Wikipedia:Indigo/Artikel/Britania Raya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
  1. Britania Raya (atau biasa disebut Inggris) adalah adalah sebuah negara berdaulat yang terletak di lepas pantai barat laut benua Eropa. Britania Raya terdiri dari tiga negara, yaitu Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Irlandia Utara adalah satu-satunya bagian dari Britania Raya yang berbagi perbatasan darat dengan negara berdaulat lain, yaitu Republik Irlandia.
  2. Ibu kota negara ini adalah London. Mayoritas bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris. Akan tetapi ada juga beberapa bahasa lainnya yang diakui seperti Gaelik Skotlandia, Skots, Skots Ultser, Wales, dan Kernowek. Britania Raya merupakan negara kerajaan atau monarki. Kepala negaranya pada saat ini adalah Ratu Elizabeth II yang telah memerintah lebih dari 60 tahun.
  3. Kota-kota besar yang ada di negara ini selain London adalah Edinburgh, Belfast, Birmingham, Manchester, dan Liverpool. Mata uang yang digunakan di negara ini adalah Poundsterling.
  4. Britania Raya memiliki perusahaan media yang terkenal di dunia, yaitu BBC (British Broadcasting Corporation). Perusahaan ini merupakan perusahaan penyiaran berita terbesar di dunia.
  5. Britania Raya adalah negara kuat. Negara ini pernah menjajah lebih dari seperempat Bumi, mulai dari Asia, Afrika, hingga Amerika Utara. Negara-negara yang dulunya pernah dijajah oleh Britania Raya antara lain: Amerika Serikat, Australia, Kanada, India, Mesir, Malaysia, dan sebagainya.
  6. Akibat luasnya jajahan Britania Raya, pengaruh negara ini tetap melekat kuat hingga saat ini, antara lain ditunjukkan dengan persebaran bahasa Inggris, sistem pemerintahan parlementer, olahraga, seperti sepak bola dan rugbi.
  7. Britania Raya juga memiliki banyak tokoh-tokoh yang berpengaruh di dunia, antara lain: Isaac Newton, Charles Darwin, Charlie Chaplin, John Lennon, J.K. Rowling, David Beckham, dan sebagainya.