The Knight's Tale

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Halaman pertama Knight's Tale dalam manuskrip Ellesmere

"The Knight's Tale" (bahasa Inggris Pertengahan: The Knightes Tale) adalah kisah pertama dalam The Canterbury Tales karya Geoffrey Chaucer.

Arcite dan Palamon memiliki hubungan saudara yang dekat, namun mereka ditangkap dan dipenjarakan oleh Theseus, adipati Atena. Sel mereka terletak di sebuah menara yang berpemandangan kebun istana. Suatu hari, Palamon bangun pagi dan melihat Emily di halaman; raungannya terdengar oleh Arcite, yang selanjutnya bangun dan melihat Emily, dan juga jatuh cinta kepadanya.

Persaingan akibat cinta membuat Arcite dan Palamon saling membenci. Arcite dilepaskan dari penjara, lalu kembali ke Atena diam-diam untuk bekerja di rumah tangga Emily. Palamon lalu melarikan diri dan bertemu dengan Arcite.

Mereka berusaha bertempur, namun Theseus datang, yang menyuruh mereka mengumpulkan orang dan saling berperang. Pemenang dari pertempuran itu akan menikahi Emily. Pasukan telah terkumpul; Palamon berdoa agar Emily menjadi istrinya; Emily berdoa untuk tidak menikah dan jika tidak mungkin ia ingin menikah dengan orang yang ia cintai; dan Arcite berdoa untuk menang. Arcite memenangkan pertempuran, namun tewas sebelum ia dapat mengambil hadiahnya, sehingga Palamon-lah yang menikahi Emily.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
General Prologue
The Canterbury Tales Diteruskan oleh:
The Miller's Prologue and Tale