Agama Yudaisme dan Mormonisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir (Gereja LDS) memiliki beberapa ajaran unik tentang Yudaisme dan Bani Israel. Denominasi terbesar dalam gerakan Orang Suci Zaman Akhir, Gereja LDS mengajarkan keyakinan bahwa orang-orang Yahudi adalah umat pilihan Tuhan dan juga mengajarkan keyakinan bahwa para anggotanya memiliki nenek moyang Israel yang sama dan literal dengan orang-orang Yahudi.

Perbandingan gerakan orang suci zaman akhir dan Yudaisme[sunting | sunting sumber]

Kitab Mormon dalam bahasa Ibrani

Sifat Tuhan[sunting | sunting sumber]

Dalam Yudaisme, Tuhan itu benar-benar monoteistik,[1] wujud mutlak, tidak dapat dibagi, tidak berwujud, dan tidak ada bandingannya yang merupakan penyebab utama semua keberadaan. Alkitab Ibrani menampilkan Hashem sebagai pencipta dunia dan juga menampilkan dia sebagai satu-satunya kekuatan yang mengendalikan sejarah. Alkitab Ibrani memerintahkan bangsa Israel untuk tidak menyembah allah lain, mereka hanya boleh menyembah YHWH, Tuhan yang membawa mereka keluar dari Mesir (Kel. 20:1-4; Ul. 5:6-7). Talmud Babilonia merujuk pada "dewa asing" lainnya sebagai entitas yang tidak ada yang secara keliru dianggap sebagai realitas dan kekuatan oleh manusia.[2]

Teologi denominasi Orang Suci Zaman Akhir terbesar (yang berkantor pusat di Salt Lake City) menyatakan bahwa Allah Bapa (Bapa Surgawi), Yesus Kristus (putra-Nya), dan Roh Kudus adalah tiga sosok yang terpisah dan berbeda secara pribadi dan hakikat, namun satu dalam tujuan dan kemuliaan.[3] James E. Faust menguraikan doktrin Gereja ini, ketika dia berkata,

Penglihatan Pertama menegaskan fakta bahwa ada tiga Tuhan yang berbeda: Tuhan Bapa—Elohim, kepada siapa kita menyampaikan doa-doa kita; Yesus Kristus—Yehuwa; dan Roh Kudus—Penghibur, yang melalui rohnya kita dapat mengetahui kebenaran segala sesuatu.[4]

Bersama-sama, ketiganya membentuk Ketuhanan , bersatu dalam tujuan dan hati. Allah Bapa dan Yesus Kristus memiliki tubuh daging dan tulang yang nyata dan sempurna.[5] Manusia secara harafiah adalah anak-anak roh dari Bapa di Surga, dan melalui penebusan Yesus Kristus mereka dapat kembali kepada-Nya dan menjadi dewa.[6] Dalam ceramahnya di King Follet , Joseph Smith berkata:

Tuhan sendiri dulunya sama seperti kita sekarang, dan merupakan Manusia yang dimuliakan, dan bertakhta di surga sana. Itulah rahasia besarnya.... Adalah prinsip pertama Injil untuk mengetahui dengan pasti karakter Allah dan mengetahui... bahwa Dia pernah menjadi manusia seperti kita. Inilah kehidupan kekal—untuk mengetahui bahwa hanya Tuhan yang bijaksana dan benar, dan engkau sendiri harus belajar bagaimana menjadi Tuhan, dan menjadi raja dan imam bagi Tuhan, sama seperti yang telah dilakukan semua Tuhan sebelummu. ... Tuhan sendiri, bapak kita semua, tinggal di bumi yang sama dengan Yesus Kristus.[7]

Selain itu, ada dewa-dewa lain dalam Mormonisme, seperti Bunda Surgawi . Teologi Orang Suci Zaman Akhir juga menyatakan bahwa, melalui proses permuliaan , manusia dapat naik menuju keilahian. Dalam teologi LDS , Allah Bapa sendiri, serta Yesus Kristus , pernah menjadi manusia fana yang dimuliakan. Namun, cara mereka memperoleh keabadian belum dipahami dengan baik dan secara doktrin berbeda dengan proses teosis yang akan dijalani umat manusia. Dengan kata lain, Allah Bapa dan Yesus Kristus mencapai Ketuhanan dengan cara yang jauh berbeda dibandingkan jalan melalui permuliaan yang diyakini para anggota OSZA akan mereka ambil untuk mencapai status yang sama.[8][9][10] Hal ini berbeda dengan pandangan OSZA yang Direorganisasi, yang lebih mengikuti arus utama Kekristenan karena bersifat trinitas dan bukan non-trinitas. Selain itu ada Denominasi Orang Suci Zaman Akhir lainnya (seperti cabang Gereja Kristus Dengan Pesan Elia ) yang berpegang pada Keesaan Tuhan sambil mengekspresikan bentuk Modalisme yang unik. Kitab Mormon juga cocok untuk penafsiran modalistik mengenai Ketuhanan.[1][2]

Yesus[sunting | sunting sumber]

Yesus tidak disebutkan dalam catatan Yahudi pada waktu itu. Sehubungan dengan keilahian Yesus, prinsip dasar Yudaisme adalah bahwa Tuhan itu esa dalam hakikat dan hipostasis (kesatuan dalam pribadi); oleh karena itu baik doktrin Kristen tentang Tritunggal maupun doktrin Mormon tentang tiga Tuhan yang terpisah "bersatu dalam tujuan", ditolak dalam sistem kepercayaan Yahudi. Orang-orang Yahudi juga tidak percaya bahwa Tuhan memiliki wujud fisik sebelumnya, (kadang-kadang, ia mengambil wujud fisik sebagai api untuk Musa , atau ia bergulat dengan Yakub dalam wujud malaikat, menurut Tanakh, namun ia bukan manusia dari planet lain). Akibatnya, Tuhan tidak memiliki tubuh fisik yang permanen dan oleh karena itu, gagasan bahwa Tuhan mungkin memiliki anak-anak yang "dilahirkan" secara fisik tidaklah mungkin.

Menurut anggota Gereja LDS, Yesus Kristus adalah Putra Tunggal Allah Bapa dalam wujud manusia. Orang-Orang Suci Zaman Akhir menyamakan Yesus dengan Yehova dalam Perjanjian Lama , bukan dengan Allah Bapa, yang menunjukkan bahwa perjanjian orang Israel dengan Yehova sebenarnya adalah dengan Yesus. Karena penderitaan, kematian, dan kebangkitan Yesus , seluruh umat manusia diselamatkan dari kematian dan akan bangkit kembali serta menerima tubuh fisik yang disempurnakan. Lebih jauh lagi, penebusan memenuhi tuntutan keadilan; rahmat, pengampunan, dan belas kasihan (yaitu keselamatan ) diberikan kepada semua orang yang menerima Kristus sebagai Juruselamat pribadi mereka dan menjadi murid-murid-Nya seumur hidup. Orang Suci Zaman Akhir juga percaya bahwa hanya ada satu Allah yang kepadanya doa dipanjatkan, yaitu Allah Bapa. Orang Suci Zaman Akhir tidak berdoa kepada Yesus, meskipun secara historis hal ini tidak selalu terjadi.

Para Orang Suci Zaman Akhir percaya bahwa, Pendamaian Yesus Kristus mencakup semua orang yang melakukan yang terbaik untuk menjadi baik (termasuk orang non-Kristen), pada akhirnya, bahkan akan menyelamatkan hampir semua roh orang jahat dari roh jahat. " kerajaan telestial ". Namun, jenis imbalan yang mereka terima bergantung pada tingkat penerimaan dan kepatuhan mereka.

Nubuat[sunting | sunting sumber]

Kuil Laie Hawaii adalah kuil Gereja OSZA tertua kelima di dunia. Ini juga merupakan salah satu dari tiga kuil gereja yang dirancang agar terlihat seperti Kuil Sulaiman , seperti yang dijelaskan dalam kitab suci.

