Shan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Shan adalah sebuah kelompok etnis di Asia Tenggara. Suku Shan tinggal terutama di negara bagian Shan di Myanmar (dulu Burma), dan di daerah-daerah yang bertetangga dengannya di Tiongkok, Thailand, Kamboja dan Vietnam. Suku ini berjumlah sekitar 6 juta orang, tapi sensus penduduk belum pernah dilakukan.

Kebanyakan suku Shan tinggal di padang-padang di Plato Shan, yang dialiri sungai Salween. Ibukota negara bagian Shan adalah Taunggyi, yaitu sebuah kota kecil dengan 150.000 penduduk. Kota-kota besar Shan lainnya adalah Kengtong dan Tachileik.

Pemimpin Shan adalah Raja Sao Hpone Htoo.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Walaupun secara umum disepakati bahwa suku Shan telah tinggal di Burma selama berabad-abad, ada juga teori bahwa mereka datang dari gunung-gunung di provinsi Yunnan di Tiongkok selatan. Imigran-imigran Shan ke Burma utara adalah cabang tertua dari kelompok etnis Tai yang dikenal sebagai Tai Long. Imigran-imigran Shan ke Laos dan Thailand kemudian dikenal sebagai Tai Noi (dari Shan Human Rights Foundation).

Budaya[sunting | sunting sumber]

Suku Shan secara tradisional bercocok tanam padi, berjualan, dan menjadi pengrajin seni. Kebanyakan suku Shan memeluk agama Buddha Theravada dan/atau agama tradisional mereka, yang berhubungan dengan animisme. Mereka juga memiliki mitos penciptaan yang sama dengan suku Lao dan percaya bahwa suku mereka didirikan oleh Khun Borom.

Bahasa[sunting | sunting sumber]

Bahasa Shan adalah bagian dari kelompok bahasa-bahasa Tai dari keluarga bahasa Tai-Kadai, dan berkerabat dengan bahasa Thai dan bahasa Lao. Shan selatan menggunakan abjad yang didasarkan pada abjad Burma.

Kode bahasa ISO 639 untuk Shan adalah SHN; kode etnologinya adalah SJN.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]