TV5 (Filipina)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
TV5
ABC TV5 logo.svg
Jenis Broadcast commercial television network
Merek The Kapatid Network (Kapatid is a Tagalog term for sibling)
Negara Philippines
Ketersediaan National
Didirikan

June 8, 1960

oleh Chino Roces
Slogan Para Sa Yo, Kapatid!
Pemilik MediaQuest Holdings, Inc. (Subsidiary of the PLDT Beneficial Trust Fund)
Tokoh penting Manny V. Pangilinan, Chairman
Noel Lorenzana, President and CEO
Tanggal peluncuran June 18, 1960
Nama terdahulu Associated Broadcasting Corporation (1960–1972)
Associated Broadcasting Company (1992–2008)
Format gambar NTSC 1080i ( 16:9 HDTV)
Situs Resmi tv5.com.ph

TV5 (sebelumnya bernama ABC 5) adalah salah satu jaringan televisi Filipina.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

ABC 1960-1972.jpg
ABC 1992.jpg

Joaquin "Chino" Roces, pemilik Times Manila diberikan dari waralaba radio-TV dari Kongres di bawah Undang-Undang Republik 2.945 pada tanggal 19 Juni 1960. Dia kemudian mendirikan Broadcasting Corporation Associated dengan studio pertama di sepanjang Roxas Boulevard, menjadi jaringan televisi keempat didirikan di negara. ABC mengoperasikan layanan radio dan televisi dari tahun 1960 sampai dengan 21 September 1972 ketika Presiden Ferdinand E. Marcos menyatakan Hukum Militer. Baik ABC dan Manila Times secara paksa ditutup sebagai hasilnya.

Numerik versi logo yang digunakan sejak tanggal 21 Februari 1992 sampai 11 April 2004, dengan variasi regional. Perhatikan makna dari warna topan itu adalah sama dengan ABS-CBN (red = Luzon, Visayas = hijau, biru = Mindanao, dan lingkaran putih di tengah = dunia). Setelah Revolusi Kekuatan Rakyat pada tahun 1986, Chino Roces membuat representasi sukses dengan Presiden Corazon Cojuangco Aquino-untuk pemulihan jaringan. Pemegang saham baru yang dipimpin oleh siaran veteran Edward Tan dan Chino Roces putra Edgardo kemudian memulai tugas berat melanjutkan siaran. Komisi Sekuritas dan Bursa diberikan aplikasi mereka untuk peningkatan kapitalisasi dan perubahan artikel ABC pendirian dan anggaran. Mereka kemudian diberikan izin untuk beroperasi oleh National Telecommunications Commission (NTC).

ABC meresmikan studio baru kompleks dan menara pemancar di San Bartolome, Novaliches, Kota Quezon pada tahun 1990, dan mulai siaran uji pada akhir tahun 1991, resmi kembali ke udara sebagai ABC pada tanggal 21 Februari 1992. ABC memperoleh waralaba baru untuk beroperasi pada tanggal 9 Desember 1994, di bawah Undang-Undang Republik 7831 ditandatangani oleh Presiden Fidel V. Ramos. Pada tahun yang sama, ia melanjutkan siaran satelit nasional. Dalam lonjakan pertumbuhan fenomenal, ABC mendapatkan reputasi sebagai "The Fastest Growing Jaringan" di bawah jaringan baru eksekutif Tina Monzon-Palma yang menjabat sebagai Chief Operating Officer.

Pada tahun 2001, ABC mulai memproduksi versi lokal dari The Price Is Right (diselenggarakan oleh Dawn Zulueta dan kemudian diakuisisi oleh ABS-CBN), Wheel of Fortune (diselenggarakan oleh Rustom Padilla, kemudian diakuisisi oleh ABS-CBN), dan Feud Keluarga (host by Ogie Alcasid, kemudian diakuisisi oleh GMA Network). Ini adalah selama puncak hiruk-pikuk acara permainan dalam jaringan Filipina, yang dibawa oleh keberhasilan edisi Filipina KPI Who Wants to Be a Millionaire? (diselenggarakan oleh Christopher De Leon yang sekarang rumah dari TV5 pada saat ini) dan The Weakest Link (diselenggarakan oleh Edu Manzano).

