Ragam dan Karateristik Pameran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Definisi[sunting | sunting sumber]

Pameran adalah bentuk dari media iklan yang lain dari yang lain, karena media pameran bisa merangsang terjadinya penjualan secara langsung oleh para pengunjung stand-stand pameran yang bersangkutan. Pameran merupakan satu-satunya media periklanan yang menyentuh semua panca indera: mata, telinga, lidah, hidung dan kulit[1].

Ragam Pameran[sunting | sunting sumber]

  • Pameran Umum dalam Ruangan

Sebuah pameran umum dalam ruangan lazimnya diselenggarakan di gedung-gedung khusus dan biasanya mengambil tema yang bersifat umum pula seperti pameran makanan, alat-alat reparasi, perlengkapan berkebun, lokasi liburan atau wisata dan sebagainya.

  • Pameran Dagang atau Bisnis dalam Ruangan

Jenis pameran dagang dalam ruangan atau pameran bisnis ini memiliki cakupan dan fokus yang lebih khusus. Biasanya, pengunjung yang hadir lebih sedikit, kebanyakan adalah para undangan yang mewakili perusahaan-perusahaan bonafid dan badan-badan usaha yang berkecimpung dalam bisnis.

  • Gabungan Pameran Dagang dan Umum dalam Ruangan

Sejumlah kegiatan pameran, seperti pameran mobil, bisa merupakan pameran umum sekaligus pameran bisnis. Pengunjung dari kalangan dunia usaha dan masyarakat biasa, sama-sama mendatanginya baik secara bersamaan maupun terpisah (masing-masing pada hari yang berlainan).

  • Pameran Tertutup dalam Ruangan

Pameran tertutup atau terbatas di dalam ruangan lazimnya diselenggarakan dengan satu sponsor saja, akan tetapi bisa juga dilangsungkan dengan melibatkan beberapa sponsor sekaligus, asalkan kepentingan mereka tidak saling bertentangan. Tempat penyelenggaraan seperti ini biasanya hotel, aula setempat, perpustakaan, pusat-pusat pemukiman atau gedung-gedung milik perusahaan (sponsor atau pihak penyelenggara) seandainya ukuran dan fasilitasnya memang cukup memadai.

  • Pameran di Luar Ruangan

Ada produk-produk tertentu yang lebih cocok untuk di pamerkan di luar ruangan, seperti mesin-mesin dan alat penerbangan, alat-alat pertanian atau peralatan konstruksi yang berukuran besar. Stand-stand pameran juga sengaja disediakan di luar ruangan seperti dalam pameran-pameran bunga, pertunjukan olahraga dan pacuan kuda.

  • Pameran yang Berpindah-pindah

Pameran-pameran bergerak atau berpindah-pindah mudah dijumpai. Semua perlengkapan dan materi yang dipamerkan diangkut dengan mobil karavan, dengan kendaraan yang khusus dibuat untuk pameran, bus-bus berdek ganda, kereta api, pesawat udara atau kapal laut.

  • Pameran Bongkar-Pasang

Pameran jenis bongkar-pasang adalah pameran yang segala perlengkapannya mudah dibongkar-pasang dan diangkut ke berbagai tempat dengan menggunakan truk-truk berukuran besar atau sejumlah mobil van berukuran kecil. Pameran jenis ini biasa diselenggarakan di lobby hotel, di depan kompleks pertokoan, aula-aula umum atau perpustakaan. Pameran semacam ini biasanya menyertakan gadis-gadis penjual berpenampilan menarik, demonstrasi-demonstrasi produk, seminar dan pemutaran slide atau video. Ada juga yang tak memerlukan penjaga stand karena para pengunjungnya memang tidak memerlukan keterangan lagi, seperti pameran buku yang berlangsung di perpustakaan umum.

  • Pameran dalam Toko

Pameran dalam toko merupakan kegiatan yang populer. Bentuk pameran inilah yang dipilih oleh para sponsor dari berbagai negara untuk menyelenggarakan aneka kegiatan pekan raya di kota-kota di Inggris guna menampilkan produk-produk makanan, anggur, bahan-bahan pakaian, barang pecah-belah, benda-benda kaca atau souvenir.

