Võ Nguyên Giáp

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Vo Nguyen Giap)
Võ Nguyên Giáp
Võ Nguyên Giáp pada 1957
JulukanAnh Văn (Saudara Van)
Lahir(1911-08-25)25 Agustus 1911
Provinsi Quang Binh, Indochina Prancis
Meninggal4 Oktober 2013(2013-10-04) (umur 102)
Hanoi, Vietnam
Pengabdian Vietnam
Dinas/cabang Tentara Rakyat Vietnam
Lama dinas1945–1991
PangkatJenderal
Komandan
Perang/pertempuranPerang Dunia II
Perang Indochina Pertama
Perang Vietnam
Perang Tiongkok-Vietnam
Võ Nguyên Giáp (kiri) dan Phạm Văn Đồng di Hà Nội, 1954

Vo Nguyen Giap (25 Agustus 1911 – 4 Oktober 2013) adalah Jenderal dan wakil perdana menteri Vietnam. Ia lahir di provinsi Quang Binh, Vietnam. Dia lulus dari universitas hukum di Hanoi. Dia berhasil dalam pertempuran terkemuka di Dien Bien Phu dan perang Vietnam.

Pertempuran Dien Bien Phu (Chiến dịch Điện Biên Phủ) adalah yang terakhir dalam Perang Indochina Pertama antara Prancis dan Viet Minh. Pertempuran ini terjadi antara Maret dan Mei 1954, dan berakhir dengan kekalahan Prancis secara besar-besaran yang akhirnya menyudahi peperangan itu.

Hasil dari serangkaian kekeliruan dalam proses pengambilan keputusan Prancis ialah bahwa Prancis berusaha menciptakan sebuah basis pemasokan lewat udara di Dien Bien Phu, jauh di daerah perbukitan Vietnam. Tujuannya adalah untuk memotong jalur pasokan Viet Minh ke Laos. Sebaliknya, Viet Minh di bawah Jenderal Vo Nguyen Giap, sanggup mengitari dan mengepung Prancis. Pecahlah pertarungan sengit di darat. Viet Minh menduduki daerah perbukitan di sekitar Dien Bien Phu, dan mampu menembak ke bawah secara akurat ke posisi-posisi Prancis. Pasukan Prancis berulang-ulang membalas serangan-serangan Viet Min di posisi-posisi mereka, dengan sesekali menerjunkan pasukan-pasukan tambahan. Namun pada akhirnya Viet Minh berhasil merebut basis pertahanan Prancis dan memaksa Prancis menyerah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]