini juga paling efisien dalam hal kejantanan dan efisiensi karena mereka tidak perlu berbuat banyak dalam menjalankan kekuasaannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]