Pamela Fryman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pamela Fryman
San Diego ComiCon 2013,
PekerjaanSutradara dan produser televisi
Tahun aktif1988–sekarang

Pamela Fryman adalah sutradara dan produser sitkom Amerika Serikat. Ia dikenal sebagai sutradara seri kenamaan How I Met Your Mother.

Karier[sunting | sunting sumber]

Fryman dibesarkan di Philadelphia.[1] Fryman mendapatkan pekerjaan pertamanya di The John Davidson Show sebagai asisten koordinator bakat, kemudian asisten produksi dan sekretaris di Santa Barbara, lalu diangkat menjadi asisten sutradara dan terakhir sutradara.[1] Pada tahun 1993, produser Peter Noah yang pernah bekerja bersama Fryman di acara permainan Dream House memberi Fryman kesempatan menyutradarai salah satu episode sitkom pendek Café Americain. Ini adalah awal dari karier panjang dan sukses Fryman sebagai sutradara.[1]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Sutradara[sunting | sunting sumber]

Sebelum karier sutradaranya melesat, Fryman menjadi sutradara panggung. Di panggung Frasier, latihannya disusun seperti pementasan lakon dan pencipta sekaligus produser eksekutif David Lee menyerahkan tugas ini kepada Fryman.[2] Fryman menyutradarai 34 episode acara tersebut dari musim 4 sampai 8.

Fryman menyutradarai sebagian besar episode How I Met Your Mother.[3] Pencipta acara Craig Thomas memuji kemampuan komunikasinya, "Ia membuat setiap orang merasa didengar dan dihormati dan ia bisa memahami semua orang."[4] Walaupun rencana karier pertama Fryman tidak mencakup sutradara,[1] saat dewasa ia sadar bahwa penyutradaraan adalah kemampuan dan keinginannya. Di majalah Variety, Fryman mengaku bahwa "terus menyutradarai How I Met Your Mother adalah impiannya yang terwujud."[5]

Produser[sunting | sunting sumber]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Fryman bersama suaminya dikaruniai putri kembar.[4]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Fryman memenangkan dua Daytime Emmy atas karyanya di Santa Barbara tahun 1990 dan 1991. Ia juga masuk nominasi DGA sebanyak empat kali, tiga untuk karyanya di Frasier dan satu untuk Just Shoot Me.[1] Pada tahun 2011, Fryman mendapatkan Dorothy Arzner Award yang bertujuan mengakui peran penting sutradara wanita di industri perfilman dan televisi.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e "DGA Quarterly Spring 2010 - Director Profile: Pamela Fryman". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-02-28. Diakses tanggal 2014-01-03. 
  2. ^ "DGA Magazine January 1999 - Fraiser". [pranala nonaktif permanen]
  3. ^ "Neil Patrick Harris Directs Episode of 'How I Met Your Mother' Airing 1/18". BroadwayWorld.com. Diakses tanggal 2010-01-30. Though a series regular, this will mark Harris's directing debut, and a rarity for the show as Pamela Fryman has directed 92 of 'How I Met Your Mother's' 97 episodes. 
  4. ^ a b Maria Elena Fernandez (October 19, 2008). "The set mom on 'How I Met Your Mother'". Los Angeles Times. hlm. 3. 
  5. ^ "Dreams from the top". variety.com. Diakses tanggal 2012-05-06. continuing to direct "How I Met Your Mother" is her fantasy realized." 
  6. ^ "Pamela Fryman Photo's". Zimbio.com. Diakses tanggal 2012-05-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]