Yudaisme mengajarkan pandangan bahwa nubuatan berhenti setelah kematian Maleakhi,[11] dan akan dipulihkan dengan Zaman Mesianis, sedangkan para Orang Suci Zaman Akhir percaya bahwa wahyu hadir pada masa dispensasi Yesus, dan bahwa melalui nubuatan Joseph Smith dipulihkan ke bumi dari zaman kemurtadan. Dengan demikian mereka percaya bahwa Smith dan penerusnya adalah nabi.

Orang-Orang Suci Zaman Akhir percaya bahwa, selain berbagai nubuat dari Perjanjian Baru, nubuat ilahi telah dipulihkan mulai dari Joseph Smith. Selain itu, selama peresmian Bait Suci Kirtland, Yesus, Musa, Elia, dan Elias menampakkan diri kepada Smith dan Oliver Cowdery, memberi mereka wewenang. Mereka menyerahkan kepada Smith dan Cowdery kunci-kunci pengumpulan Israel dari empat penjuru bumi, kepemimpinan sepuluh keluarga suku dari utara, pemberian kunci-kunci dispensasi Abraham, dan kunci-kunci kuasa pemeteraian (A&P 110:3–4, 7).

Kuil[sunting | sunting sumber]

Bait Suci Salt Lake berisi "Yang Mahakudus."

Kuil Sulaiman menyimpan Tabut Perjanjian di ruangan kuil yang disebut sebagai Ruang Mahakudus. Imam besar ketua akan masuk ke ruangan ini, yang konon berisi Shekhina (kehadiran Tuhan), setahun sekali pada Yom Kippur.

Bait Suci Salt Lake Gereja OSZA berisi Tempat Mahakudus di mana presiden gereja — bertindak sebagai Imam Besar Ketua — masuk untuk menggenapi hubungan antara Imam Besar Israel dan Tuhan, sesuai dengan penafsiran teologis Gereja terhadap Kitab Keluaran (Keluaran 25:22).[12] Oleh karena itu, Tempat Mahakudus ini dianggap serumpun dengan tempat suci bagian dalam Kemah Suci dan Bait Suci di Yerusalem.

Dari 173[13] bait suci yang dioperasikan oleh Gereja OSZA saat ini, hanya Bait Suci Salt Lake yang memiliki Tempat Mahakudus; sebelum selesainya Bait Suci Salt Lake pada tahun 1893, Bait Suci Manti memiliki Tempat Mahakudus untuk digunakan oleh Presiden Gereja. Meskipun ruangan itu sendiri masih ada di Pura Manti, dahulu pernah digunakan sebagai ruang pemeteraian perkawinan, namun karena ruangannya sangat kecil, kini hanya dibuka untuk dilihat oleh pengunjung kuil.

Orang Suci Zaman Akhir percaya bahwa suatu hari nanti orang-orang Yahudi akan membangun kembali sebuah bait suci di Yerusalem , dan bahwa orang-orang Yahudi akan memulihkan praktik ritual Hukum Musa di dalam bait suci itu.[14][15]

Imamat dan Pendeta[sunting | sunting sumber]

Yudaisme berpendapat bahwa keturunan Harun dalam garis keturunan laki-laki adalah Kohanim, atau imam, dan keturunan Lewi lainnya dalam garis keturunan laki-laki adalah Lewiim, anggota suku Lewi Ibrani. Kohanim dan Leviim memiliki hak, kewajiban, dan batasan agama tertentu (dalam kasus Kohanim). Anak perempuan seorang Kohen (kelelawar-Kohen) juga memiliki hak dan batasan khusus, namun tidak mewariskan status Kohen kepada keturunannya (kecuali ayah mereka juga seorang Kohen). Yudaisme tidak mengakui bentuk imamat lainnya.

Para rabi belum tentu Kohanim; sebaliknya mereka adalah orang-orang Yahudi yang sangat terpelajar dalam hukum dan praktik Yahudi. Meskipun tidak diwajibkan, biasanya sebuah jemaat memiliki setidaknya satu rabi. Meskipun biasanya para rabi bertindak serupa dengan para pemimpin spiritual dalam agama lain—menyampaikan khotbah mingguan, menjenguk orang sakit, memimpin pesta pernikahan dan acara kehidupan lainnya, dan sebagainya—fungsi terpenting seorang rabi dalam jemaatnya adalah menafsirkan dan mengajarkan hukum Yahudi.

Pelatihan untuk menjadi seorang rabi mencakup pendidikan ekstensif dalam hukum dan praktik Yahudi, dan mungkin juga mencakup pendidikan dalam sejarah dan filsafat Yahudi. Secara umum, sebuah jemaah akan mempekerjakan seorang rabi setelah meninjau lamaran dan mewawancarai beberapa calon—tidak ada badan pusat yang menugaskan seorang rabi ke suatu jemaah.

Yudaisme Ortodoks hanya menerima rabi laki-laki. Yudaisme Reformasi menahbiskan rabi perempuan pertamanya pada tahun 1972, Yudaisme Rekonstruksionis pada tahun 1974, dan Yudaisme Konservatif pada tahun 1985. Ketiga gerakan non-Ortodoks juga secara terbuka menerima rabi gay dan lesbian.[16][17][18][19] Yudaisme Karaite hanya menerima ḥakhamim laki-laki , meskipun tujuan mereka berbeda dengan yang dilakukan para rabi dalam Yudaisme Rabinik . Yudaisme Konservatif bergerak untuk mengizinkan masing-masing jemaah memilih apakah akan menerima atau tidak menerima rabi gay dan lesbian serta upacara komitmen sesama jenis pada bulan Desember 2006.[20] Tidak ada batasan dalam cabang Yudaisme mana pun sehubungan dengan ras atau keturunan.[21]

Pertemuan Abraham dan Melkisedek — oleh Dieric Bouts the Elder, 1464–67

Gereja OSZA mengizinkan "keturunan Harun yang sebenarnya" memiliki hak hukum untuk memimpin sebagai uskup, jika diarahkan oleh Presidensi Utama.[22] Ketika tidak ada lagi keturunan Harun yang layak, pemegang imamat Melkisedeklah yang memimpin.

Tatanan imamatnya adalah Harun, meniru imamat Harun orang Lewi, imam besar pertama orang Ibrani, dan keturunannya (Kohen); dan imamat Melkisedek, yang meniru wewenang nabi Melkisedek. Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir tidak mengakui tatanan imamat bapa bangsa yang terpisah dari imamat Melkisedek, dan menganggap bahwa baik imamat Patriarkat maupun Harun adalah bagian dari Melkisedek.

Anggota Suku Lewi konon memegang imamat Lewi berdasarkan hak lahir sebelum Yesus, sedangkan setelah Yesus, pemegang imamat Harun menerimanya "melalui nubuatan, dan dengan penumpangan tangan ".[23] Ajaran dan Perjanjian, bagaimanapun, memuat indikasi bahwa imamat Harun hanya tersedia sampai Suku Lewi kembali “mempersembahkan persembahan kepada Tuhan dalam kebenaran” (Lihat A&P 13:1). Imamat Harun sekarang biasanya diberikan pada usia dua belas tahun.[24]

Sama seperti garis keturunan imam dan imam besar yang merupakan bagian dari suku Lewi, persamaan dapat ditarik antara tingkat wewenang dalam jabatan imamat Harun Orang Suci Zaman Akhir dan jabatan di bawah Hukum: diakon , sama dengan orang Lewi; guru , sesuai dengan keturunan Kohat; imam , sesuai dengan garis imam; dan uskup, sesuai dengan keturunan Imam Besar Harun (jangan disamakan dengan Imam Besar Melkisedek).

Semua pria yang layak memenuhi syarat untuk menerima Imamat Harun pada usia dua belas tahun. Pada usia delapan belas tahun, para anggota imamat Harun yang layak memenuhi syarat untuk ditahbiskan sebagai penatua dalam Imamat Melkisedek. Bergantung pada kebutuhan gereja, seorang penatua dapat ditahbiskan menjadi imam tinggi, bapa bangsa, tujuh puluh, atau rasul Imamat Melkisedek.

