Aleksandr Min

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Aleksandr Pavlovich Min
Nama asliАлександр Павлович Мин
LahirDesember 1915
Desa Chersan-Don, Oblast Primorskaya, Kekaisaran Rusia
Meninggal9 Juli 1944 (usia 28)
Desa Pariduby, Raion Stara Vyzhivka, Oblast Volyn, RSS Ukraina, USSR
Pengabdian Uni Soviet
Dinas/cabangTentara Merah
Lama dinas1941 – 1944
PangkatKapten
KesatuanResimen Senapan ke-605
Perang/pertempuranPerang Dunia II
PenghargaanPahlawan Uni Soviet

Aleksandr Pavlovich Min (bahasa Rusia: Александр Павлович Мин; 1915 – 9 Juli 1944) adalah seorang perwira Tentara Merah dan orang Korea pertama yang dianugerahi gelar Pahlawan Uni Soviet.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Min lahir pada Desember 1915 dari keluarga petani Korea di Chersan-Don. Usai lulus dari kelas sepuluh sekolah menengah pada 1932, ia masuk Universitas Federal Timur Jauh di Vladivostok, dimana ia belajar dari 1933 sampai 1937 sebelum menjadi guru bahasa Rusia di Pulau Putyatin. Pada masa berikutnya, ia dan keluarganya dideportasi ke Kazakhstan oleh pemerintah Uni Soviet karena mereka berdarah Korea. Sebagai "pemukim istimewa", ia memiliki beberapa hak sipil dibandingkan dengan warga Soviet lainnya. Di pengasingan, ia bekerja sebagai akuntan dan masuk Institut Ekonomi Saratov. Ia masuk Tentara Merah pada Mei 1941, tak lama sebelum invasi Uni Soviet oleh Jerman.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Simonov, Andrey. "Мин Александр Павлович". www.warheroes.ru (dalam bahasa Rusia). Diakses tanggal 2019-10-08. 
  2. ^ Ge, Nikolai (2008). Жизнь в стране трагического абсурда: говорят потомки (dalam bahasa Rusia). Almatinskoe Obščestvennoe Ob·edinenie "Potomki Borcov za Nezavisimost· Korei" "TONGNIP". hlm. 26.