Lompat ke isi

GoodDreamer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
GoodDreamer
URLgooddreamer.id
TipePlatform membaca dan menulis novel
BahasaBahasa Indonesia
PemilikPT Tujuh Berlian Mediatama
StatusAktif

GoodDreamer adalah sebuah platform online berbasis aplikasi seluler dan situs web yang memungkinkan penggunanya untuk membaca atau menulis novel berbagai genre[1].

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Didirikan oleh PT Tujuh Berlian Mediatama, di Indonesia pada bulan November tahun 2022[2]. Alamat kantor GoodDreamer berada di Jl. Pantai Indah Kapuk ST. Boulevard Gold Coast Office Tower Liberty unit 17J RT. 006 RW. 002 Kamal Muara, Penjaringan, Indonesia.

Para penggunanya dapat mengakses novel digital secara gratis maupun berbayar[3]. Situs web GoodDreamer dapat diakses melalui perangkat dan peramban apa saja, sedangkan aplikasinya sendiri tersedia untuk diunduh melalui sistem operasi iOS dan Android. Memungkinkan untuk diakses secara offline kapan pun dan di mana pun. Karya tulis yang ada di GoodDreamer hanya tersedia dalam bahasa Indonesia dan penulis-penulis yang novelnya ditayangkan di GoodDreamer merupakan penulis asli Indonesia[4][5].

Jenis Karya dan Genre[sunting | sunting sumber]

Jenis karya: novel[6][7]

Genre: romansa, fantasi, misteri, sains fiksi, horor, thriller, action, teen fiction, comedy, religi, drama, adventure, family

Fitur dan Layanan[sunting | sunting sumber]

  • Sampul buku yang bisa diunduh untuk dijadikan wallpaper.
  • Sinopsis yang memberikan gambaran umum mengenai isi novel.
  • Video preview novel yang memberikan gambaran visual tentang isi novel.
  • Koin yang menjadi mata uang virtual untuk pembelian novel.
  • Ads koin berupa koin yang dipakai untuk melewati iklan.
  • Hadiah yang terbagi menjadi hadiah harian dan hadiah lainnya berupa koin dan ads koin.
  • Customer service via WhatsApp yang bisa dihubungi kapan saja.
  • Fitur ulasan sebagai media pembaca memberikan review dan rating pada novel yang dibaca.
  • Fitur Koleksi berisi unduhan, novel yang sudah dibaca, novel yang dibeli, novel yang difavoritkan, serta komentar.
  • Laman Penulis Terpopuler berisi nama penulis, jumlah pembaca yang memfavoritkan novelnya serta jumlah pembaca novelnya.
  • Fitur pencarian memungkinkan pengguna mencari novel yang terkait dengan topik tertentu.
  • Tonton iklan merupakan fitur agar pengguna dapat membaca salah satu bab novel secara gratis[8].

Penyensoran dan Pembatasan Konten[sunting | sunting sumber]

GoodDreamer menerapkan pembatasan dan penyensoran konten pada tahap seleksi sehingga dapat menjamin setiap novel yang sudah dipublikasikan bebas dari plagiat, konflik SARA, dan aman untuk pengguna berusia 13 sampai 17 tahun[9].

GoodDreamer menentang keras segala bentuk plagiarisme yang dilakukan baik itu dari sisi penulis maupun dari platform lain, yang dengan sengaja dan tanpa izin tertulis dari pihak terkait, menyebarluaskan konten-konten yang dimiliki oleh GoodDreamer.

Proses Seleksi Naskah[sunting | sunting sumber]

Selain dengan melakukan penyensoran, pembatasan konten, dan pengecekan orisinalitas tulisan, pihak GoodDreamer juga menilai kualitas novel dari segi alur, penggambaran karakter, gaya penulisan, pesan moral, serta detail-detail lainnya.

Untuk saat ini GoodDreamer hanya membuka penerimaan naskah di waktu tertentu (tidak setiap saat penulis bisa mengajukan karyanya). Namun, ke depannya GoodDreamer akan membuat proses pengajuan naskah dan proses kerja sama dengan para penulis menjadi lebih fleksibel.

Basis Pengguna[sunting | sunting sumber]

Sambutan para pencinta novel Indonesia cukup baik. Selama tahun 2023, jumlah pembaca di GoodDreamer telah mencapai lebih dari 50.000 dan terus mengalami peningkatan hingga lebih dari 80.000 pembaca sampai saat ini. Tercatat sudah ada lebih dari 300 judul novel yang ditayangkan di GoodDreamer.

Pembaca terbanyak GoodDreamer berasal dari kota-kota seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Makassar, dan Semarang dengan gender wanita dan usia rata-rata berkisar di antara 20 sampai 29 tahun. Kategori novel yang paling banyak diminati adalah romansa, lalu disusul oleh drama, fantasi, action, dan yang lainnya[10].

Pengembangan Teknologi[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 17 Maret tahun 2023 GoodDreamer mengubah skema monetisasi dari yang awalnya sistem berbasis sewa menjadi sistem beli putus. Perubahan ini membawa dampak yang positif bagi pembaca novel digital[11].

Di tanggal 1 Juni 2023, GoodDreamer meluncurkan aplikasinya di sistem operasi iOS setelah sebelumnya hanya tersedia pada sistem operasi Android.

Kemudian, pada September 2023, GoodDreamer meluncurkan fitur baru yakni pilihan baca gratis dengan menonton iklan. Pembaruan fitur ini juga memberikan banyak keuntungan bagi pengguna aplikasi maupun situs web GoodDreamer.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wibowo, Anshar Dwi (21 Februari 2024). "GoodDreamer beri kemudahan akses baca untuk pecinta novel Indonesia". 
  2. ^ Firmansyah, Iman (21 Februari 2024). "Platform baca novel online ini semakin tunjukkan eksistensi di bidang literasi". suara.com. 
  3. ^ "Kehadiran gooddreamer tingkatkan minat baca di era digital". kompasiana.com. 15 April 2024. 
  4. ^ Hutauruk, Mirayanti (22 Februari 2024). "Fasilitasi penulis lokal gooddreamer publikasikan 300 judul novel online tahun 2023". lifestyle.kontan.co.id. 
  5. ^ Atik Fajardin, Mohammad (16 April 2024). "Cara ini dinilai berikan banyak pilihan literasi masyarakat". nasional.sindonews.com. 
  6. ^ "Platform online ini cocok buat kamu yang hobi baca novel". kumparan.com. 17 April 2024. 
  7. ^ Lahitani, Sulung (17 April 2024). "Kehadiran gooddreamer harapan agar masyarakat normalisasi membaca di mana saja". liputan6.com. 
  8. ^ -, Liston (19 Januari 2024). "Baca novel online berbagai genre hanya di gooddreamer". pikiran-rakyat.com. 
  9. ^ Nur Fitriana, Sukma (18 April 2024). "Gooddreamer jadi platform web novel yang dukung literasi gen Z". hot.detik.com. 
  10. ^ "5 Rekomendasi novel terbaik dari gooddreamer bisa dibaca secara gratis". jabar.tribunnews.com. 18 Januari 2024. 
  11. ^ Naufal, Ibnu (25 Januari 2024). "Ini platform baca novel online gratis tanpa batasan akses". inilah.com.