Senat Perancis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Perancis

Artikel ini adalah bagian dari seri:
Politik dan pemerintahan
Perancis



Negara lain · Atlas
 Portal politik
Amfiteater Senat di Istana Luxembourg

Senat (bahasa Perancis: Sénat) adalah majelis tinggi dari Parlemen Perancis.

Sénat juga merupakan majelis tinggi pada masa Konsulat Perancis pada 1799-1804.

Senat Perancis tidak begitu terkenal dibandingkan dengan majelis rendahnya, yaitu Dewan Nasional yang anggotanya dipilih langsung. Perdebatan-perdebatan di Senat cenderung tidak begitu tegang dan kurang mendapatkan liputan media.

Komposisi dan pemilihan[sunting | sunting sumber]

Hingga September 2004, Senat Perancis terdiri atas 321 senator yang terpilih untuk masa jabatan 9 tahun. Setelah masa ini, masa jabatannya dikurangi menjadi 6 tahun, sementara jumlah senatornya akan ditambahkan menjadi 346 pada 2010 untuk mencerminkan perubahan-perubahan dalam demografi Perancis. Saat ini para Senator Perancis dipilih sepertiganya setiap tiga tahun, namun hal ini juga akan diubah menjadi setengah setiap tiga tahun.[1]


Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Karena Senat mewakili daerah-daerah pedesaan dalam proporsi yang lebih besar daripada peranannya di kalangan penduduk Perancis, Senat telah sering dikritik sebagai lembaga yang tidak demokratis. Berkali-kali telah diajukan usul [1], termasuk oleh Presiden Charles de Gaulle. Hal ini khususnya semakin diperparah belakangan ini oleh Senat yang terus-menerus mempunyai mayoritas sayap kanan, betapapun juga perubahan partai-partai di kepresidenan dan Dewan Nasional. Bekas Perdana Menteri Lionel Jospin mengecam Senat dan menyebutnya sebagai suatu "anakronisme".

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Istana Luxembourg

Gedung Senat terketaj du dakan Palais du Luxembourg di arrondissement ke-6 di Paris dan dikawal oleh Pengawal Republik. Di depan gedung ini terdapat taman Senat, Jardin du Luxembourg, yang terbuka untuk umum.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]