Uncle Ben's

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Uncle Ben's adalah merek beras instan dan berbagai produk terkait asal Houston, Texas, Amerika Serikat. Sebelum digiling, gabah diproses dengan uap atau air panas dan dikeringkan. Beras dijual dalam keadaan setengah matang, dan dimasak menjadi nasi di dalam oven microwave atau panci berisi air.

Merek ini dimiliki anak perusahaan Mars, Inc. yang bernama Masterfoods. Merek ini awalnya dipakai perusahaan bernama Converted Rice Inc. yang telah dibeli oleh Mars.

Pertama kali dipasarkan tahun 1942, beras Uncle Ben merupakan beras paling laku di Amerika Serikat dari tahun 1950-an hingga 1990-an.[1]

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Ketika petani kulit putih di South Carolina tidak berhasil membuat tanaman padi mereka tumbuh subur, mereka berguru kepada budak asal Afrika Barat yang dulunya tinggal di kawasan yang biasa menanam padi.[2] Di Amerika Serikat bagian selatan, orang kulit hitam yang sudah berumur dulunya lazim menyebut laki-laki kulit putih sebagai "uncle" (paman) walaupun tidak ada hubungan kekeluargaan. Memasuki abad ke-20, tradisi ini perlahan-lahan ditinggalkan karena dianggap merendahkan orang berkulit hitam. Walaupun demikian sepanjang tahun 1940-an, citra orang Afrika Amerika sering dikaitkan dengan beras. Di Amerika Serikat sejak tahun 1800-an, orang Afrika Amerika memang sering dipakai sebagai maskot perusahaan di bidang pertanian.

Maskot produk-produk Uncle Ben adalah pria Afrika Amerika berpakaian lengkap berikut dasi kupu-kupu. Maksudnya mungkin untuk menggambarkan pembantu rumah tangga ala Aunt Jemima, atau maître d'hôtel bernama Frank Brown.[3][4] Menurut Mars Incorporated, Uncle Ben adalah petani beras Afrika Amerika asal Texas yang terkenal dengan kualitas berasnya. Pengusaha Gordon L. Harwell yang menjadi pemasok beras bagi militer selama Perang Dunia II memilih nama "Uncle Ben's" supaya produknya bisa diterima masyarakat luas.[5] Walaupun demikian, Mars belum pernah memberikan profil Uncle Ben yang lebih terinci.

Setelah selama 61 tahun maskot Uncle Ben identik dengan pelayan, maître d'hôtel, atau petani, Uncle Ben sejak bulan Maret 2007 "diangkat" sebagai "ketua dewan direktur" dalam iklan baru yang berusaha menjauhkan Uncle Ben dari stereotipe pembantu rumah tangga.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Palmeri, Christopher. “Wake Up, Mars!” Forbes. (13 Desember 1999)
  2. ^ Carney, Judith A. (2002). Black Rice: The African Origins of Rice Cultivation in the Americas. Harvard University Press. ISBN 0-674-00834-0. 
  3. ^ Pilgrim, David. “The Uncle Tom CaricatureJim Crow Museum of Racist Memorabilia. Ferris State University. (Desember 2000)
  4. ^ Kendrix, Moss H. “The Advertiser’s Holy Trinity: Aunt Jemima, Rastus, and Uncle Ben” Moss H. Kendrix, A Retrospective. The Museum of Public Relations. (2006)
  5. ^ Mars, Incorporated. "About Uncle Ben's" (2005, arsip di Internet Archive, 27 April 2006)
  6. ^ Elliott, Stuart. “Uncle Ben, Board Chairman” New York Times. (30 Maret 2007, URL diakses 16 April 2007)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]