Ranjang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Tempat tidur)
Langsung ke: navigasi, cari
Ranjang di sebuah hotel di Jepang.

Ranjang atau tempat tidur adalah suatu mebel atau tempat yang digunakan sebagai tempat tidur atau beristirahat.[1][2] Sepanjang sejarah, ranjang telah berkembang dari jenis yang sederhana, seperti kasur yang diisi jerami sampai perlengkapan mewah yang didekorasi dengan kain-kain.[1] Seperti berbagai jenis furnitur lain, ranjang seringkali dipandang sebagai simbol kelas sosial dan kekayaan.[1]

Sebagian besar ranjang moderen terdiri atas kerangka-kerangka besi atau kayu (bedstead).[1] Aksesori untuk ranjang yang ditambahkan adalah kasur untuk kenyamanan, kain penutup (sheet), selimut, dan bantal.[1] Ranjang dapat pula berfungsi sebagai furnitur lain, misalnya menjadi sofa pada saat tidak digunakan.[1] Isi dari kasur dapat berupa jerami, bulu, kapas dan pengisi buatan.[1] Kebanyakan kasur modern menggunakan pegas, busa keras, air, atau udara.

Di sebelah bawah kasur, biasanya adalah kotak pegas (box spring). Kotak ini adalah kotak seukuran kasur yang terbuat dari kayu dan pegas yang memberikan dukungan tambahan dan suspensi untuk kasur. Lapisan selanjutnya biasanya adalah rangka ranjang yang menyokong kasur atau kotak per di atas di tanah.

Jenis ranjang[sunting | sunting sumber]

  • Ranjang air, adalah ranjang berkerangka yang dilengkapi dengan kasur yang terdiri atas kantung vinyl berisi air.[1]
  • Ranjang Murphy (Murphy bed), adalah jenis tempat tidur yang dapat dilipat dengan engselnya kedalam sebuah kloset.[1] Tidak semua orang tidur di ranjang berkerangka dan kasur.[1] Di Jepang dan Amerika Latin, banyak orang tidur di tikar jerami yang dibentangkan di lantai.[1] Di negara tropis orang-orang tidur di buaian (hammock).[1]

Jenis ranjang lain:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j k l The World Book Encyclopedia, B - Volume 2. World Book, Inc. 2006. hlm. 198. ISBN 0-7166-0106-0. 
  2. ^ Oxford Advanced Learner’s Dictionary. Oxford University Press. 2005. hlm. 123. ISBN 0-19-431651-3.