Thibaut V, Pangeran Blois

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Thibaut V dari Blois (wafat 20 Januari 1191), juga dikenal sebagai Theobald yang Baik (Perancis: Thibaut le Bon), merupakan seorang Pangeran Blois dari tahun 1151 sampai 1191. Ia adalah putra Thibaut II, Pangeran Champagne dan Mathilde dari Kärnten. Meskipun ia hanya putra kedua, Thibaut mewarisi Blois (termasuk Chartres), ketika kakandanya, Henri mendapatkan Provinsi Champagne yang lebih penting.

Ia pertama-tama menikahi Sybille dari Chateaurenault, yang membuatnya menjadi Maharaja Chateaurenault. Kemudian ia menikahi Alix dari Perancis, putri Louis VII dari Perancis dan istri pertamanya Aliénor dari Aquitania.

Menurut berbagai sumber Yahudi pada abad pertengahan, pada tahun 1171 Thibaut bertanggung jawab untuk merancang fitnah berdarah pertama di kontinental Eropa. Sebagai hasil dari sidang yang disponsori gereja, 30 atau 31 orang anggota komunitas Yahudi dibakar hidup-hidup di atas tiang [1].

Thibaut tinggal di Chartres dan merenovasi dinding kota tersebut. Setelah bergabung dengan saudaranya Henri dan sejumlah bangsawan lain menentang raja muda Philippe II, ia berdamai dengan raja dan mendukungnya di Perang Salib Ketiga. Ia tiba pada musim panas tahun 1190 di Tanah Suci dan wafat pada tanggal 20 Januari 1191, di dalam Pengepungan Acre.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Thibaut dan Alix memiliki 7 orang anak:

  1. Thibaut, mati muda
  2. Philippe, mati muda
  3. Henri, mati muda
  4. Louis I dari Blois (wafat 1205)
  5. Alix, Kepala Biarawati Fontevrault
  6. Marguerite, menikah dengan Gautier II dari Avesnes, kemudian Comtesse Blois
  7. Isabelle (wafat 1248), kepada siapa keponakannya Thibaut VI dari Blois meninggalkan Provinsi Chartres (terasing dari Blois) dan kedudukan Maharaja Chateaurenault.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Thibaut IV
Pangeran Blois
1151–1191
Diteruskan oleh:
Louis I