Pembunuhan ganda dan bunuh diri Chris Benoit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chris Benoit
LokasiFayetteville, Georgia, Amerika Serikat
Tanggal22–25 Juni 2007 (Zona Waktu Timur)
Jenis serangan
Pembunuhan-bunuh diri
Korban tewas
3 (termasuk pelaku)
PelakuChris Benoit

Pembunuhan ganda dan bunuh diri Chris Benoit merupakan sebuah peristiwa tragis yang terjadi selama tiga hari berakhir pada tanggal 24 Juni 2007. Seorang pegulat profesional World Wrestling Entertainment (WWE) bernama Chris Benoit membunuh istrinya, Nancy Benoit serta mencekik anaknya yang berusia tujuh tahun, Daniel. Setelah itu, ia kemudian gantung diri. Hasil otopsi menunjukkan bahwa Benoit pertama-tama membunuh istrinya dengan kaki dan pergelangan tangan terikat serta meninggal karena sesak napas pada hari Jumat. Fayette County Jaksa Scott Ballard mengatakan pada konferensi pers bahwa ia dibungkus dengan handuk dan darah ditemukan di bawah kepala namun tidak ada tanda-tanda perlawanan lain. Anak dari pasangan itu yang juga meninggal karena kekerasan fisik yang rupanya tewas saat ia berbaring di tempat tidur pada hari Sabtu pagi beberapa jam sebelum Benoit menggantungkan diri di kamar berat badannya. Benoit menempatkan salinan Alkitab di samping tubuh istri dan anaknya serta di mesin berat badannya. Sejak saat itu, banyak dugaan atas penyebab perbuatannya yang diantaranya adalah gegar otak, penyalahgunaan steroid, dan perkawinan gagal dengan istrinya. Pembunuhan tersebut menjadikan catatan di berbagai media serta penyelidikan federal ke penyalahgunaan steroid pada gulat profesional.

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Nancy Benoit[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 22 Juni 2007, Benoit membunuh istrinya Nancy di kamar cadangan di kediaman mereka di Fayetteville, Georgia. Pada saat Nancy meninggal, lengannya diikat dengan kabel koaksial, dan kakinya dibalut lakban. Kombinasi kaus kaki dan selotip yang melingkar juga ditemukan di sampah dapur dan tampaknya direndam dalam darah kering, yang membuat polisi percaya bahwa itu digunakan sebagai lelucon darurat sebelum kematian Nancy. Mayatnya ditemukan terbungkus selimut di samping Alkitab. Cedera menunjukkan bahwa suaminya menekan punggungnya dengan lutut sambil menarik tali di lehernya, menyebabkan pencekikan. Para pejabat mengatakan tidak ada tanda-tanda perlawanan dalam waktu dekat.

Daniel Benoit[sunting | sunting sumber]

Lahir pada tanggal 25 Februari 2000, Daniel adalah anak ketiga dari Chris dan Nancy. Saudara tirinya yang lain, David dan Megan tinggal di Kanada pada saat bencana ini terjadi.

Daniel mati lemas di kamar tidurnya, dan sebuah Alkitab ditinggalkan di sisinya. Dia mengalami luka dalam di daerah tenggorokan, tidak menunjukkan adanya memar. Laporan tersebut menentukan bahwa Daniel dibius dengan Xanax dan kemungkinan besar tidak sadarkan diri pada saat kematiannya. Jenazahnya juga baru mulai menunjukkan tanda-tanda pembusukan, namun tidak sejauh jenazah ibunya.

Pada saat kelahirannya, Daniel memiliki kecacatan langka yang dikenal sebagai sindrom X rapuh, yang disebabkan oleh masalah rumah tangga di keluarga Benoit. Terungkap juga bahwa bekas luka di lengan Daniel merupakan hasil suntikan hormon pertumbuhan manusia karena Benoit dan keluarganya menganggapnya terlalu kecil karena kondisi tersebut. Chris Jericho, pegulat profesional lainnya dan teman setia Benoit, berkomentar tentang kondisi Daniel, namun Benoit tidak terpengaruh.