Orang kulit hitam dilarang menerima imamat sampai tahun 1978, ketika Gereja OSZA mengumumkan bahwa para pemimpinnya telah menerima wahyu yang mengizinkan semua pria yang layak untuk menerima imamat. Beberapa sekte fundamentalis Mormon menolak wahyu ini.

Beberapa kelompok yang memisahkan diri, termasuk Komunitas Kristus (sebelumnya Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir yang Diorganisasi Kembali), telah mengadopsi penggunaan perempuan dalam peran klerikal, yang tidak diterima oleh Gereja OSZA.

Hukum diet[sunting | sunting sumber]

Hukum kashrut ("menjaga halal") adalah hukum makanan Yahudi. Makanan yang diolah sesuai dengan halakha (hukum Yahudi) disebut halal, dan makanan yang tidak diolah sesuai dengan hukum Yahudi disebut treifah atau treif. Undang-undang halal mengatur jenis hewan apa yang boleh dimakan dan juga mensyaratkan pemisahan antara susu dan daging (yang masih diperdebatkan), undang-undang tersebut memerintahkan agar sayuran diperiksa secara menyeluruh untuk mengetahui adanya serangga, undang-undang tersebut memerintahkan agar hewan disembelih secara ritual oleh orang yang bersertifikat, dan undang-undang tersebut memerintahkan agar banyak hewan disembelih secara ritual. produk makanan diproduksi di bawah pengawasan kerabian. Produk dari Tanah Israel dikenakan pembatasan lebih lanjut.

Orang Yahudi diharapkan atau diwajibkan minum anggur pada acara-acara tertentu. Anggur biasanya dikonsumsi pada makan malam Sabat, setelah pembacaan berkat khusus. Selain itu, minum anggur merupakan bagian penting dari perayaan dua hari raya besar Yahudi— Paskah dan Purim.

Orang Suci Zaman Akhir percaya bahwa Kata-kata Bijaksana adalah wahyu modern yang serupa dengan hukum kashrut. Wahyu, yang terdapat dalam A&P 89,[25] berisi tiga bagian; daftar bahan-bahan seperti anggur, minuman keras, dan tembakau yang tidak boleh digunakan, tetapi dengan pengecualian (89:1–9), daftar makanan yang sebaiknya digunakan, terkadang dengan batasan tertentu (89:10–17), dan janji bagi mereka yang mengikuti pedoman (89:18–21).

Di antara zat-zat yang tidak boleh digunakan menurut wahyu, zat pertama adalah “anggur atau minuman keras”, yang menurut wahyu tidak boleh diminum kecuali anggur, yang boleh digunakan sebagai bagian dari sakramen (misalnya pernikahan,[26][27] dan persekutuan Orang Suci Zaman Akhir). Sebagai tindakan pencegahan lebih lanjut, wahyu menyatakan bahwa jika anggur yang digunakan, itu haruslah anggur murni dan harus "buatan Anda sendiri" atau harus dibuat oleh sesama anggota gereja. Gereja OSZA telah menghapuskan anggur sama sekali, dengan air menggantikan anggur dalam sakramen.[28] Wahyu lainnya, A&P 27, memberikan petunjuk serupa: bahwa anggur hendaknya hanya digunakan jika dibuat oleh anggota gereja. Meskipun bagian 27 tidak memerintahkan penggunaan air (sebenarnya, setelah menerima wahyu ini Joseph Smith memahami bahwa itu berarti bahwa dia hendaknya membuat anggurnya sendiri – lihat Sejarah Gereja 1:108), itu digunakan sebagai pembenaran untuk perubahan tersebut.

Wahyu ini juga menyarankan agar penggunaan tembakau dan “minuman panas” (yang dijelaskan oleh Joseph Smith dan rekan-rekannya berarti kopi, teh, coklat panas, sup panas, dan cairan panas lainnya[29]). Tembakau diyakini "bukan untuk tubuh, tidak juga untuk perut, dan tidak baik bagi manusia, tetapi merupakan ramuan untuk memar dan semua ternak yang sakit, untuk digunakan dengan bijaksana dan terampil."

Daftar makanan dan zat-zat yang dianjurkan oleh wahyu untuk dikonsumsi mencakup tumbuh-tumbuhan yang menyehatkan, dan buah-buahan; namun, daging harus dimakan secukupnya dan idealnya, daging hanya boleh dimakan di musim dingin, selama kelaparan , atau selama periode "kelaparan berlebihan". Referensi lain ( 1 Timotius 4:1–4 dan Bagian 49:18–19,21 ) memperluas pembahasan tentang daging dan daging. Wahyu ini juga mendorong penggunaan biji-bijian, khususnya gandum. Penggunaan jelai juga dianjurkan, khususnya untuk pembuatan "minuman ringan".

Sabat[sunting | sunting sumber]

Sabat, yang berlangsung sejak matahari terbenam Jumat malam hingga munculnya tiga bintang pada Sabtu malam, merayakan ciptaan Tuhan dengan hari istirahat yang memperingati hari istirahat Tuhan setelah selesainya penciptaan. Ini memainkan peran penting dalam praktik Yahudi dan merupakan subjek dari banyak hukum agama. Hukum yang paling menonjol sehubungan dengan pemeliharaan Sabat Yahudi adalah persyaratan untuk tidak melakukan pekerjaan kreatif dalam bentuk apa pun (implikasi yang paling dikenal luas dari hal ini adalah larangan menyalakan api). Orang Yahudi yang taat akan menyiapkan makanan terlebih dahulu agar tidak perlu memasak pada hari Sabat, dan orang Yahudi Ortodoks yang taat akan menghindari menyalakan lampu listrik (yang "menciptakan" sirkuit listrik) atau mengemudi.

Meskipun hampir semua pekerjaan dilarang pada hari Sabat, tindakan bersantai dan bersenang-senang adalah hal yang wajar, selama hal tersebut tidak melanggar larangan apa pun sehubungan dengan melakukan pekerjaan. Makanan khusus disantap (termasuk anggur dan daging, jika memungkinkan, meskipun rumah tangga tidak mampu membeli kemewahan ini sepanjang sisa minggu itu). Pasangan suami istri dianjurkan untuk melakukan hubungan seksual.[30]

Sabat bagi Orang-Orang Suci Zaman Akhir adalah hari mana pun yang dipelihara sebagai hari Sabat oleh komunitas sekitar yang lebih luas. Oleh karena itu, di sebagian besar negara yang mayoritas penduduknya beragama Kristen, para Orang Suci Zaman Akhir menguduskan hari Minggu sebagai hari Sabat dan telah mengadopsi gagasan-gagasan Kristen mengenai hari itu. Hal ini dijelaskan dalam Kamus Alkitab Gereja sebagai berikut: “Setelah kenaikan Kristus, para anggota Gereja, baik Yahudi maupun non-Yahudi, menguduskan hari pertama dalam minggu (hari Tuhan) sebagai peringatan mingguan kebangkitan Tuhan kita (Kisah Para Rasul 20:7; 1 Kor. 16:2; Wahyu 1:10); dan sedikit demi sedikit perayaan hari ketujuh dihentikan." Namun, di Israel dan beberapa negara Arab, Orang Suci Zaman Akhir merayakan Sabat pada hari Sabtu atau Jumat, menurut adat istiadat setempat.[31]

Fokus Sabat bagi Orang-Orang Suci Zaman Akhir adalah sebagai hari istirahat dari kekhawatiran dan upaya duniawi serta untuk berkonsentrasi pada hal-hal rohani seperti menghadiri pertemuan gereja, pembelajaran tulisan suci, mengunjungi orang sakit dan lemah, serta kegiatan keluarga. Para anggota selanjutnya diimbau untuk tidak melakukan pembelian apa pun pada hari Sabat, kecuali jika keadaan darurat menuntut sebaliknya. Para anggota juga diundang untuk berpuasa pada hari Sabat pertama setiap bulan dan tidak makan dua kali dalam jangka waktu 24 jam, yang sering kali sama dengan tidak makan sarapan atau makan siang pada hari itu. Masa puasa ini digunakan untuk berdoa dan merenungkan hubungan diri dengan Tuhan. Uang yang seharusnya dikeluarkan untuk dua kali makan yang terlewat biasanya disumbangkan sebagai persembahan puasa ke gereja. Persembahan puasa ini didedikasikan untuk memberi makan orang miskin dan yang membutuhkan.