Pada Oktober 2003, ABC diakuisisi oleh sebuah kelompok yang dipimpin oleh Ketua pengusaha Antonio "Tonyboy" Cojuangco, Jr mantan Perusahaan Distance Telephone Philippine Long (PLDT) dan pemilik Dream Satellite Broadcasting dan Bank of Commerce, antara aset lainnya. Manajemen baru diperkenalkan banyak perubahan termasuk berita yang lebih kuat dan publik divisi urusan, modernisasi peralatan siaran, dan akuisisi hak siar dari Filipina Basketball Association permainan. Selain itu, jaringan juga meluncurkan kampanye iklan baru dan slogan, "Iba Tayo!" ("Kita Berbeda!"), Yang menekankan lineup baru sebagai lebih berbeda dan baru dari apa yang sedang ditayangkan oleh para pesaingnya pada saat itu.

Pada tahun 2005, ABC memenangkan "stasiun TV Outstanding" penghargaan di 2005 Golden Dove Awards KBP, dengan beberapa program lainnya pada jaringan juga mendapatkan penghargaan dalam kategori masing-masing.

Sampai akhir 2006, ABC adalah anggota dari Perang Salib Family Rosario. Agama pra-identifikasi kampanye "Silakan Berdoalah Rosario" dimainkan sebelum setiap program pada jaringan sampai "Iba Tayo!" re-pencitraan kampanye.

Pada awal tahun 2007, ABC menerapkan serangkaian pemotongan anggaran, terutama diarahkan departemen berita, yang PHK sebagian karyawannya. Pemotongan, diadakan sebelum pemilu 2007 umum, meninggalkan ABC hampir tidak mampu cakupan.

Pada November 2007, ABC debut berbagai program olahraga baru, termasuk NBA basket, tinju pro, dan acara WWE, sebagai bagian dari kesepakatan lima tahun baru dengan Entertainment Surya. Namun, karena biaya tinggi, program ini kemudian turun sepanjang tahun 2008, dan perusahaan NBA tinjauan menunjukkan "House of Hoops" dipotong kembali juga dan akhirnya dibatalkan oleh April 2008. Namun, banyak dari program ini, bersama dengan PBA (seperti ABC memilih untuk tidak memperbaharui kontrak melalui berakhir setelah tahun 2008 Fiesta Konferensi), akan dijemput oleh RPN, yang telah memulai kemitraan yang lebih luas dengan Solar sebelumnya pada tahun 2007.

Pada bulan Maret 2008, ABC Presiden dan CEO Antonio Cojuangco mengumumkan bahwa ABC telah mencapai kemitraan dengan MPB Primedia Inc, sebuah perusahaan lokal yang didukung oleh Media Prima Berhad Malaysia sebagai bagian dari strategi jangka panjang untuk membuat jaringan lebih kompetitif. Cojuangco mengatakan MPB Primedia Inc, pada prinsipnya, akan menghasilkan dan sumber sebagian besar program hiburan saat ABC akan terus bertanggung jawab untuk program berita dan pengoperasian stasiun. Christopher Sy bernama CEO MPB Primedia, Inc, ia menjabat dalam kapasitas itu sampai pengunduran dirinya pada bulan Januari 2009 karena perbedaan dilaporkan dalam gaya manajemen.

ABC "menandatangani" pada tanggal 8 Agustus 2008, dan kemudian ditayangkan mundur untuk kembali peluncuran-nya untuk sebagian besar hari berikutnya hingga pukul 19.00 WIB, ketika jaringan resmi diluncurkan kembali dengan nama baru dari TV5. Perusahaan yang bergerak TV5 masih, bagaimanapun, Perusahaan Asosiasi Penyiaran dan Tonyboy Cojuangco akan tetap CEO-nya. Shall We Dance, beberapa acara di Nick di TV5, Kerygma TV, Bicara Cahaya, dan Minggu TV Misa adalah ABC-satunya program yang dilakukan-ke line-up dari TV5.

Pada bulan Desember 2008, gugatan diajukan oleh GMA Network, Inc melawan ABC, MPB, dan MPB Primedia, menyatakan bahwa sewa TV5 tentang airtime ke Media Prima dimaksudkan untuk menghindari peraturan yang membatasi kepemilikan asing dari perusahaan penyiaran. Sebagai tanggapan, ABC media relations kepala Pat Marcelo-Magbanua menegaskan bahwa jaringan adalah sebuah perusahaan Filipina yang terdaftar dan self-Filipina-lari.

