Sekolah Regina Pacis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Regina Pacis)
Langsung ke: navigasi, cari

Sekolah Regina Pacis (sering disingkat RP atau "Recis" atau "Regpac") merupakan salah satu nama lembaga pendidikan katolik yang berdiri cukup lama. Nama "Regina Pacis berasal dari bahasa Latin yang berarti Ratu Damai. Sekolah Regina Pacis berlokasi di Surakarta, Jakarta dan Bogor dengan jenjang pendidikan dari Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Sekolah Regina Pacis di ketiga kota tersebut dikelola oleh kesusteran (kongregasi FMM) dan bermotto Ad Veritatem Per Caritatem yang artinya "Mencari Kebenaran Melalui Cinta Kasih".

Regina Pacis Surakarta[sunting | sunting sumber]

REGINA PACIS SURAKARTA
Alamat: Jl. Adisucipto 45, Solo
Negara: Republik Indonesia
Status sekolah: Swasta
Program Pendidikan: SMP dan SMA
Website: http://ursulin-slo.or.id

Sekolah Regina Pacis Surakarta terletak di Jl. Adisucipto 45, Solo. Sekolah ini menyelenggarakan pendidikan mulai dari jenjang SMP dan SMA.

Sekolah ini telah menerima Sertifikat ISO 9001:2000 No. 33046/A/0001/UK/En dari PT. URS Service Indonesia dan UKAS yang berpusat di Inggris. Setelah dilakukan surveillance audit oleh PT.URS pada tanggal 14 Agustus 2009, sekolah ini direkomendasikan untuk upgrade ISO 9001:2008. Tanggal 9 September 2009 menerima sertifikat ISO 9001 : 2008 No. 33046/A/0001/UK/En.

Sekolah ini telah menerima sertifikasi Akreditasi oleh tim BAS dan sesuai SK Badan Akreditasi Sekolah Provinsi Jawa Tengah No : Ma 006639 PROV-03 tanggal 29 September 2007 dengan status terakreditasi A

SEJARAH[sunting | sunting sumber]

SMA REGINA PACIS didirikan pada tanggal 17 Juli 1951. Pada awal berdirinya, sekolah ini bernama SMA Kanisius Bagian Puteri, dibawah naungan Yayasan Kanisius yang berpusat di Semarang. Berdasarkan Surat Menteri P dan K, No : 30970/D/4/71 tanggal 13 November 1971 ditetapkan bahwa mulai tanggal 1 Januari 1972 SMA Kanisius Bagian Puteri Bersubsidi Surakarta namanya berubah menjadi SMA REGINA PACIS BERSUBSIDI SURAKARTA. Pengelolaan selanjutnya diserahkan kepada Yayasan Winaya Bhakti Surakarta. Pada tahun 1979, banyaknya kelas bertambah menjadi 15 kelas. Dalam rangka meningkatkan kemampuan akademik dibangun laboratorium fisika, kimia dan biologi. Pada tahun 1985, SMA Regina Pacis memperoleh sertifikat akreditasi status Disamakan dengan SK Dirjen PDM No : 007/C/Kep/I/1985 tanggal 17 Januari 1985.

Suatu kebanggaan di raih SMA Regina Pacis, karena tahun 2005 menjadi satu-satunya Sekolah Menengah Atas yang LULUS 100 % se Kota Surakarta. Tahun Pelajaran 2005/2006 semua kelas dilengkapi AC termasuk laboratorium, renovasi aula lantai atas digunakan sebagai ruang audiovisual & TRRC (Teacher Resource & Reference Centre). Tahun pelajaran 2006/2007 renovasi gedung baru/ penambahan ruang kelas menjadi 26 kelas, lab bahasa dengan program terbaru NSS ( Netsupport School ) 47 unit, disediakan lobby dengan berbagai fasilitas dan waterfall guna kenyamanan para tamu.


Regina Pacis Jakarta[sunting | sunting sumber]

REGINA PACIS JAKARTA
Alamat: Jl. Palmerah Utara no 1, Jakarta Barat
Negara: Republik Indonesia
Status sekolah: Swasta
Program Pendidikan: TK, SD, SMP, dan SMA
Website: http://recisjkt.net/

Sekolah Regina Pacis Jakarta terletak di Jl. Palmerah Utara no 1, Jakarta Barat. Sekolah ini menyelenggarakan pendidikan mulai dari jenjang TK hingga SMA.

Mulanya Sekolah Regina Pacis (Regina Pacis School) Jakarta mempunyai 2 seksi, International Section (berbahasa Inggris) dan seksi Bahasa Indonesia. International school ditutup pada tahun 1967. Lokasi sekolah Regina Pacis di Jakarta sempat pindah beberapa kali sebelum menetap di tempat yang sekarang di Palmerah Utara, Jakarta Barat.

Untuk jenjang SMA, Sekolah Regina Pacis Jakarta menyediakan fasilitas di antaranya berbagai laboratorium, perpustakaan, ruang audiovisual, auditorium, lapangan, dan lain-lain. Murid-murid Sekolah Regina Pacis Jakarta terkenal berkualitas dalam bidang seni.

