Rumah Tanpa Jendela

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rumah Tanpa Jendela
Poster film Rumah Tanpa Jendela.jpg
Poster film
Sutradara Aditya Gumay
Produser Adenin Adlan
Seto Mulyadi
Penulis Aditya Gumay
Adenin Adlan
Pemeran Emir Mahira
Dwi Tasya
Raffi Ahmad
Inggrid Widjanarko
Yuni Shara
Aswin Fabanyo
Alicia Djohar
Aty Cancer Zein
Varissa Camelia
Indra Bekti
Distributor PT Smaradhana Pro and Sanggar Ananda
Tanggal rilis 24 Februari 2011
Durasi 100 menit
Negara Indonesia
Penghargaan
Festival Film Indonesia 2011

Rumah Tanpa Jendela adalah film drama/musikal Indonesia yang dirilis pada 24 Februari 2011 dengan disutradarai oleh Aditya Gumay yang dibintangi oleh Emir Mahira dan Dwi Tasya.

Film ini diangkat dari cerita pendek karya Asma Nadia berjudul Jendela Rara.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Rara (Dwi Tasya) gadis kecil berusia 8 tahun, sangat ingin punya jendela di rumahnya yang kecil berdinding tripleks bekas di sebuah perkampungan kumuh tempat para pemulung tinggal di Menteng Pulo, Jakarta.

Si Mbok (Inggrid Widjanarko), neneknya Rara - yang sakit-sakitan dan ayahnya, Raga (Raffi Ahmad) yang berjualan ikan hias dan tukang sol sepatu, tidak cukup punya uang untuk membuat atau membeli bahkan hanya selembar daun jendela dan kusennya saja. Rara juga punya Bude, yaitu Bude Asih.(Yuni Shara)

Bersama teman-temannya sesama anak pemulung, sebelum ngamen atau ngojek payung jika hari sedang hujan, Rara sekolah di tempat sederhana khusus untuk anak jalanan. Bu Alya (Varissa Camelia) satu-satunya pengajar sukarelawan disitu yang membimbing dan membina anak-anak pemulung tersebut.

Di tempat lain, di perumahan mewah kota Jakarta – adalah Aldo (Emir Mahira) anak lelaki berusia 11 tahun yang sedikit terbelakang, merindukan seorang teman di tengah keluarganya yang sibuk dengan urusannya masing-masing. Ia anak bungsu dari pengusaha sukses, Pak Syahri (Aswin Fabanyo) dan Nyonya Ratna (Alicia Djohar). Kehadiran Nek Aisyah (Aty Cancer Zein) – Ibu Pak Syahri menjadi penghiburan untuk Aldo. Nek Aisyah sangat menyayanginya.

Suatu hari, Aldo berkenalan dengan Rara yang saat itu tengah mengojek payung dan terserempet mobil Aldo. Sejak itu mereka menjadi akrab. Perkampungan kumuh tempat Rara tinggal terjadi kebakaran, sementara di rumah Aldo semua panik karena karena Aldo minggat dari rumah, kecewa dengan sikap kakaknya yang terang-terangan mengatakan merasa malu memiliki adik seperti dirinya.

Apa yang terjadi dengan hidup Rara selanjutnya ? Bagaimana persahabatannya dengan Aldo? Apakah Rara dapat mewujudkan mimpi memiliki jendela di rumahnya? Bagaimana juga dengan nasib Simbok dan Bude Asih?

Berbagai peristiwa yang mengejutkan dan menyentuh bergulir bersama kisah persahabatan Rara dan Aldo.[1]

Produksi : Smaradhana Pro & Sanggar Ananda Executive Producer : Intan Ophelia, Aditya Gumay & Michael Short Producer : Adenin Adlan & Seto Mulyadi Dikembangkan dari : Cerpen "Jendela Rara" karya Asma Nadia Skenario : Adenin Adlan & Aditya Gumay Sutradara : Aditya Gumay


Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Laman Rumah Tanpa Jendela, diakses pada 24 Desember 2010

Pranala luar[sunting | sunting sumber]