Kitab suci[sunting | sunting sumber]

Kumpulan gulungan lengkap, membentuk keseluruhan Tanakh

Kitab Yudaisme yang paling suci adalah Taurat . Hampir semua jemaat Yahudi memiliki setidaknya satu sefer Torah (salinan Taurat, kaligrafi tangan di atas perkamen) yang sebagiannya dibacakan setiap minggu. Taurat, Nevi'im (Para Nabi) dan Ketuvim (Tulisan), membentuk Tanakh.

Tanakh dijelaskan dan dilengkapi dengan Talmud , yang terdiri dari dua bagian: Mishnah (Taurat Lisan) dan Gemara (komentar dan analisis para rabi). Karya terbaru yang menjelaskan hukum Yahudi mencakup Shulkhan Arukh , yang ditulis pada abad ke-16. Secara tradisional, orang-orang Yahudi percaya bahwa Taurat diberikan kepada Musa di Gunung Sinai, untuk diteruskan kepada orang-orang Yahudi. Gulungan Taurat disalin dengan tangan oleh juru tulis yang terlatih khusus.

Kitab Standar Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir dicetak dalam format Kombinasi Empat Kali Lipat.
Sebuah ukiran tahun 1893 mengenai Joseph Smith menerima lempengan-lempengan emas serta Urim dan Tumim dari Moroni. Pedang Laban ditampilkan di dekatnya.

Joseph Smith berkata, “Saya memberi tahu saudara-saudara bahwa Kitab Mormon adalah kitab yang paling benar di antara kitab mana pun di bumi, dan merupakan batu kunci agama kita, dan seseorang akan menjadi lebih dekat kepada Allah dengan mematuhi ajaran-ajarannya, dibandingkan dengan kitab lainnya mana pun. " Oleh karena itu, penelaahan Kitab Mormon ditekankan oleh para pemimpin dan guru Gereja, namun mereka juga mendorong penelaahan Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru dalam Alkitab serta percaya pada penggenapan harfiah nubuat dan perjanjian Alkitab, termasuk perjanjian Abraham . Pasal Kepercayaan kedelapan menyatakan, "Kami percaya Alkitab adalah firman Allah sejauh diterjemahkan dengan benar; kami juga percaya Kitab Mormon adalah firman Allah." Selain kedua kitab ini, sesuai dengan makna Pasal Kepercayaan kesembilan, Ajaran dan Perjanjian serta Mutiara yang Sangat Berharga juga dianggap tulisan suci kanonik.

Menurut doktrin Orang Suci Zaman Akhir, Kitab Mormon awalnya ditulis dalam bahasa Mesir yang direformasi oleh sekelompok House of Israel yang bermigrasi dari wilayah Yerusalem. Buku ini diterjemahkan oleh Joseph Smith "melalui karunia dan kuasa Allah". Kitab Mormon memiliki gaya yang sangat mirip dengan bahasa yang digunakan dalam Alkitab Versi King James.

Akhirat[sunting | sunting sumber]

Keyakinan Yahudi mengenai kehidupan setelah kematian sangat bervariasi. Kebangkitan fisik orang mati pada masa Mashiach adalah kepercayaan tradisional (beberapa orang Yahudi Eropa dikuburkan menghadap Yerusalem, sehingga mereka akan siap pada hari itu). Orang bijak Yahudi lainnya mempromosikan gagasan kebangkitan rohani semata. Penganut Yudaisme Reformasi dan Yudaisme Rekonstruksionis lebih cenderung mempercayai Zaman Mesianis secara umum dibandingkan dengan Moshiach secara fisik, dengan atau tanpa kebangkitan. Ada juga kemungkinan reinkarnasi dalam beberapa kasus.

Secara umum, penganut agama Yahudi percaya bahwa jiwa mengalami masa refleksi dan penebusan dosa setelah kematian, sebelum melanjutkan ke masa depan. Jangka waktu ini tidak lebih dari 12 bulan, dan para pelayat Yahudi akan memanjatkan doa khusus bagi orang yang meninggal selama masa ini, untuk memudahkan perjalanan jiwa yang telah meninggal.

Surga dan Neraka sebagaimana dipahami dalam teologi Kristen secara kasar dianalogikan dengan habah dan Gehenna Olam Yahudi , dengan perbedaan besar tertentu. Penganut agama Yahudi pada umumnya sepakat bahwa pahala di akhirat atau dunia yang akan datang , apa pun bentuknya, tidak hanya berlaku bagi orang Yahudi, dan hukuman di akhirat tidak bersifat kekal tetapi bersifat korektif.

Gerakan Orang Suci Zaman Akhir mengajarkan tentang kebangkitan fisik bagi sebagian orang yang dimulai dengan kebangkitan Kristus. Pada saat kedatangan Kristus yang kedua kali akan terjadi kebangkitan umum orang mati. Gereja LDS berpendapat bahwa antara waktu kematian dan kebangkitan seseorang, individu tersebut mendiami kehidupan setelah kematian perantara di dunia Roh . Sifat akhirat ini tergantung pada individu masing-masing. Orang yang meninggal yang menjalani kehidupan yang baik dan bertobat selama hidupnya atas segala dosa besar yang telah mereka lakukan dikatakan menghuni surga. Namun, roh yang menghuni surga roh juga dapat menerima tugas untuk melakukan "pekerjaan misionaris" kepada jiwa-jiwa lain di surga atau kepada jiwa-jiwa yang berada di penjara roh , suatu kondisi yang diyakini oleh Orang Suci Zaman Akhir sebagai roh "pemberontak dan tidak saleh" berada. Istilah “penjara roh” terkadang digunakan untuk menggambarkan kondisi roh mana pun yang sedang menunggu untuk diajari Injil atau memiliki kesempatan untuk menerima tata cara yang memungkinkan mereka untuk maju dalam memperoleh pengetahuan lebih lanjut selama berada di dunia roh. Orang Suci Zaman Akhir berpendapat bahwa pekerjaan misionaris di dunia roh dimulai oleh Kristus pada hari-hari antara kematian dan kebangkitan-Nya (Ajaran dan Perjanjian 138).

Seperti yang ditunjukkan oleh tulisan pribadi Smith dan tulisan suci Orang Suci Zaman Akhir, adalah mungkin juga bahwa jika seseorang mengikuti perintah-perintah tersebut, maka seseorang mungkin layak menjadi dewa literal dan membantu Bapa dalam “mendatangkan kebakaan dan kehidupan kekal bagi manusia” (Musa 1:39). Prinsip-Prinsip Injil , sebuah buku resmi Gereja OSZA, menyatakan bahwa Allah Bapa adalah makhluk fana di bumi lain sama seperti Yesus Kristus, dan seperti Yesus yang dibangkitkan. Mengikuti teladan itu, Orang Suci Zaman Akhir berharap untuk memperoleh status keilahian yang sama, sambil secara kekal menyembah Bapa dan Putra (Asas-asas Injil, bab 47). Pada tahun 1977, presiden gereja Spencer W. Kimball mengatakan, mengenai doktrin permuliaan ini : "Kita ingat sejumlah tulisan suci yang, terkonsentrasi dalam satu baris, diucapkan oleh seorang mantan nabi, Lorenzo Snow: 'Seperti halnya manusia, Allah juga pernah ada; dan sebagaimana adanya Tuhan, manusia pun bisa menjadi seperti itu.' Ini adalah kekuatan yang tersedia bagi kita ketika kita mencapai kesempurnaan dan menerima pengalaman dan kekuatan untuk mencipta, mengatur, mengendalikan elemen-elemen asli. Betapa terbatasnya kita sekarang! Kita tidak memiliki kekuatan untuk memaksa rumput tumbuh, tanaman muncul, dan tumbuh. benih untuk berkembang.[32][33]

Gerakan Orang Suci Zaman Akhir mengajarkan adanya tiga "derajat kemuliaan". Selain itu, bagi orang-orang yang paling jahat, terdapat kegelapan luar , sebuah "kerajaan tanpa kemuliaan". Kegelapan lahiriah dianggap sebagai kematian kedua atau kematian rohani, bagi segelintir jiwa yang mengetahui kepenuhan kebenaran dan secara terbuka memberontak dan berperang melawan Tuhan. Tiga tingkat kemuliaan lainnya diberi label kerajaan telestial, kerajaan terestrial, dan kerajaan selestial , dengan kerajaan selestial itu sendiri terdiri dari “tiga langit atau derajat” (lihat Ajaran dan Perjanjian 131). Kehidupan setelah kematian ini diyakini oleh para Orang Suci Zaman Akhir setelah kebangkitan dan penghakiman seseorang. Beberapa individu akan dibangkitkan sebelum atau pada kedatangan Yesus yang kedua kali, sementara yang lain akan dibangkitkan beberapa tahun kemudian.

