Wikipedia:Jelaskan jargon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kata atau istilah yang merupakan jargon dari bidang, profesi, atau kelompok tertentu umumnya perlu dihindari penggunaannya atau dijelaskan artinya.

Istilah spesifik bidang tertentu[sunting | sunting sumber]

Jargon umumnya berkembang di dalam suatu bidang atau kelompok tertentu. Ingatlah mungkin orang yang membaca artikel Anda bukanlah orang yang perpengalaman dalam bidang tersebut sehingga mungkin tidak terlalu memahami terminologi spesifik dari suatu bidang. Walaupun sejumlah artikel mungkin memang tidak akan dibaca oleh khalayak luas, sebaiknya artikel yang menggunakan istilah akademik atau dari profesi tertentu memuat penjelasan dasar yang lebih banyak daripada artikel atau buku akademik pada umumnya. Namun demikian, artikel yang memberikan definisi untuk setiap istilah atau setiap simbol akan terlalu berantakan sehingga tidak ada yang mampu membacanya.

Bentuk Wiki sebenarnya memudahkan untuk melakukan hal ini. Anda tinggal membuat pranala untuk jargon yang Anda gunakan ke artikel lain yang menjelaskannya. Cara lain yang dapat dilakukan adalah menjelaskan istilah tersebut sewaktu pertama kali menggunakannya. Perhatikanlah istilah-istilah yang arti teknisnya tidak sama dengan arti yang umum diketahui orang.

Daftar istilah[sunting | sunting sumber]

Jika Anda memilih untuk menjelaskan semua terminologi dalam suatu daftar, gunakan markah daftar definisi. Gunakanlah

; istilah: definisi

Dan jangan

* istilah: definisi

atau

# istilah : definisi

Upayakanlah untuk memberikan pranala untuk semua jargon untuk menjelaskannya, lalu jabarkan lagi jargon yang Anda gunakan tersebut. Ulangi penjabaran ini hingga sampai pada suatu istilah yang dapat dimengerti oleh orang kebanyakan.