Uda Uni Sumbar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Acara Uda Uni Sumbar 2006

Uda dan Uni adalah kata sapaan hormat atau sopan untuk kakak lelaki dan kakak perempuan baik yang belum maupun sudah menikah dalam keluarga di Minangkabau, Sumatera Barat. Sedangkan untuk menyebut remaja lelaki dan perempuan yang belum menikah di Minangkabau digunakan kata "Bujang" untuk lelaki dan "Gadih" untuk perempuan.

Definisi[sunting | sunting sumber]

Panggilan "Uda" atau "Uni" bersifat lebih universal di Sumatera Barat karena juga biasa diucapkan kepada orang yang lebih tua baik di kenal maupun tidak dikenal ataupun hanya sebagai bentuk penghormatan oleh sang penyapa.

Selain panggilan Uda dan Uni yang berlaku luas, di Sumatera Barat juga terdapat beberapa kata sapaan hormat atau sopan yang bersifat lebih lokal kepada kakak lelaki atau perempuan, misalnya panggilan "Uwan" untuk lelaki dan "Akak" untuk perempuan banyak digunakan di kota Padang Panjang dan sekitarnya. Sedangkan didaerah Pariaman dan sekitarnya digunakan panggilan "Cik Ajo" untuk lelaki dan "Cik Uniang" untuk perempuan.

Dalam percakapan sehari-hari bahasa Minang, Uda sering disingkat menjadi "Da" dan Uni menjadi "Ni".

"Uda Uni Sumbar" atau "Uda Uni Duta Wisata Sumbar" juga digunakan untuk menyebut remaja pria dan wanita yang menjadi pemenang pemilihan Remaja Duta Wisata Indonesia yang diadakan oleh Dinas Pariwisata provinsi Sumatera Barat setiap tahun nya.

Pemilihan Uda Uni Sumbar[sunting | sunting sumber]

Acara Pemilihan Uda-Uni Sumbar,bertujuan mencari talenta muda generasi sumbar yang memiliki karekteristik, kepribadaian yang bagus serta pengetahuan yang luas, kedepan nya para talenta yang terpilih sebagai uda- uni sumbar ini pada periode nya, akan memiliki suatu tanggung jawab untuk mngenalkan sumatera barat ke dunia luar, dari segi konteks budaya,kesenian dan lain-lain.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]