Kadipaten Japan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kadipaten Japan[sunting | sunting sumber]

Kadipaten Japan[1] Adalah Pada awalnya Kadipaten dibawah pememerintahan Majapahit yang terletak di sebelah Timur Laut Kotaraja Majapahit yang pada pada awalnya terletak Di Desa Japan[2] Kecamatan Sooko Mojokerto[3] lalu bergeser Ke Kelurahan Penarip Kecamatan Kranggan dan Pada Akhirnya Berpindah Ke sebelah timur alun alun di kelurahan Kauman Kota Mojokerto yang menjadi Area Kantor Bupati Kabupaten Mojokerto. Kadipaten Japan Pernah dipimpin oleh Ratna Pambayun / Ratu Mas Maskumambang yang merupakan Putri Sulung dari Bhre Kerthabumi / Prabu Singha Negara Dyah Wijaya Kusuma (Brawijaya V). Nama Kadipaten Japan tercatat pada Catatan Negarakertagama pada Pupuh/Lembar Ke 17 baris Ke 10 dan tertulis pada babad sumenep[4].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chariris. "Sejarah di Balik Peralihan dari Kadipaten Japan ke Mojokerto - Radar Majapahit". Sejarah di Balik Peralihan dari Kadipaten Japan ke Mojokerto - Radar Majapahit. Diakses tanggal 2024-04-30. 
  2. ^ "Mojokerto Dulu Bernama Japan, Tempat yang Disinggahi Hayam Wuruk". SINDOnews Daerah. Diakses tanggal 2024-04-30. 
  3. ^ Amrulloh, Rizal. "Raden Tumenggung Tjondronegoro II, Sosok di Balik Peralihan dari Kadipaten Japan ke Mojokerto - Radar Mojokerto". Raden Tumenggung Tjondronegoro II, Sosok di Balik Peralihan dari Kadipaten Japan ke Mojokerto - Radar Mojokerto. Diakses tanggal 2024-04-30. 
  4. ^ "Cinta Berujung Petaka: Kisah Perang Sumenep-Japan, dan Raja yang Dikuburkan Tanpa Kepala". Diakses tanggal 2024-04-30.