Setelah pembunuhan[sunting | sunting sumber]

Pada pukul 15.30 di zona waktu timur, pada tanggal 23 Juni 2007, pegulat profesional lainnya bernama Chavo Guerrero, yang juga merupakan teman setia Benoit, menerima pesan suara dari telepon Benoit, berbohong bahwa Nancy dan Daniel menderita keracunan makanan, dan dia akan menjadi terlambat untuk pertunjukan rumah malam itu di Beaumont, Texas. Guerrero menelepon Benoit kembali dan mendapati bahwa Benoit terdengar lemah dan gelisah saat dia mengkonfirmasi semua yang dia katakan dalam pesan suaranya. Guerrero mengkhawatirkan kesejahteraan Benoit dan meneleponnya kembali dua belas menit kemudian. Benoit tidak menjawab, dan Guererro meninggalkan pesan suara yang meminta Benoit meneleponnya kembali.

Sekitar pukul 15.44 zona waktu timur, Benoit menelepon kembali Guerrero, menyatakan bahwa dia tidak menjawab panggilan tersebut karena dia sedang menelepon agen penerbangan, menyesuaikan rencana perjalanannya. Benoit mengaku mengalami hari yang menegangkan setelah kematian istri dan putranya.

Pada tanggal 24 Juni 2007, lima pesan teks dikirim ke pegulat lain dari ponsel Benoit. Empat di antaranya pesan langsung dari kediaman Benoit. Pesan kelima menyatakan bahwa anjing Benoit berada di area kolam tertutup dan pintu samping garasi dibiarkan terbuka. Seorang wasit gulat bernama Scott Armstrong termasuk orang pertama yang menanggapi pesan tersebut. Guerrero, yang juga membalas pesan tersebut, menyatakan bahwa dia terbangun oleh pesan tersebut, dan kembali tidur, dengan alasan bahwa dia akan bertanya kepada Benoit tentang pesan tersebut ketika dia menjemputnya di bandara Houston dalam beberapa jam. Akhirnya, Benoit tidak naik pesawat ke Houston. Benoit menelepon kantor hubungan bakat hiburan gulat dunia untuk menjelaskan situasinya dan bahwa dia akan menaiki penerbangan berikutnya ke Houston, sehingga dia bisa tiba tepat waktu untuk bertanding dengan CM Punk dalam acara eksklusif bayar-per-tayang, tapi sayangnya, dia gagal melakukannya.

Bunuh diri Chris Benoit[sunting | sunting sumber]

Tak lama setelah gagal melakukan penerbangan ke Houston, Benoit melepaskan sebatang palang dari mesin lat pulldown di ruang latihannya dan mengubah ujung kabel dari mesin tersebut menjadi tali. Benoit mengekspos area lehernya ke jerat sebelum menjatuhkan beban, menyebabkan dia dicekik sampai mati. Benoit berusia 40 tahun, dan kematiannya dinyatakan sebagai bunuh diri.

Penemuan keluarga almarhum[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 25 Juni 2007, pejabat hiburan gulat dunia tiba di Corpus Christi, Texas untuk menjadi tuan rumah acara berikutnya. Pegulat dan eksekutif semakin khawatir atas kesejahteraan Benoit, karena tidak mendengar kabar darinya dalam waktu 24 jam. Guerrero menunjukkan kepada John Laurinaitis, wakil presiden eksekutif hubungan bakat hiburan gulat dunia, teks yang dia terima dari ponsel Benoit pada dini hari di hari sebelumnya. Hiburan gulat dunia memanggil polisi di Fayetteville, Georgia untuk melakukan pemeriksaan kesejahteraan, dan mereka menemukan mayat Benoit, istrinya, dan putranya. Polisi mengirimkan kabar tersebut kembali ke dunia hiburan gulat, dan penghormatan segera mulai diumumkan terkait meninggalnya Benoit. Penyelidikan awal mengungkapkan bahwa tidak ada catatan bunuh diri, namun kemudian terungkap bahwa itu kemudian ditemukan dalam sebuah Alkitab yang ada di antara barang-barang Benoit yang dikirimkan kepada istri pertamanya Martina dan kedua anak mereka di Kanada.