Meskipun gugatan itu, peringkat jaringan direvitalisasi oleh manajemen baru, sebagai pangsa pemirsa yang meningkat dari 1,9% pada bulan Juli 2008 (sebelum merek re-) menjadi 11,1% pada September 2009.

Pada tanggal 20 Oktober 2009, Media Prima mengumumkan bahwa mereka akan mendivestasikan sahamnya di TV5 dan menjualnya ke divisi penyiaran Jarak Philippine Long Telephone Company, MediaQuest Holdings, Inc Akuisisi ini secara resmi diumumkan oleh Ketua Manuel V. Pangilinan pada 2 Maret , 2010, bersama dengan pengumuman formasi baru pemrograman untuk debut pada jaringan, bersama dengan merek kampanye dirinya sebagai "Kapatid" ("saudara") jaringan. Mimpi FM dan afiliasinya stasiun di bagian lain negara itu tetap berada di bawah manajemen yang dipimpin oleh pemegang saham Cojuangco mantan ABC Anton Lagdameo. Mereka menjadi kolektif dikenal sebagai Dream Network FM, dengan TV5 sebagai lisensi sampai Juni 2011.

Pada 1 Oktober 2010, TV5 mengambil alih pengelolaan MediaQuest ini Nation Penyiaran Stasiun Corporation; DWFM diluncurkan kembali sebagai stasiun radio TV5-bermerek berita pada tanggal 8 November, 2010 Radyo5 92,3 NewsFM, dan DWNB-TV diluncurkan kembali sebagai AksyonTV pada tanggal 21 Februari 2011, sebuah saluran berita didasarkan dari siaran berita Aksyon TV5 itu.

Pada 2012, jaringan akan menyelesaikan pembangunan markas baru, 6.000 meter persegi-TV5 Media Center yang berlokasi di Mandaluyong.

Slogan[sunting | sunting sumber]

Stasiun afiliasi[sunting | sunting sumber]

Program[sunting | sunting sumber]

News5[sunting | sunting sumber]

Newscast[sunting | sunting sumber]

Public Affairs[sunting | sunting sumber]

  • Dayo (2013–present)
  • Numero (2013–present)
  • Reaksyon (2012–present) (simulcast on Radyo 5 and AksyonTV)
  • T3: Reload (2011–present) (simulcast on Radyo5 and AksyonTV)

Drama[sunting | sunting sumber]

Primetime Teleserye[sunting | sunting sumber]

Drama Anthology[sunting | sunting sumber]

Animated[sunting | sunting sumber]

TV5 Kids presents: Cartoon Network[sunting | sunting sumber]

The Cartoon Network block for TV5 started on October 18, 2010.

TV5 Kids presents: Disney Club[sunting | sunting sumber]

The Disney Channel and Disney Junior block for TV5 started on December 13, 2010.

Comedy[sunting | sunting sumber]

Reality & Games[sunting | sunting sumber]

Infotainment[sunting | sunting sumber]

  • Astig!
    • Astig! (5 minute segment) (2010–2011, 2012–present)
    • Astig!: Sa Sports Walang Tsamba! (2013–present)
  • Demolition Job (2013–present)
  • History with Lourd (2013–present)
  • Kuwentong Kanto (2012–present)
  • Mondo Manu (2012–present)
  • Philip: Lifestyle Guy (2013–present)
  • Pinoy Explorer (2012–present)
  • Take Out (2012–present)
  • Word of the Lourd (2012–present)

Talk shows[sunting | sunting sumber]

Reality[sunting | sunting sumber]

Showbiz-oriented[sunting | sunting sumber]

Music[sunting | sunting sumber]

Religious[sunting | sunting sumber]

  • Family Matters (2010–present)
  • Misa Nazareno (2010–present)
  • Power to Unite with Elvira (2013–present)

Asianovelas[sunting | sunting sumber]

Sports[sunting | sunting sumber]

Movie blocks[sunting | sunting sumber]

  • Monday Night Blockbusters (2013–present)
  • Sabado Sinerama (2013–present)
  • Sine Ko 5ingko Hapon (2013–present)
  • Sunday Sineplex (2011-present)
  • TV5 Kids Movie Special (2013–present)
  • Tuesday Happy Hour (2014–present)

(*) dubbed in Tagalog

Kapatid TV5[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:TV5

Templat:Radio in the Philippines