Anindya Restuviani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Anindya Nastiti Restuviani atau Vivi adalah seorang aktivis dan feminis asal Indonesia yang menyuarakan dan terus bergerak untuk mengajak seluruh masyarakat mengakhiri pelecehan di ruang publik.[1] Vivi mendirikan sebuah gerakan bernama Hollaback! Jakarta, sebuah gerakan yang dimulai pada 2016 yang menangani pelaporan pelecehan sekaligus sebagai ruang yang aman untuk berbagi pengalaman tentang pelecehan seksual. Vivi bersama dengan Hollaback! Jakarta juga turut mengedukasi dan mendorong para perempuan untuk berani bercerita tentang apa yang dialami dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran dan mengumpulkan kekuatan guna menghentikan pelecehan dan kekerasan seksual.[2]

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Vivi dibesarkan di Semarang, Jawa Tengah oleh keluarga yang sadar sepenuhnya terkait isu-isu gender karena almarhum ayahnya yang juga merupakan seorang aktivis. Kekecewaan pertamanya bermula ketika neneknya melanggengkan persepsi bias tentang perbedaan pendidikan untuk laki-laki dan perempuan[3]. Di sekolah menengah, Vivi menghabiskan enam tahun di pesantren dan mengalami kesulitan dengan fasilitas pendidikan tertentu. Selanjutnya, ia melanjutkan studinya di universitas dan bertemu lebih banyak permasalahan terkait gender. Sejak saat itu, dirinya memutuskan untuk bekerja untuk kesetaraan gender. Ia menjadi direktur proyek Jakarta Feminist dan menjadi salah satu direktur Hollaback! Jakarta.[4]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • 40 Women Leaders in Gender Lens Investing[5]
  • IVLP[6] Advocacy and Policy for Indigenous, Minority and Undeserved Community

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "PressReader.com - Digital Newspaper & Magazine Subscriptions". www.pressreader.com. Diakses tanggal 2022-03-21. 
  2. ^ "ANINDYA RESTUVIANI - CO-DIRECTOR HOLLABACK! JAKARTA". www.beritasatu.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-21. 
  3. ^ Piri, Dezy Rosalia, ed. (2021-05-06). "Anindya Vivi: Fighting for Women's Rights Endlessly in Indonesia". Kompas.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-21. 
  4. ^ JawaPos.com (2019-04-12). "Anindya Restuviani, Penggerak Hollaback! Jakarta yang Berikan Rasa Aman di Ruang Publik". JawaPos.com. Diakses tanggal 2022-03-21. 
  5. ^ "Women Leaders in Gender Lens Investing". UN Women – Asia-Pacific (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-21. 
  6. ^ "Home". exchanges.state.gov (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-21.