Investigasi akhir[sunting | sunting sumber]

Christopher Nowinski, seorang ahli saraf dan mantan pegulat, menduga bahwa Benoit mungkin menderita suatu kondisi yang disebut ensefalopati traumatis kronis, suatu kondisi otak tidak stabil yang disebabkan oleh pukulan berulang-ulang di kepala dalam olahraga kontak, termasuk gulat dan sepak bola. Setelah kematian Benoit, otaknya dikeluarkan dari tubuhnya dan disumbangkan ke Universitas West Virginia, tempat Julian Bailes melakukan beberapa pengujian. Dinyatakan dengan jelas bahwa Benoit memang dinyatakan positif mengidap ensefalopati traumatis kronis. Selama pengujian, terungkap bahwa semua lobus di dalam otak Benoit rusak, batang otak mengalami kerusakan saraf yang signifikan, dan jaringan mengumpulkan sejumlah besar simpanan protein tau.

Sejak tahun 2003, Nancy berusaha mengajukan gugatan cerai, terutama karena riwayat perselisihan rumah tangga yang melibatkan suaminya, namun perceraian tersebut dibatalkan tiga bulan kemudian.

Upeti[sunting | sunting sumber]

Vince McMahon, promotor, ketua, dan CEO hiburan gulat dunia, mengumpulkan pegulat dari seluruh liga untuk mengumumkan kematian Benoit. Liga mengajukan petisi untuk membatalkan acara tiga jam itu dan menggantinya dengan nyawa dan karier Benoit.

Kontroversi Wikipedia[sunting | sunting sumber]

Pernyataan seputar kematian Nancy Benoit ditambahkan ke artikel Chris Benoit di Wikipedia bahasa Inggris 14 jam sebelum polisi menemukan jasad Benoit dan keluarganya. Penambahan fakta yang mirip ramalan ini awalnya dilaporkan di Wikinews, kemudian di Fox News Channel. Artikel tersebut awalnya mencantumkan kalimat "Chris Benoit was replaced by Johnny Nitro for the ECW World Championship match at Vengeance, as Benoit was not there due to personal issues, stemming from the death of his wife Nancy." Frasa "stemming from the death of his wife Nancy" ditambahkan pada pukul 12:01 EDT tanggal 25 Juni,[1] sementara kepolisian Fayette County menemukan jenazah keluarga Benoit padap pukul 14:30 EDT (14 jam, 29 menit kemudian). Alamat IP editornya berada di Stamford, Connecticut, yang juga merupakan lokasi kantor pusat WWE.[2] Setelah berita pemberitahuan awal ini masuk media massa, sang editor anonim tersebut menulis di Wikinews bahwa suntingannya adalah "kebetulan luar biasa dan tidak lebih."[3][4]

Penyidik "menyita perangkat komputer dari [orang] yang bertanggung jawab atas suntingan tersebut" dan menyebut suntingan ini "hambatan" terhadap investigasi mereka, tetapi mereka percaya ia tidak terlibat dan tidak memberikan tuduhan apapun.[5][6] Orang tersebut rupanya menemukan sejumlah rumor di Internet[7] yang mendukung teorinya tentang "keadaan darurat keluarga" Benoit sebagaimana yang diberitakan. IP yang dipakai untuk menyunting Wikipedia pernah terlibat dalam vandalisme artikel Ron Artest, Stacy Keibler, dan Naugatuck, Connecticut.[8]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Edit to Chris Benoit Wikipedia entry on June 25, 2007, 04:01 UTC
  2. ^ Bachelor, Blane (2007-06-28). "Web Time Stamps Indicate Benoit Death Reported About 14 Hours Before Police Found Bodies". Fox News Channel. Diakses tanggal 2008-05-21. 
  3. ^ "Anonymous poster comments on Wikinews". 
  4. ^ "User admits 'death' editing on Wikipedia 14 hours before bodies found". The Atlanta Journal-Constitution. 2007-06-28. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-07-01. Diakses tanggal 2008-05-21. 
  5. ^ Schoetz, David (2007-06-29). "Police: Wiki Confession an 'Unbelievable Hindrance'". ABC News. Diakses tanggal 2008-05-21. 
  6. ^ Lowe, Zach (2007-07-03). "Stamford teen posted entry on death of wrestler's wife" (PDF). The Advocate. Hearst Corporation. Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 2008-10-30. Diakses tanggal 2008-08-21. 
  7. ^ Gibson, Jano (2008-06-29). "Benoit mystery's Wiki twist: I did it". The Sydney Morning Herald. Fairfax Media. Diakses tanggal 2008-08-21. 
  8. ^ Corey Spring (2007-06-29). "The College Student Who 'Knew' About the Benoit Murder-Suicide Before Police". Newsvine. Diakses tanggal 2008-05-21. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]