Anggota Gereja LDS percaya ketiga kerajaan, selestial, terestrial dan telestial, adalah kerajaan kemuliaan. Semuanya adalah tempat kemuliaan yang sesuai bagi individu yang akan tinggal di dalamnya, berdasarkan keinginan hati mereka. Gereja selanjutnya mengajarkan bahwa baptisan yang dilakukan oleh otoritas yang tepat diperlukan untuk memasuki kerajaan selestial.

Konversi dan Dakwah[sunting | sunting sumber]

Sebagai aturan umum, orang Yahudi menahan diri untuk tidak melakukan dakwah aktif, dan beberapa denominasi Yahudi melarang perpindahan agama. Dalam Yudaisme, perpindahan agama bukanlah suatu keharusan dan juga bukan merupakan prasyarat untuk kebaikan atau keselamatan, dan jika seseorang benar-benar ingin berpindah agama ke Yudaisme, mereka akan mencari komunitas dan rabi yang mereka rasa nyaman dan memulai prosesnya di sana. Konversi ke Yudaisme melibatkan pengajaran ekstensif dalam hukum Yahudi, penolakan terhadap afiliasi agama lain, pencelupan dalam mikveh, dan, untuk pria, sunat. Jika calon mualaf laki-laki sudah disunat, dilakukan prosedur yang disebut hatafat dam brit, yaitu pengambilan darah dari penisnya. Yudaisme Ortodoks juga mensyaratkan penerimaan seluruh hukum Yahudi.

Gereja OSZA menjalankan program dakwah secara luas, dan para misionarisnya didorong untuk mengundang orang lain untuk bertobat dan dibaptis. Baptisan tidak hanya membawa keanggotaan dalam gereja, itu juga, menurut kepercayaan Orang Suci Zaman Akhir, membawa berkat-berkat perjanjian yang diberikan kepada Bani Israel. Untuk dapat dibaptis, individu harus setuju untuk mematuhi Kata-kata Bijaksana dan hukum kesucian , setuju untuk membayar persepuluhan, menghadiri pertemuan gereja, dan menyatakan bahwa mereka telah bertobat dari dosa-dosa mereka. Seperti kebanyakan gereja Kristen, gerakan Orang Suci Zaman Akhir tidak mengharuskan sunat karena sunat sudah dihapuskan ketika Yesus Kristus menggenapi Hukum Musa. Dengan dibaptis, anggota membuat perjanjian dengan Tuhan untuk “disunat hati”, artinya mereka membuat perjanjian untuk memiliki hati yang patah dan jiwa yang menyesal agar dapat hidup sesuai dengan Injil.[34]

Ajaran dan Perjanjian menginstruksikan para penatua untuk mengajarkan Injil kepada semua bangsa, namun Ajaran dan Perjanjian memerintahkan mereka untuk pergi kepada orang bukan Yahudi terlebih dahulu, dan kemudian, Ajaran memerintahkan mereka untuk pergi kepada orang Yahudi.[35] Belum banyak dakwah di kalangan orang Yahudi, sebagian karena ajaran tentang nasib orang Yahudi.[36]  : 186  Nabi OSZA awal, seperti Brigham Young[37]  : 144  dan Wildord Woodruff,[38] mengajarkan keyakinan bahwa orang-orang Yahudi tidak dapat benar-benar bertobat karena kutukan yang diakibatkan oleh pembunuhan Yahudi.[39] : 205–206  Namun, setelah berdirinya negara Israel, banyak anggota LDS merasa bahwa orang-orang Yahudi harus bergabung dengan Gereja LDS. Selama tahun 1950-an, Gereja LDS mendirikan beberapa misi yang secara khusus menargetkan orang-orang Yahudi di beberapa kota di Amerika Serikat.[37] : 149 

Pemurnian air[sunting | sunting sumber]

Mikveh[sunting | sunting sumber]

Untuk mencapai tingkat pemurnian ritual, orang-orang Yahudi yang taat membenamkan diri dalam Mikveh. Peralatan dan benda-benda tertentu juga dibenamkan (praktik ini tidak boleh disamakan dengan pembersihan fisik yang diperlukan untuk kashrut).

Penggunaan Mikveh yang paling umum adalah praktik perendaman setelah menstruasi, keguguran, atau melahirkan. Penyelaman ini menandai berakhirnya masa perpisahan seksual, dan berkumpulnya kembali wanita tersebut dengan suaminya. Seorang wanita juga diwajibkan untuk merendamnya sebelum pernikahannya. Beberapa pria menggunakan Mikvah secara rutin, baik harian, mingguan, atau sebelum Yom Kippur. Hal ini terutama berlaku di kalangan Hasid . Hal ini juga diperlukan untuk Konversi ke Yudaisme Ortodoks untuk kedua jenis kelamin.

Hukum Yahudi sehubungan dengan Mikveh sangat luas. Aspek yang paling menonjol dari undang-undang ini adalah bahwa Mikveh harus diisi dengan "air hidup", yaitu air yang datang langsung dari bumi dalam bentuk air hujan atau mata air yang ditangkap (air yang mengalir di sungai atau aliran air juga diperbolehkan. dalam beberapa kasus). Setelah air dialirkan ke dalam bejana atau dialirkan melalui pipa, air tersebut tidak lagi dianggap “hidup”. Selain itu, perendaman harus menyeluruh (termasuk kepala dan rambut), dan tidak boleh ada apa pun di antara air dan orang yang dibenamkan—tidak hanya pakaian, tetapi juga riasan dan perhiasan yang dilepas. Praktek yang umum dilakukan adalah mencuci muka hingga bersih sebelum direndam (untuk menghilangkan kotoran atau kulit mati pada tubuh), dan masuk ke dalam Mikveh saat masih basah (untuk menghindari gelembung udara yang mungkin terperangkap pada kulit atau rambut).

Tidak seperti pembaptisan, pencelupan adalah acara pribadi—kecuali jika ada cacat fisik yang tidak memungkinkannya, orang yang menjalani pencelupan memasuki Mikveh sendirian, dan mengucapkan sendiri doa-doa yang sesuai. Jika dilakukan sebagai bagian dari Konversi ke Yudaisme Ortodoks, tindakan penyelaman perlu disaksikan oleh Beth-din yang terdiri dari tiga Rabi; Namun, orang tersebut membenamkan dirinya sendiri.

Perendaman “simbolis”, yang hanya menggunakan tetesan air, menggunakan air yang “dibawa”, atau yang mengenakan pakaian atau pakaian dalam apa pun, tidak dianggap sebagai perendaman yang sah menurut hukum Yahudi. Orang-orang Yahudi tidak mempraktekkan atau mengenal segala jenis penyelaman "Proxy", di mana seseorang dibenamkan di tempat orang lain (hidup atau mati).

