Santa Birgitta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Santa Birgitta

Santa Birgitta, juga dikenal sebagai St Bridget dari Swedia (130323 Juli 1373), adalah seorang santa, mistikus, peziarah, dan pendiri dari Ordo Santa Birgitta.

Dia merupakan santa dari Swedia dan kerajaan utara yang paling sering dirayakan adalah seorang putri dari Birger Persson, gubernur dan lagman (hakim provinsi) dari Uplandia, dan salah satu tuan tanah terkaya di negara tersebut.

Pada 1316 dia menikah dengan Ulf Gudmarson, penguasa Nericia, di mana ia memiliki delapan anak, salah satu di antaranya nantinya dihargai sebagai St Catherine dari Sweden. Kehidupan kesantaan dan penderma Birgitta dengan cepat membuatnya terkenal luas dan ke daerah jauh; dia mendapatkan pengaruh keagamaan yang kuat dari suaminya, dengannya (1341-1343) dia pergi pilgrim ke Santiago de Compostela.

Pada 1344, setelah mereka kembali tidak lama, Ulf meninggal di biara Cistercians di Alvastra di Ostrogothia, dan Birgitta mengabdikan dirinya seluruhnya kepada agama. Pada saat anak-anak dia telah percaya bahwa dirinya memiliki "vision"; dan pada saat ini menjadi lebih sering, dan catatannya Revelationes coelestes ("Celestial revelations") yang diterjemahkan ke dalam bahasa Latin oleh Matthias, "canon" dari Linköping, dan oleh "confessor"nya, Peter prior Alvastra, mendapatkan kepopuleran pada Abad Pertengahan. Pada saat itu dia mendirikan Ordo St. Saviour, atau Bridgettines yang rumah principalnya terletak di Vadstena, dan diberikan dana oleh Raja Magnus II dari Swedia dan ratunya.

Pada 1999, Paus Yohanes Paulus II memilih Birgitta sebagai santa pelindung Eropa. Hari perayaannya dirayakan pada 23 Juli (dulunya 8 Oktober).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]