Badlapur (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Badlapur
Theatrical release poster
SutradaraSriram Raghavan
ProduserDinesh Vijan
Sunil Lulla
SkenarioSriram Raghavan
Arijit Biswas
Pooja Ladha Surti
CeritaMassimo Carlotto
Pemeran
Penata musikSachin-Jigar
SinematograferAnil Mehta
PenyuntingPooja Ladha Surti
Perusahaan
produksi
DistributorEros International
Tanggal rilis
  • 20 Februari 2015 (2015-02-20)
Durasi128 menit
NegaraIndia
BahasaHindi
Anggaran250 million[1]
Pendapatan
kotor
per. 770 million[2]

Badlapur adalah film drama India yang disutradarai oleh Sriram Raghavan dan diproduksi oleh Dinesh Vijan dan Sunil Lulla. Film ini dibintangi Varun Dhawan dan Nawazuddin Siddiqui, dengan Huma Qureshi, Yami Gautam, Vinay Pathak, Divya Dutta dan Radhika Apte sebagai peran pendukung. Film ini dirilis pada 20 Februari 2015 dan membukukan pendapatan sebesar ₹77 crore atau sekitar $11 juta dollar US di seluruh dunia.[2]

Pada 11 Januari 2016, film ini dinominasikan pada kategori Film Terbaik dalam Filmfare Awards ke-61, serta beberapa kategori lainnya.

Plot[sunting | sunting sumber]

Misha (Yami Gautam) dan anaknya Robin menjadi korban dalam sebuah perampokan bank ketika selesai berbelanja. Liak (Nawazuddin Siddiqui) dan temannya Harman (Vinay Pathak) merampok bank dan menggunakan mobil Misha untuk melarikan diri. Robin jatuh dari mobil yang sedang berjalan kencang, dan kemudian Misha ditembak oleh Liak. Sedangkan Harman melompat keluar dari mobil untuk melindungi uang hasil rampokan, sementara Liak ditangkap oleh aparat kepolisian. Kedua ibu dan anak tersebut akhirnya tidak terselamatkan dan meninggal di rumah sakit.

Raghu (Varun Dhawan), terpukul atas meninggalnya kedua istri dan anaknya, dan berniat untuk melakukan balas dendam terhadap kedua pelaku. Liak dijatuhi hukuman 20 tahun penjara, tetapi menolak untuk mengungkapkan identitas partnernya saat merampok bank. Raghu kemudian mengetahui bahwa Jhimli (Huma Qureshi), seorang pelacur adalah pacar dari Liak, dan mengunjungi Jhimli untuk mencari informasi mengenai partner Liak. Setelah Liak dimasukkan ke dalam penjara, Raghu mengasingkan dirinya dan menutup diri di sebuah wilayah dekat stasiun kereta api Badlapur.

15 tahun kemudian, Liak mengidap sakit kanker dan akhirnya dibebaskan dari penjara dengan alasan kemanusiaan. Tidak diketahui Liak, Raghu telah memfasilitasi pembebasan Liak dengan memberikan surat pengampunan untuk Liak ke pengadilan, sebagai gantinya yaitu Raghu mendapat informasi mengenai partner Liak dari ibu Liak. Bertekad balas dendam, Raghu menemukan Harman, yang sudah mapan sebagai pengusaha restoran. Liak tetap di bawah pengawasan polisi karena mereka percaya ia akan membawa polisi ke partnernya. Liak menghubungi Harman, dan mengatur untuk mengambil uang hasil rampok bagiannya. Namun, Raghu telah mengintimidasi Harman dan isitrinya, Kanchan (Radhika Apte). Harman kemudian memberitahu Raghu bahwa sesungguhnya Liak lah yang membunuh anak dan istrinya. Raghu tidak yakin dan mengambil uang bagian Liak, kemudian membunuh Harman dan istrinya.

Raghu kemudian menemui Shobha (Divya Dutta), seseorang yang berperan dalam pembebasan bersyarat Liak, dan kemudian Raghu berpura-pura untuk jatuh cinta dengannya sebagai pengalihan. Liak diberitahu ibunya bahwa Raghu pernah datang untuk bertanya mengenai Harman. Liak kemudian menerobos masuk ke rumah Raghu untuk mencari uang bagiannya. Raghu dan Liak terlibat perkelahian sengit, dan setelah itu Liak mengakui bahwa sebenarnya ialah yang membunuh istri dan anak Raghu, tapi dia melakukannya dengan spontan, tidak seperti Raghu yang membunuh Harman dan istrinya secara sadar dalam pembunuhan berencana dan kemudian tidak memiliki rasa bersalah.

Akrhinya, polisi memiliki bukti bahwa pelaku pembunuhan Harman dan istrinya adalah Raghu. Namun kemudian, Liak datang ke kantor polisi dan mengakui bahwa sebenarnya ialah yang membunuh Harman dan istrinya, dengan niat ia ingin memberikan Raghu kesempatan kedua agar Raghu tidak mengalami kehidupan seperti dirinya, ia berniat melakukan satu hal yang baik dalam hidupnya sebelum meninggal karena penyakit yang telah menggerogotinya.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Varun Dhawan sebagai Raghav "Raghu" Purohit
  • Nawazuddin Siddiqui sebagai Liak Mohammed Tungrekar
  • Huma Qureshi sebagai Jhimli
  • Yami Gautam sebagai Misha Purohit
  • Divya Dutta sebagai Shobha
  • Vinay Pathak sebagai Harman
  • Radhika Apte sebagai Kanchan (Koko)
  • Ashwini Kalsekar sebagai Ibu Joshi
  • Murali Sharma sebagai Michael Dada
  • Pratima Kazmi sebagai Liak Ibu
  • Zakir Hussain sebagai Patil
  • Kumud Mishra sebagai Inspektur Govind Mishra
  • Devansh Shah Raghu muda

Produksi[sunting | sunting sumber]

Film ini memulai proses syuting pada Mei 2014.[3][4][5]

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Badlapur
Album lagu tema karya Sachin-Jigar
Dirilis23 Januari 2015 (2015-01-23)
GenreFeature film soundtrack
Durasi25:06
LabelEros Music
Kronologi Sachin-Jigar
Ungli
(2014)UngliString Module Error: Match not found
Badlapur
(2015)
ABCD 2
(2015)ABCD 22015
No.JudulSinger(s)Durasi
1."Jee Karda"Divya Kumar4:01
2."Jeena Jeena"Atif Aslam3:49
3."Jee Karda" (Rock Version)Divya Kumar4:00
4."Judaai"Rekha Bhardwaj, Arijit Singh4:32
5."Jeena Jeena" (Remix)Atif Aslam3:39
6."Badla Badla"Vishal Dadlani, Jasleen Royal, Suraj Jagan3:13
7."Sone Ka Pani"Priya Saraiya1:52
Durasi total:25:06

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Varun Dhawan's Badlapur is a Rs. 1 25 crore film – The complete details". Bollywood Hungama. Diakses tanggal 12 March 2015. 
  2. ^ a b "Top Worldwide Grossers 2015". Box Office India. 12 March 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-25. Diakses tanggal 2017-04-15. 
  3. ^ "Varun Dhawan to play three generations in Sriram Raghavan's next". The Times of India. Diakses tanggal 12 March 2015. 
  4. ^ "Sriram Raghavan's next with Varun titled Badlapur". Bollywood Hungama. Diakses tanggal 12 March 2015. 
  5. ^ "Varun Dhawan in Sriram Raghavan's next?". Bollywood Hungama. Diakses tanggal 12 March 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]