Baptisan[sunting | sunting sumber]

Baptisan adalah ritual penjernihan air dimana seseorang dibenamkan ke dalam air. Praktek pemurnian melalui pencelupan ada di banyak kebudayaan. Kata membaptis berasal dari kata Yunani βάπτειν (infinitif; juga terdaftar sebagai orang pertama tunggal present active indicative βαπτίζω, yang secara longgar berarti "mencelupkan, mandi, atau mencuci").

Ritual baptisan umat Kristiani dimulai dari baptisan Yesus oleh Yohanes Pembaptis , yang menurut Alkitab membaptis Yesus di Sungai Yordan . Kepercayaan Orang Suci Zaman Akhir menyatakan bahwa pembaptisan dilakukan pada zaman Adam dan Hawa.[40]

Pembaptisan adalah proses tata cara dan pembersihan ritual yang diwajibkan ketika bergabung dengan Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, dan dianggap sebagai proses pemurnian dalam pertobatan seseorang. Jika terjadi ekskomunikasi atau adopsi agama lain, seseorang harus dibaptis ulang ketika kembali ke gereja.[41] Baptisan juga dipandang sebagai simbol kematian dan kebangkitan Yesus Kristus dengan air melambangkan kuburan. Setelah orang yang dibaptis ditentukan untuk menjadi layak melalui wawancara dengan pemimpin imamat mereka, dia mengenakan pakaian putih, melambangkan pemurnian dari pembaptisan. Tata cara ini dilaksanakan oleh seorang imam dari imamat Harun atau pemegang imamat Melkisedek mana pun. Anak-anak Orang Suci Zaman Akhir tidak dibaptis sampai mereka berusia delapan tahun, yang dianggap sebagai usia akuntabilitas.

Di masa lalu, adalah hal biasa bagi Orang Suci Zaman Akhir untuk dibaptis ulang demi kesehatan, atau sebagai peneguhan kembali kepercayaan. Praktik ini perlahan-lahan berkurang dan tidak lagi dilakukan oleh denominasi arus utama mana pun.

Mencuci dan mengurapi[sunting | sunting sumber]

Dalam gerakan Orang Suci Zaman Akhir, pencucian dan pengurapan adalah sebuah tata cara yang melambangkan ritual pembersihan dan pengurapan untuk menjadi raja atau ratu di surga. Di Gereja OSZA, ritual dilakukan di kuil. Tata cara pencucian dan pengurapan melambangkan ritual penyucian para imam yang berlangsung di Kemah Suci Israel, kuil Sulaiman, dan kemudian kuil-kuil di Yerusalem (lihat Kel. 28:40–42, 29:4–9, 29:20–21, 29:29–30, 30:18–21).

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Poligami dalam Yudaisme[sunting | sunting sumber]

Alkitab Ibrani menceritakan beberapa kasus poligami di kalangan orang Ibrani kuno. Salah satu sumber poligami adalah praktik perkawinan levirat , dimana seorang laki-laki diharuskan menikah dan menafkahi janda saudara laki-lakinya.

Yahudi Ashkenazi belum melakukan poligami sejak larangan Rabbenu Gershom pada abad ke-11.[42] Beberapa kelompok Sephardi dan Mizrahi , khususnya yang berasal dari Yaman dan Iran (di mana poligami adalah norma budaya), baru-baru ini menghentikan poligami, karena alasan non-agama. Ketika kelompok-kelompok ini berimigrasi ke Negara Israel setelah pembentukannya pada tahun 1948, keluarga-keluarga poligami yang ada dimasukkan ke dalam keluarga poligami. Namun, pernikahan poligami dilarang di Negara Israel, dan tidak ada pernikahan poligami baru yang diizinkan di antara kelompok-kelompok tersebut.[43]

Poligami dalam gerakan orang suci zaman akhir[sunting | sunting sumber]

Pada awal sejarahnya , Gereja OSZA mempraktikkan poligami dan menyebutnya sebagai “ pernikahan jamak ”. Praktik poligami diperkenalkan oleh Joseph Smith dan dikanonisasi dalam tulisan suci sebagai berasal dari "Tuhan, Allahmu ... Alfa dan Omega" (Ajaran dan Perjanjian 132:1, 2, 66). Hal ini diakui secara publik oleh gereja pada tahun 1852. Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir yang Diorganisasi Kembali, yang sekarang dikenal sebagai Komunitas Kristus, menolak poligami dan pada tahun 1860, mereka mendirikan gereja independen di bawah kepemimpinan Joseph Smith III , yang tertua. putra pemimpin pendiri.

Praktik poligami menimbulkan penentangan terhadap Gereja OSZA dan juga berujung pada diberlakukannya undang-undang anti poligami di Amerika Serikat. (Kongres AS menjadikan praktik ini ilegal di wilayah AS pada tahun 1862.) Banyak anggota gereja melarikan diri ke Kanada atau Meksiko dalam upaya untuk mendirikan komunitas yang bebas dari tuntutan. Meskipun Orang Suci Zaman Akhir percaya bahwa pernikahan jamak dilindungi sebagai praktik keagamaan oleh Konstitusi Amerika Serikat , para penentang menggunakannya untuk menunda status kenegaraan Utah hingga tahun 1896. Undang-undang anti-poligami yang semakin keras mencabut hak-hak anggota gereja sebagai warga negara, mencabut hak untuk memilih anggota gereja perempuan, membubarkan gereja, dan mengizinkan penyitaan properti gereja sampai gereja secara resmi menghentikan praktik tersebut melalui Manifesto tahun 1890 .

Perhatian nasional di Amerika Serikat terfokus pada poligami di gereja pada awal abad ke-20 selama dengar pendapat DPR tentang Perwakilan terpilih BH Roberts dan dengar pendapat Senat tentang Senator terpilih Reed Smoot ( Dengar Pendapat Smoot ). Hal ini menyebabkan presiden gereja Joseph F. Smith mengeluarkan " Manifesto Kedua " yang menentang poligami pada tahun 1904. Sejak saat itu, sudah menjadi kebijakan gereja untuk mengucilkan anggota mana pun yang mempraktikkan atau secara terbuka menganjurkan praktik poligami.

Larangan poligami mengakibatkan perpecahan dalam Gereja LDS, dengan berbagai kelompok fundamentalis Mormon meninggalkan gereja dan terus melakukan poligami. Secara kolektif, kelompok-kelompok seperti itu kini berjumlah kurang dari tiga persepuluh dari satu persen total anggota Gerakan Orang Suci Zaman Akhir. Di antara kelompok-kelompok ini, poligami saat ini masih ada di Utah dan negara-negara tetangga, dan juga dipraktikkan oleh individu-individu terpencil yang tidak memiliki afiliasi gereja yang terorganisir. Gereja terbesar yang mendukung poligami adalah Gereja Fundamentalis Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir, dan diyakini memiliki sekitar 10.000 anggota. Menurut sebuah sumber, terdapat sebanyak 37.000 fundamentalis Mormon, dan kurang dari setengahnya tinggal dalam rumah tangga poligami. Sebagian besar poligami diyakini terbatas pada sekitar selusin kelompok fundamentalis Mormon yang berpoligami.

Divisi[sunting | sunting sumber]

Yudaisme mencakup spektrum ketaatan dengan beberapa cabang yang diakui: Yudaisme Hasid , Yudaisme Haredi (sering disebut sebagai "ultra-Ortodoks"), Yudaisme Ortodoks , Yudaisme Konservatif , Yudaisme Reformasi , Yudaisme Rekonstruksionis , Yudaisme Karaite , dan Yudaisme Humanistik . Perpecahan lebih lanjut terjadi di dalam divisi-divisi tersebut.

Sekitar 98 persen penganut Orang Suci Zaman Akhir adalah anggota Gereja LDS; namun, ada beberapa kelompok lain, seperti Komunitas Kristus dan banyak gereja kecil dalam fundamentalisme Mormon . Kelompok terbesar kedua, Komunitas Kristus, menyebut diri mereka sebagai Orang Suci Zaman Akhir namun bukan Mormon, meskipun mereka terus menggunakan Kitab Mormon sebagai tulisan suci. Doktrin doktrin Komunitas Kristus telah berubah secara nyata sejak diorganisasi kembali oleh Joseph Smith III. Dua perubahan besar adalah penerimaan konsep trinitas tentang Tuhan dan penahbisan perempuan menjadi imam. Sebaliknya, kaum Mormon fundamentalis mengklaim kepatuhan pada kepercayaan dan praktik tradisional yang telah ditolak atau diubah oleh Gereja LDS.