SEJARAH[sunting | sunting sumber]

Bila Anda datang ke kompleks sekolah Regina Pacis yang berada di Jalan Palmerah Utara I, Slipi, maka segera Anda akan disambut oleh gedung bertingkat empat dengan tulisan SD Regina Pacis di sisi depannya dengan lapangan parkir yang luas di depannya. Kemudian, jika Anda terus menelusuri jalan tersebut, Anda akan menemukan lapangan parkir ke dua. Di sebelah kiri, akan ditemukan gedung TK yang hanya bertingkat dua. Gedung TK tersebut terhubung dengan SD melalui pintu perpustakaan SD. Gedung SD bertingkat empat dan memiliki sebuah lapangan basket serta lapangan voli di depannya.

Di seberang gedung SD, berdiri sebuah bangunan panjang bertingkat empat yang merupakan gabungan dari SMP dan SMA Regina Pacis yang hanya dipisahkan oleh sebuah sekat di setiap lantainya. Gedung tersebut dibagi dua yaitu SMP di sebelah kanan dan SMA di sebelah kiri. Di depan gedung tersebut, terdapat dua lapangan basket yang berhubungan. Di antara gedung SD dan SMP/SMA, ada sebuah gedung bertingkat dua yang cukup tua. Bagian bawah gedung tersebut digunakan sebagai kantin, sedangkan di lantai dua terdapat beberapa ruangan yang digunakan sebagai laboratorium fisika dan laboratorium kimia.

Di sisi kanan lapangan basket SMP/SMA, ada sebuah lapangan parkir lagi. Jadi, arena lapangan parkir di kompleks Regina Pacis ada tiga. Lapangan pertama digunakan khusus untuk mobil jemputan, lapangan kedua sangat multifungsi (dapat digunakan untuk SD, TK, SMP, maupun SMA karena berada di tengah), dan lapangan terakhir biasanya hanya penuh saat jam pulang sekolah. Di depan gedung SMP/SMA agak ke ujung, berdiri sebuah gedung bertingkat empat yang disebut 'gedung putih'. Di sana terdapat beberapa fasilitas, seperti beberapa ruang kelas tambahan untuk SMP, auditorium di lantai paling atas, ruang audiovisual, dan sebagainya. Di belakang gedung itu, ada biara suster-suster FMM dan gedung Balkesmas Santa Maria. Itulah gambaran sekilas mengenai gedung-gedung megah tempat berlangsungnya kegiatan belajar mengajar sekolah Regina Pacis. Begitu mudahkah semua itu berdiri di kompleks Regina Pacis? Jawabnya hanya satu. TIDAK. Semuanya itu tidak langsung ada begitu saja, melainkan dengan sebuah perjuangan. "Tak ada kebangkitan tanpa kesengsaraan dan kematian," demikian kata Sr. Elisabeth Tjahjana, pendiri SMA ini. Beliaulah yang paling banyak tahu tentang seluk-beluk SMA ini. Berbicara mengenai sejarah berdiri dan berkembangnya SMA Regina Pacis, tidak mungkin mengabaikan keberadaan TK, SD, dan SMP Regina Pacis, sebab satu dengan yang lain saling terkait serta berkesinambungan. Sebelum sekolah Regina Pacis berada di alamatnya yang sekarang, sekolah ini pernah berada di Jl. Budi Kemuliaan. Di sana sekolah Regina Pacis menempati gedung perumahan biasa, bukan gedung khusus sekolah. Barulah pada tahun 1965 sekolah Regina Pacis berada di Jl. Palmerah Utara. Di sini sekolah Regina Pacis menempati gedung sekolah yang didirikan atas usaha para orang tua murid yang menghendaki agar anaknya menyelesaikan belajarnya sampai tingkat SMA. Mereka itu lalu berhimpun dan membentuk diri sebagai Panitia Pengumpulan Dana Pembangunan Gedung Regina Pacis (sekarang menjadi POM Regina Pacis). Sejak tahun itulah SMA Regina Pacis berdiri.

SMA Regina Pacis berdiri dengan kondisi yang serba minim dan seadanya. Muridnya hanya satu kelas yang terdiri atas 20 orang siswa. Bangku yang digunakan pun minim, yaitu bangku siswa SD. Ruangannya hanya satu. Itu pun menempati sudut serambi SD bagian atas yang kemudian ditutup untuk menghindari hujan dan terik matahari. Jumlah gurunya pun sudah tentu minim.

Pada tahun 1967, SMA Regina Pacis kembali pindah ke Jl. Budi Kemuliaan. Gedung yang berada di Jl. Budi Kemuliaan ini keadaannya masih berantakan karena ditinggalkan sejak tahun 1965 yang kemudian dipinjam oleh KODIM untuk rumah Tapol waktu terjadi Gestapu PKI. Oleh karena itu, sekolah terpaksa membenahinya di sana-sini yang memang diperlukan. Bahkan bangku sekolah pun diusahakan sendiri oleh para siswa dengan cara berjualan kue saat jam istirahat. Setahun kemudian, pada tahun 1968, SMA pindah lagi ke Jl. Palmerah Utara dengan menempati gedung Regina Pacis English International School, karena sekolah tersebut terpaksa tidak bisa dilanjutkan lagi. Di sini gedung beserta bangku dan fasilitas lainnya sudah tersedia. Tidak hanya itu, sekolah Regina Pacis secara keseluruhan berkembang, baik secara fisik maupun mutu hasil pendidikannya. Tahun demi tahun, gedung-gedung dibangun. Tahun 1969, gedung Kapel berdiri. Tahun 1972, gedung TK, lalu tahun 1976 gedung kantin plus laboratorium. Kemudian pada tahun 1987, gedung SD dan yang terakhir berdiri adalah gedung putih.

