Adolf Hitler Uunona

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Adolf Hitler Uunona
Anggota dewan Partai SWAPO
Masa jabatan
Sejak 2004
PresidenHage Geingob
Perdana MenteriSaara Kuugongelw
Wakil PresidenNangolo Mbumba
LawanMumbala Abner
Daerah pemilihanOmpundja, Oshana, Namibia
Informasi pribadi
Lahir
Adolf Hitler Uunona

1966 (umur 57–58)
Afrika Barat Daya (kini Namibia)
Kewarganegaraan Namibia
Partai politik SWAPO
Afiliasi politik
lainnya
MPLA
PekerjaanPolitikus
Dikenal karenaNama yang sama dengan Adolf Hitler
Situs webhttps://oshanarc.gov.na/ompundja
Karier militer
PihakGerakan Rakyat untuk Pembebasan Angola
Pertempuran/perangPerang Perbatasan Afrika Selatan
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Adolf Hitler Uunona (lahir 1965 atau 1966) adalah seorang aktivis hak-hak sipil dan politikus berkebangsaan Namibia yang telah menjabat sebagai anggota Partai Organisasi Rakyat Afrika Barat Daya beberapa kali sejak 2004. Dia mendapat perhatian pada tahun 2020 ketika sumber-sumber berita menulis kesamaan nama dengan diktator Nazisme Adolf Hitler.

Karier[sunting | sunting sumber]

Afrika Barat Daya[sunting | sunting sumber]

Uunona bergabung dengan politik sebagai aktivis anti-Apartheid dan sebagai anggota Partai Organisasi Rakyat Afrika Barat Daya. Dia juga anggota organisasi militan Tentara Pembebasan Rakyat Namibia. Pada saat itu, Afrika Selatan melembagakan sistem segregasi ras yang disebut Apartheid.

Namibia pasca-kemerdekaan[sunting | sunting sumber]

Uunona telah terpilih sebagai anggota dewan beberapa kali sejak 2004 di daerah pemilihan Ompundja di Oshana pada tahun 2010 dan 2015.[1] Pada November 2020, ia memenangkan pemilihan lokal di Namibia utara dengan 1.196 suara, yang mewakili 85% suara. Lawannya,, Mumbala Abner dari Partai IPC, hanya memperoleh 213 suara. Uunona terus menjadi anggota dewan daerah pemilihan Ompundja di Namibia.[2]

Nama[sunting | sunting sumber]

Nama Jermanik seperti "Adolf" umum di Namibia, karena pernah menjadi daerah jajahan Jerman yang disebut sebagai Afrika Barat Daya Jerman antara tahun 1884 dan 1915[2] di bawah Kekaisaran Jerman dan kemudian menjadi mandat Uni Afrika Selatan. Bahasa Afrikaans dan Jerman adalah dua bahasa resmi Namibia.

Sumber berita internasional menulis bahwa Uunona memiliki nama yang sama dengan diktator Nazi Adolf Hitler.[3][4] Adolf Uunona mengatakan ayahnya mungkin menamainya terinspirasi dari Adolf Hitler tetapi tidak berpikir ayahnya tahu siapa Adolf Hitler pada saat itu. "Tidak sampai saya tumbuh dewasa, saya menyadari: Pria ini ingin menaklukkan (atau menempatkan di bawah kekuasan) seluruh dunia," katanya. Uunona biasanya menggunakan nama depan "Adolf Uunona" atau hanya "Adolf" saat berada di depan umum. Dia juga mengatakan tidak punya rencana untuk mengubah namanya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Government Gazette of the Republic of Namibia. December 9, 2010, No. 4627
  2. ^ a b "Namibia: Man named after Adolf Hitler wins local election". BBC News (dalam bahasa Inggris). 2020-12-03. Diakses tanggal 2021-10-12. 
  3. ^ Ndeyanale, Eliaser. "Adolf Hitler defends his name". The Namibian (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-08. 
  4. ^ "Man named Adolf Hitler Uunona wins election in Namibia, says he isn't seeking 'world domination'". Washington Post (dalam bahasa Inggris). ISSN 0190-8286. Diakses tanggal 2021-10-08.