Simbolisme Yahudi dalam Gerakan Orang Suci Zaman Akhir[sunting | sunting sumber]

Detail Balai Pertemuan Salt Lake


Gereja LDS memasukkan di antara simbol-simbol tradisionalnya Bintang Daud, yang telah menjadi simbol Yudaisme setidaknya sejak abad ke-13.[44] Bagi Gereja OSZA, ini mewakili perjanjian ilahi Israel, pengumpulan kembali orang Israel, dan kedekatan dengan Yudaisme; Bintang Daud digambarkan dengan jelas di jendela kaca patri di Balai Pertemuan Salt Lake yang terkenal.

Kehadiran Yahudi di Utah[sunting | sunting sumber]

Tidak lama setelah anggota Gereja LDS mencapai Lembah Salt Lake, penganut Yudaisme pun tiba di daerah tersebut. Alexander Neibaur, seorang Yahudi yang masuk Gereja LDS, tiba pada tahun 1848. Keluarga Yahudi permanen pertama di Utah diperkirakan adalah Julius Gerson Brooks dan istrinya, Isabell.[45][46] Pemakaman Yahudi pertama di Salt Lake City, Utah, berada di atas tanah yang disumbangkan oleh Brigham Young pada tahun 1869,[47][48] dan sinagoga Reformasi pertama di Salt Lake didanai oleh Gereja Yesus Kristus dari Orang Suci Zaman Akhir.[49] Terinspirasi oleh gerakan kembali ke tanah Yahudi , imigran Yahudi Eropa Timur dari Philadelphia dan New York mendirikan koloni Clarion di Sanpete County pada tahun 1910. Koloni ini diorganisir oleh Asosiasi Pertanian dan Kolonial Yahudi, dan dengan sekitar 200 individu pada puncaknya, adalah salah satu inisiatif koloni pertanian Yahudi terbesar pada masanya.

Simon Bamberger, Gubernur Utah keempat (1917–1921) adalah seorang Yahudi; publikasi antisemit yang menargetkan Bamberger dikecam oleh sebagian besar warga Utah. [50] BH Roberts, seorang politisi dan pemimpin gereja, mendukung kampanye Bamberger dengan mencalonkan dia sebagai gubernur.[50]

Baptisan bagi orang mati[sunting | sunting sumber]

Praktik lama Gereja LDS adalah membaptis kerabat mereka secara perwakilan, yang berasal dari keyakinan bahwa semua individu harus menerima semua tata cara penyelamatan untuk mencapai permuliaan. Di bawah teologi gereja, pelaksanaan tata cara pembaptisan dan tata cara bait suci lainnya tidak secara otomatis menjadikan seseorang yang telah meninggal menjadi Orang Suci Zaman Akhir, melainkan memperbolehkan orang tersebut (yang diyakini oleh Orang Suci Zaman Akhir masih hidup di akhirat) mempunyai pilihan untuk dengan bebas menerima atau menolak tata cara yang dilaksanakan atas nama mereka. Orang Suci Zaman Akhir tidak mengklaim kuasa untuk memaksa penerimaan tata cara perwakilan atau mengubah afiliasi keagamaan orang yang meninggal di luar kehendaknya.

Dari waktu ke waktu, dan bertentangan dengan kebijakan gereja, para ahli silsilah Orang Suci Zaman Akhir telah mengirimkan nama-nama individu terkemuka lainnya, termasuk mereka yang pernah menjadi korban Holocaust . Kebijakan resmi menyatakan bahwa anggota gereja menyerahkan nama kerabat mereka sendiri untuk jenis tata cara ini, dan mengharuskan izin dari kerabat terdekat yang masih hidup diperoleh untuk setiap pembaptisan yang akan dilakukan bagi individu yang meninggal yang lahir dalam 95 tahun terakhir.[51] Terlepas dari itu, beberapa baptisan dilakukan atas nama korban Holocaust. Ketika informasi ini dipublikasikan, hal ini menimbulkan kritik vokal terhadap Gereja dari kelompok Yahudi, yang menganggap ritual ini menghina dan tidak sensitif. Pada tahun 1995, sebagian karena tekanan masyarakat, para pemimpin gereja berjanji untuk menerapkan kebijakan baru yang akan membantu menghentikan praktik tersebut, kecuali jika diminta atau disetujui secara khusus oleh pasangan yang masih hidup, anak-anak atau orang tua korban.[52]

Pada akhir tahun 2002, muncul informasi bahwa anggota gereja tidak menghentikan praktik pembaptisan korban Holocaust Yahudi meskipun ada arahan dari pimpinan gereja. Kritik kembali muncul dari kelompok Yahudi. Simon Wiesenthal Center yang berbasis di Los Angeles tercatat menentang baptisan perwakilan para korban Holocaust. Rabi Marvin Hier dari pusat tersebut menyatakan, "Jika orang-orang ini tidak menghubungi Orang-Orang Suci Zaman Akhir sendiri, pepatah yang seharusnya berbunyi: Jangan telepon saya, saya akan menelepon Anda. Dengan rasa hormat yang sebesar-besarnya kepada mereka, kami tidak melakukannya. berpikir merekalah yang menentukan secara eksklusif siapa yang diselamatkan." Baru-baru ini, para pemimpin gereja sepakat untuk bertemu dengan para pemimpin Pertemuan Dunia Korban Holocaust Yahudi.

Pada bulan Desember 2002, peneliti independen Helen Radkey menerbitkan laporan yang menunjukkan bahwa janji gereja pada tahun 1995 untuk menghapus korban Yahudi Nazi dari Indeks Silsilah Internasional (IGI) tidaklah cukup; penelitiannya terhadap database gereja mengungkap nama-nama sekitar 19.000 orang yang memiliki peluang 40 hingga 50 persen untuk "berpotensi menjadi korban Holocaust...di Rusia, Polandia, Prancis, dan Austria."

Ahli silsilah Bernard Kouchel melakukan penelusuran di IGI dan menemukan bahwa banyak orang Yahudi terkenal telah dibaptis secara perwakilan, termasuk Rashi, Maimonides, Albert Einstein, Menachem Begin, Irving Berlin, Marc Chagall, dan Gilda Radner . Beberapa izin mungkin telah diperoleh, namun saat ini tidak ada sistem untuk memverifikasi bahwa izin tersebut telah diperoleh, sehingga membuat marah banyak komunitas agama dan budaya.

Pada tahun 2004, Schelly Talalay Dardashti, kolumnis silsilah Yahudi untuk The Jerusalem Post , mencatat bahwa beberapa orang Yahudi, bahkan mereka yang tidak memiliki keturunan Orang Suci Zaman Akhir, dibaptis ulang setelah dikeluarkan dari daftar. Dalam sebuah wawancara, D. Todd Christofferson, seorang pejabat gereja, mengatakan kepada The New York Times bahwa gereja tidak mungkin terus memantau arsip untuk memastikan tidak ada nama Yahudi baru yang muncul.

