Lompat ke isi

Kuil Sri Mahamariamman Kuala Lumpur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sri Mahamariamman Temple
bahasa Melayu: Kuil Sri Mahamariamman
Tamil: ஸ்ரீ மாரியம்மன் கோவில்
Gapura kuil
Agama
AfiliasiHindu
DewaMariamman
Lokasi
LokasiKuala Lumpur
Negara bagianWilayah federal
NegaraMalaysia
Kuil Sri Mahamariamman Kuala Lumpur di Malaysia
Kuil Sri Mahamariamman Kuala Lumpur
Location in Malaysia
Koordinat3°8′36″N 101°41′47″E / 3.14333°N 101.69639°E / 3.14333; 101.69639Koordinat: 3°8′36″N 101°41′47″E / 3.14333°N 101.69639°E / 3.14333; 101.69639
Arsitektur
TipeArsitektur Dravidia
Dibuat olehK. Thamboosamy Pillai
Rampung1873; 150 tahun lalu (1873)
Kuil Sri Mahamariamman Kuala Lumpur (tampak depan) sebelum renovasi pada tahun 2022

Kuil Sri Mahamariamman Kuala Lumpur dibangun pada tahun 1965. Kuil ini merupakan kuil Hindu yang tertua di Malaysia.[1] Didirikan pada tahun 1873, kuil ini terletak di pinggir Chinatown di Jalan Bandar (dulunya High Street)..[2] Kuil Sri Mahamariamman terutama didedikasikan untuk dewi Sri Mahamariamman, yang merupakan manifestasi dewi Parvati dalam mitologi Hindu.

Sejak pendiriannya, kuil ini menyediakan tempat ibadah yang penting bagi para pendatang India awal dan kini merupakan warisan budaya dan nasional yang penting.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kuil Sri Mahamariamman didirikan oleh K. Thamboosamy Pillai pada tahun 1873 dan pada awalnya digunakan sebagai kuil pribadi oleh keluarga Pillai. Pada akhir tahun 1920-an, keluarga ini membuka pintu kuil kepada masyarakat umum dan akhirnya menyerahkan pengelolaan kuil kepada dewan pengawas.

Ini adalah kuil Hindu tertua yang masih berfungsi di Malaysia. Kuil ini juga terkenal sebagai kuil terkaya di negara ini. Kuil ini awalnya terletak dekat dengan Stasiun kereta api Kuala Lumpur. Kuil ini dipindahkan ke lokasinya yang sekarang di sepanjang Jalan Tun H.S. Lee (bersebelahan dengan Jalan Petaling) pada tahun 1885.

Struktur atap awalnya dirobohkan pada tahun 1887 dan sebuah bangunan bata didirikan sebagai gantinya. Struktur itu dirobohkan untuk memberi jalan kepada bangunan kuil saat ini yang selesai dibangun pada tahun 1968. Pintu masuk yang mengesankan ke kuil, dikenal sebagai gopuram, diselesaikan pada tahun 1972. Kuil baru ini dikonsekrasi pada tahun 1973.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Arsitektur Kuil Sri Mahamariamman adalah contoh yang menakjubkan dari gaya Arsitektur Dravida India Selatan. Fitur utama kuil ini meliputi:

  • Gopuram (Gapura): Gopuram lima tingkat kuil ini adalah salah satu fitur yang paling menonjol. Berdiri setinggi 23 meter (75 kaki), gopuram ini dihiasi dengan ukiran yang rumit dan terperinci, menggambarkan berbagai dewa dan dewi dari mitologi Hindu.
  • Vimana (Menara Kuil): Menara utama di atas garbhagriha (ruang suci) juga dihiasi dengan patung dan ukiran yang indah.
  • Garbhagriha (Ruang Suci): Ruang suci utama di mana dewa utama, Sri Mahamariamman, ditempatkan. Ini adalah tempat yang paling suci dalam kuil.[3]
  • Mandabam (Balai Utama): Balai utama ini digunakan untuk berbagai upacara dan pertemuan. Balai ini dihiasi dengan tiang-tiang yang diukir dengan seni yang halus.
  • Patung dan Ukiran: Terdapat banyak patung dan ukiran dewa-dewi Hindu di seluruh kuil, yang menunjukkan keahlian arsitektur yang tinggi.
  • Hiasan Dinding dan Langit-langit: Dinding dan langit-langit kuil dihiasi dengan lukisan dan mural yang berwarna-warni, menggambarkan cerita-cerita epik dari teks-teks suci Hindu seperti Ramayana dan Mahabharata.[4]

Arsitektur Kuil Sri Mahamariamman bukan hanya merupakan lambang keindahan estetika tetapi juga menunjukkan kepentingan agama dan budaya dalam komunitas Hindu di Malaysia [5]

Festival[sunting | sunting sumber]

Thaipusam[sunting | sunting sumber]

Setiap kali perayaan Thaipusam diadakan setiap tahun, kuil ini akan dikunjungi banyak penganut Hindu. Tepat jam 12.30 malam, lebih dari 10,000 penganut agama Hindu akan berarak membawa "kavadi" dan periuk susu "pal koodam" serta memecahkan buah kelapa untuk membayar nazar dan menebus dosa. Patung Dewa Murugan dari Kuil Sri Maha Mariamman di Jalan Tun H.S. Lee ke Kuil Sri Subramaniyar Swami, Batu Caves juga diarak berjalan kaki ke Batu Caves pada jam 11 pagi pada hari Thaipusam. Thaipusam disambut pada bulan penuh Tamil yang dipanggil Thai (Januari-Februari).[6]

Navaratri[sunting | sunting sumber]

Navaratri adalah festival sepuluh hari yang dirayakan pada bulan September atau Oktober untuk menghormati berbagai aspek dewi Durga, yang juga dikenal sebagai Mariamman. Festival ini diakhiri dengan Dussehra, di mana patung Mariamman diarak dengan kereta perak mengelilingi kota, diiringi oleh ribuan penganut yang menari, menyanyi, dan bermain musik.

Perayaan Bulan Baru dan Bulan Purnama[sunting | sunting sumber]

Kuil ini juga mengadakan upacara semasa bulan baru dan bulan purnama, serta semasa gerhana matahari dan bulan, dan hari kelahiran dewa-dewi Hindu. Upacara-upacara ini menarik perhatian banyak penganut yang datang untuk bersembahyang dan mendapatkan berkat.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jabatan Warisan Negara (2013). Bangunan Warisan Malaysia. Jabatan Warisan Negara. hlm. 78. 
  2. ^ https://www.klia2.info/trips/malaysia/sri-mahamariamman-temple/
  3. ^ https://www.wonderfulmalaysia.com/attractions/sri-mahamariamman-temple-kuala-lumpur.htm
  4. ^ https://www.tripoto.com/kuala-lumpur/places-to-visit/sri-maha-mariamman-temple
  5. ^ https://www.malaysiaattractions.com/attractions/kl/sri_mahamariamman_temple.htm
  6. ^ Lebih 1.5 Juta Dijangka Banjiri Batu Caves Sempena ThaipusamBernama