Kini, SMA telah memiliki 12 ruang kelas, tiga ruang laboratorium (kimia, fisika, biologi), satu ruang kepala sekolah, satu ruang serba guna, satu ruang guru, dan lain-lain. Dengan fasilitas seperti itu, diharapkan mutu pendidikannya semakin baik. Demikian riwayat perjalanan SMA Regina Pacis secara sepintas.

Regina Pacis Bogor[sunting | sunting sumber]

Sekolah Regina Pacis Bogor merupakan sekolah yang didirikan pada bulan Juli 1955 di dalam lingkup Keuskupan Bogor, dan dikelola oleh Kesusteran Regina Pacis (kongregasi FMM). Sekolah ini merayakan ulang tahun pada tanggal 18 Agustus, yaitu bertepatan dengan perayaan Santa Perawan Maria Ratu.

Beralamat di Jl. Ir. H. Juanda no 2, Bogor, Sekolah Regina Pacis Bogor berada di tempat yang sangat strategis, di pusat Kota Bogor bersebelahan dengan gedung-gedung pemerintah seperti kantor CPM, Kantor Pembantu Gubernur, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Kantor Polisi, Hotel Salak, Balaikota, Gedung DPR, dan Gereja Katedral yang seluruhnya adalah gedung-gedung tua dan yang mempunyai nilai sejarah dan dilindungi. Bahkan tepat berada di depan bangunan SD adalah Istana Bogor yang indah.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sekolah Regina Pacis Bogor pertama kali didirikan pada tanggal 1 Agustus 1948 oleh Sr. Goede Herder, FMM. Saat itu, sekolah hanya membuka program pendidikan TK, SD, dan SMP. Baru pada tahun 1955, Sekolah Regina Pacis Bogor membuka jenjang SMA atas gagasan Sr. Berenice, FMM. Pada awalnya, SMP dan SMA Regina Pacis Bogor hanya menerima murid putri saja. SMP baru menerima murid putra setelah Juli 1957 dan SMA pada tahun 1962. Sekolah Regina Pacis Bogor berada di bawah pengelolaan Yayasan Regina Pacis FMM (sebelumnya Yayasan Bakti Utama).

Fasilitas & Pengajaran[sunting | sunting sumber]

REGINA PACIS BOGOR
Berdiri: 1 Agustus 1948
Alamat: Jl. Ir. H. Juanda no 2, Bogor - Jawa Barat
Negara: Republik Indonesia
Status sekolah: Swasta
Program Pendidikan: TK, SD, SMP, dan SMA
Situs Resmi: http://reginapacis.sch.id/web/

Sekolah Regina Pacis Bogor memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang bidang akademik, di antaranya ruang kelas yang khas dengan tembok setengah tinggi ruangannya, 2 perpustakaan (perpustakaan SD dan SMP/SMA), laboratorium fisika (SMP dan SMA), laboratorium kimia (SMA), laboratorium biologi (SMP dan SMA), dan laboratorium komputer (SD, SMP, dan SMA). Sekolah juga memiliki ruang aula, ruang serbaguna, ruang audiovisual, lapangan basket, ruang seni budaya dan musik, serta tak ketinggalan kantin terpusat yang sering menjadi tempat bertemu dan bercengkrama. Sekolah Regina Pacis Bogor juga memiliki kapel sebagai wujud identitas sekolah katolik. Terdapat juga Biara FMM di dalam kompleks sekolah.

Sekolah Regina Pacis Bogor memiliki komitmen untuk mendidik murid-muridnya agar dapat belajar secara holistik dan menumbuhkembangkan potensinya, sesuai dengan misi sekolah. Oleh karena itu, Sekolah Regina Pacis Bogor tidak hanya sebatas membangun kemampuan akademik saja, melainkan juga turut mendorong berkembangnya kemampuan nonakademik dan life-skills dengan mengadakan berbagai kegiatan (seperti karyawisata, rekoleksi, retret, outbond, dan live-in) serta menyediakan beragam ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh para murid. Kedisiplinan dan kejujuran menjadi hal utama yang sangat ditekankan dalam pendidikan di sekolah ini.

Dengan sejumlah fasilitas dan didukung oleh staf pengajar yang memiliki kompetensi di bidangnya, Sekolah Regina Pacis Bogor selalu berupaya untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pendidikannya serta menjadi salah satu sekolah yang patut diperhitungkan prestasinya baik di kota Bogor maupun dalam skala nasional.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]