Pada tanggal 11 April 2005, para pejabat Yahudi dan gereja bertemu dan membentuk komite gabungan Yahudi/Mormon dengan tujuan mencegah masalah di masa depan. Komite bertemu sebentar-sebentar selama beberapa tahun berikutnya. Pada tanggal 1 September 2010, kaum Yahudi dan para pemimpin Gereja OSZA mengeluarkan pernyataan bersama "mengakui bahwa kekhawatiran antara anggota kedua kelompok mengenai masalah doktrinal yang sensitif telah dihilangkan." [54] Namun, pada bulan Februari 2012, masalah ini muncul kembali setelah ditemukan bahwa orang tua dari penyintas Holocaust dan pembela hak-hak Yahudi Simon Wiesenthal ditambahkan ke database silsilah FamilyTree.[53]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Maimonides, 13 principles of faith, Second Principle
  2. ^ e.g., Babylonian Talmud, Megilla 7b-17a.
  3. ^ Dahl, Paul E. (1992), "Godhead", dalam Ludlow, Daniel H, Encyclopedia of Mormonism, New York: Macmillan Publishing, hlm. 552–53, ISBN 0-02-879602-0, OCLC 24502140 
  4. ^ Faust, James E. (May 1984), "The Magnificent Vision Near Palmyra", Ensign: 67 
  5. ^ Templat:Mormonverse
  6. ^ Doctrine and Covenants 132; Gospel Principles, chapter 47; LDS 1985 Melchizedek Priesthood study guide, "Search These Commandments", Lesson 21, pp. 151–57.
  7. ^ Joseph Fielding Smith (ed.), Teachings of the Prophet Joseph Smith, pp. 342–45.
  8. ^ "Chapter 1: The Origin and Destiny of Mankind". 
  9. ^ "Sermon in the Grove". 
  10. ^ chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://emp.byui.edu/jexj/new/talks/talks/FMD%20KingFollettDiscourse.pdf
  11. ^ Babylonian Talmud, Sotah 48a
  12. ^ Buerger, David John. The Mysteries of Godliness Diarsipkan 2006-03-23 di Archive.is. Signature Books (November 2002). Last accessed 2006-11-16 (excerpts only online).
  13. ^ Templat:LDS Temple status
  14. ^ "Teachings of Presidents of the Church: Joseph Smith". The Church of Jesus Christ of Latter-day Saints. 2011. hlm. 412–22. Diakses tanggal 20 January 2015. 
  15. ^ Smith, Joseph. "The Purpose of the Gathering of Israel". This subject was presented to me since I came to the stand. What was the object of gathering the Jews, or the people of God in any age of the world? ... The main object was to build unto the Lord a house whereby He could reveal unto His people the ordinances of His house and the glories of His kingdom, and teach the people the way of salvation; for there are certain ordinances and principles that, when they are taught and practiced, must be done in a place or house built for that purpose. 
  16. ^ Conservative rabbis reach out to gay Jews Diarsipkan 2012-02-04 di Wayback Machine.
  17. ^ New Conservative rabbis group welcomes gays
  18. ^ Gay Marriage: Is it a fight for equal rights or the end of a moral society?
  19. ^ "At a Gay Synagogue, a Rabbi Isn't Fazed by Legalities". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-10-12. Diakses tanggal 2005-11-01. 
  20. ^ Ordination of Gays and Lesbians and Same-Sex Commitment Ceremonies Diarsipkan 2008-08-13 di Wayback Machine.
  21. ^ A black woman's journey to the rabbinate in North Carolina
  22. ^ Templat:Mormonverse
  23. ^ Templat:Mormonverse
  24. ^ For a detailed history and comparison between the Levitical and Aaronic Priesthood, see the LDS Bible Dictionary: Aaronic Priesthood
  25. ^ Templat:Mormonverse
  26. ^ “We then partook of some refreshments, and our hearts were made glad with the fruit of the vine. This is according to the pattern set by our Savior Himself, and we feel disposed to patronize all the institutions of heaven.” - Joseph Smith, Jr., History of the Church, v. 2, p. 369, Thursday, January 14, 1836
  27. ^ “Elders Orson Hyde, Luke S. Johnson, and Warren Parrish, then presented the Presidency with three servers of glasses filled with wine, to bless. And it fell to my lot to attend to this duty, which I cheerfully discharged. It wsa then passed round in order, then the cake in the same order; and suffice it to say, our hearts were made glad while partaking of the bounty of earth which was presented, until we had taken our fill...” - Joseph Smith, Jr., History of the Church, v. 2, p. 378, Wednesday, January 20, 1836
  28. ^ Isaiah 1:22
  29. ^ George Q. Cannon, Journal of Discourses, 12:221
  30. ^ "Community | is There a Jewish Blessing for Better Sex?". 23 January 2019. 
  31. ^ Resolving the Mormon issue, ibid.
  32. ^ Kimball, Spencer W. (May 1977), "Our Great Potential", Ensign 
  33. ^ Lorenzo Snow's couplet is more commonly quoted as: "As man now is, God once was: As God now is, man may be". See:
    * Lund, Gerald N. (February 1982), "I Have a Question: Is President Lorenzo Snow's oft-repeated statement—'As man now is, God once was; as God now is, man may be'—accepted as official doctrine by the Church?", Ensign ;
    * Millet, Robert L.; Reynolds, Noel B. (1998), "Do Latter-day Saints believe that men and women can become gods?", Latter-day Christianity: 10 Basic IssuesPerlu mendaftar (gratis), Provo, Utah: Foundation for Ancient Research and Mormon Studies, ISBN 0934893322, OCLC 39732987 .
  34. ^ "Circumcision." LDS Bible Dictionary.
  35. ^ Templat:Mormonverse
  36. ^ Mauss, Armand L. (2003). All Abraham's Children: Changing Mormon Conceptions of Race and Lineage. University of Illinois Press. hlm. 199–201. ISBN 0-252-02803-1. Most Mormons hold both kinds of beliefs simultaneously (hostility and affinity beliefs), because both are part of a generally orthodox Mormon outlook... The index of religious hostility toward Jews combines responses to the two questions about perpetual Jewish punishment for the Crucifixion and the requirement for their conversion as a condition of forgiveness. The index of religious affinity toward Jews combines responses to the questions about the chosen status of the Jews and their common ancestry with the Mormons. 
  37. ^ a b Green, Arnold H. (1994). "Jews in LDS Thought". BYU Studies Quarterly (edisi ke-9). 34 (4). 
  38. ^ Charles R. Harrell (2011). "This Is My Doctrine": The Development of Mormon Theology. Greg Kofford Books. hlm. 404. 
  39. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Gathering
  40. ^ Templat:Mormonverse
  41. ^ Templat:Mormonverse
  42. ^ The Many Paths to Greatness
  43. ^ "I've heard polygamy is permissible among Sephardic and Yemenite Jews. Doesn't Judaism mandate monogamy?". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-10-01. Diakses tanggal 2005-10-08. 
  44. ^ Star of David
  45. ^ "Julius and Fanny Brooks". Ilovehistory.utah.gov. Diakses tanggal 2012-02-10. 
  46. ^ May, Dean L. (1987). Utah: a people's history - Dean L. May - Google Books. University of Utah Press. ISBN 9780874802849. Diakses tanggal 2012-02-10. 
  47. ^ Jerry Klinger (August 2009), "The Mormans and the Jews", Jewish Magazine, Jerusalem, Israel: Jewishmag.com, diakses tanggal 2013-06-10 
  48. ^ "Utah Jewish Genealogical Society - The Jews of Utah". Ujgs.org. 1903-08-13. Diakses tanggal 2012-02-10. 
  49. ^ "Could Mitt Romney Be the First Jewish President? - Timothy Stanley - Politics". The Atlantic. 2011-12-07. Diakses tanggal 2012-02-10. 
  50. ^ "Defender of the Faith: The B. H. Roberts Story - BYU Studies". Byustudies.byu.edu. Diakses tanggal 2012-02-10. 
  51. ^ George D. Durrant, "Branching Out on Your Family Tree," Ensign, April 2007, p.45.
  52. ^ Agreement with the LDS Church
  53. ^ Mormons baptise parents of Nazi-hunter Simon Wiesenthal

Tautan eksternal[sunting | sunting sumber]

 
Cari di Wikimedia Commons
Cari di Wikimedia Commons
 Wikimedia Commons memiliki media yang berhubungan dengan (kategori):

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Books on LDS observance for Israelite Feasts

  • Celebrating Passover: A Guide to Understanding the Jewish Passover for Latter-day Saints, Deseret Books, SKU: 4906193 information & Reviews
  • Passover for Latter Day Saints, David and Jennifer Asay, Keepers Books