Lompat ke isi

Pembicaraan:Distokia pada sapi

Konten halaman tidak didukung dalam bahasa lain.
Bagian baru
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
ProyekWiki Kedokteran hewan (Dinilai kelas Awal, Low)
Ikon ProyekWiki
Artikel berada dalam lingkup ProyekWiki Veteriner, proyek kolaborasi untuk meningkatkan kualitas artikel yang berhubungan dengan ilmu kedokteran hewan. Silakan berpartisipasi dengan menyunting artikel Distokia pada sapi, mengunjungi halaman proyek, atau berdiskusi di halaman pembicaraan proyek.
 Awal  Artikel ini telah dinilai sebagai kelas awal pada skala kualitas proyek.
 Rendah 
Kurang penting
 

Catatan per 6 April 2010[sunting sumber]

Tolong perhatikan ini.

Artikel ini terlalu sempit cakupannya dan isinya seperti manual di buku teks. Artikel Dystocia sudah ada dalam bahasa Inggris, dan bersifat umum. Mengapa tidak dibuat artikel yang mencakup semuanya saja? Selain itu, tolong dicek, apakah bentuk "distokia" sudah tepat menuurt Pedoman Umum Pembentukan Istilah ?

Pelajari pula Wikipedia:Pedoman gaya, Wikipedia:Panduan menulis artikel yang lebih baik, dan Wikipedia:Pedoman_ejaan_dan_penulisan_kata. Kembangraps (bicara) 10:33, 6 April 2010 (UTC)

mengenai judul, berdasarkan ini sepertinya bentuk distokia sudah cocok. Kalau mau dibuat artikel yang mencakup semuanya nantinya membingungkan pemilihan judul, distokia atau distosia. IMHO. Rheka (bicara) 11:04, 6 April 2010 (UTC)

Terima kasih atas masukannya. Untuk penggunaan istilah, dystocia (english) dalam bahasa Indonesia adalah distokia. Saya sengaja memberi judul "distokia pada sapi" karena distokia pada manusia (seperti yang ada di artikel versi english) berbeda penyebab dan penanganannya. Kebetulan saya kuliah di kedokteran hewan, sehingga saya bisa menjamin kebenaran isi tulisan yang saya buat ini. Untuk distokia pada manusia saya kurang paham. Mengenai sumber pustaka, nanti sakan saya tambahkan sunber2 lain termasuk dari website. Terima kasih. 31Dordia (bicara) 12:32, 8 April 2010 (UTC)

dystocia = distokia, distosia (ref: pusat bahasa.diknas.go.id, atau bisa juga di search di link ini) Rheka (bicara) 04:00, 10 April 2010 (UTC)

Terima kasih Rheka :-). Boleh tanya, bagaimana cara membuat pengalihan agar kalau ada yang search tentang "distosia" atau "distokia" di wiki maka akan dialihkan ke Distokia pada sapi?. Thank you 31Dordia (bicara) 15:27, 10 April 2010 (UTC)

Menurut saya artikel tentang dystocia pada sapi sah-sah saja, asalkan konteksnya ditulis dengan jelas. Bila di Wikipedia bahasa Inggris baru ada artikel tentang dystocia secara umum, mungkin karena memang belum ada yang menulis khusus dystocia pada sapi. Selain itu, memang sebaiknya isi artikelnya tidak seperti manual (memberikan instruksi dan saran), melainkan harus ensiklopedis (memberikan informasi atau fakta).
Sepertinya baik distosia maupun distokia digunakan dalam bahasa Indonesia, tetapi tampaknya distosia lebih banyak digunakan, berdasarkan pencarian istilah dengan Google untuk halaman berbahasa Indonesia (sekitar 1.060 halaman untuk distokia, 12.700 untuk distosia. Jadi menurut saya sebaiknya judul artikelnya menggunakan istilah distosia. sentausa (bicara) 17:40, 10 April 2010 (UTC)

Sebelumnya salam kenal semuanya.. :)

  • Mengenai judul, dystocia = distosia (biologi), distokia (peternakan) (ref:glosarium pusat bahasa diknas). Berdasarkan pencarian istilah di google, distokia lebih merujuk pada sapi, distosia pada manusia. IMHO.
  • Mengenai isi, memang sih kesannya seperti membaca textbook, hehehe. IMHO.
  • Mengenai pengalihan, bagaimana dan apa yang mau dialihkan kalau halaman tentang distosia (pada manusia) nya belum ada. Jadi ceritanya halaman ini mau dibuat distokia secara khusus pada sapi atau mau dibuat yang secara umum yang mencakup manusia juga? :) Rheka (bicara) 06:45, 11 April 2010 (UTC)

Nama, isi, dan saran pengalihan[sunting sumber]

Halo,

Pengamatan dari yang awam untuk hal ini:

  1. Isinya sudah bagus, saya mengerti apa yang dipaparkan dalam artikel, referensinya terlihat valid.
  2. Nama, berdasarkan penjelasan Rheka, namanya tampaknya sudah benar, tapi saya bukan ahli.
  3. Dordia yang menulis awal tampaknya memang berniat bahwa ini adalah khusus sapi, saya tidak melihat yang lain dibahas. Sehingga apabila mau merubah isi artikel, karena yang ini sudah baik, sebaiknya bukan yang ini yang dirubah namun membuat baru.~
  4. Dordia, kita tunggu apakah Kembang mau menghilangkan rambunya, untuk sementara kalau kamu pikir artikel ini cukup, silahkan lanjut ke yang lainnya. Saya harap pertanyaan kamu sudah terjawab. Serenity (bicara) 07:49, 11 April 2010 (UTC)

Terima kasih[sunting sumber]

Para senior, terima kasih jawaban dan masukannya. :-). 31Dordia (bicara) 10:18, 13 April 2010 (UTC)

Untuk judul, saya tetap memilih Distokia pada sapi, karena saya memang berniat tulis khusus ttg sapi. Untuk referensi nanti ditambahkan. trima kasih. 31Dordia (bicara) 07:34, 14 April 2010 (UTC)