  • Pameran Permanen

Ada organisasi besar yang mampu menyelenggarakan pameran di gedung, aula atau halaman parkir mereka sendiri dalam jangka waktu yang tidak terbatas (berlangsung secara terus menerus). Salah satu contoh pameran permanen yang amat menarik adalah Legoland, sebuah taman bermain anak-anak di Billund, Denmark, yang memamerkan mainan-mainan lego.

  • Konferensi-konferensi

Banyak konferensi tahunan yang diselenggarakan bersamaan dengan pameran. Hal ini sering dilakukan oleh perusahaan-perusahaan di Eropa. Para pengunjung bisa mendatangi pameran itu selama dan sesudah acara konferensi. Ada pula pameran yang berskala kecil yang diselenggarakan di sebelah ruang konferensi atau lobi hotel, tapi ada juga yang sama besarnya dengan konferensi itu sendiri.

  • Pameran Jendela

Ini merupakan salah satu jenis pameran portabel, dimana jendela sebuah toko sengaja dibuat sedemikian rupa sehingga lebih menarik perhatian dan mengundang orang-orang untuk datang menengok, misalnya dengan cara menghiasi jendela pameran itu dengan alat-alat penunjang yang siap pakai.

Karateristik Pameran[sunting | sunting sumber]

1. Mudah Menarik Perhatian

Kelebihan utama pameran terletak pada kemampuannya dalam membangkitkan dan mengarahkan perhatian atau khalayak/konsumen kepada subyek yang dipamerkan, sehingga dengan demikian menarik minat banyak orang dan tidak jarang para pengunjung pameran tersebut sengaja datang dari tempat-tempat yang amat jauh. Acara pameran biasanya juga memperoleh liputan dari berbagai media yang terkait baik dari dalam maupun dari luar negeri.

2. Banyak Memakan Waktu

Segenap tindakan persiapan penyelenggaraan sebuah pameran, termasuk persiapan para personel pelaksanaannya (misalnya para penjaga stand), membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Petugas penjaga stand haruslah orang yang mampu menjawab berbagai macam pertanyaan yang sekiranya akan diutarakan oleh pengunjung.

3. Percobaan Prototip

Dalam pameran terbuka banyak peluang untuk memajang berbagai prototip dari produk-produk baru, sehingga perusahaan yang membuatnya bisa mengetahui sambutan, komentar dan kritik para pengunjung yang nantinya akan menjadi konsumen.

4. Pertemuan Tatap-muka

Kepercayaan, kredibilitas, dan nama baik suatu perusahaan bisa dikokohkan dengan bertatap-muka secara langsung dengan para pengunjung pameran baik itu pengunjung biasa maupun pengunjung bisnis seperti para distributor yang notabene merupakan para calon pelanggan.

5. Demonstrasi dan Pembagian Sampel

Dalam suatu pameran, perusahaan-perusahaan lebih berpeluang untuk menampilkan produk-produknya secara lebih leluasa. Informasi yang disajikan pun jelas akan lebih nyata dan lebih menarik dibanding jika perusahaan itu memberikan penjelasan dan penggambaran mengenai produknya lewat iklan, katalog atau pun literatur-literatur penjualan.

6. Suasana Akrab dalam Pameran

Suasana akrab dan rekreatif dalam sebuah pameran membuat para pengunjung merasa kerasan dan menikmati kunjungannya, meskipun barangkali mereka lelah berjalan kaki mengelilingi seluruh arena pameran. Bagi kebanyakan orang, pameran sungguh merupakan suatu hiburan tersendiri dan suasananya mereka rasakan sama dengan yang ada di sirkus atau teater. Para peserta pameran yang menyediakan ruang tamu di mana para pengunjung boleh duduk melepas lelah jelas akan lebih disukai dan lebih mudah menarik simpati, sehingga pada gilirannya akan lebih mudah menjaring peminat.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jefkins,Frank.(1997).Periklanan.Jakarta:Erlangga.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

  1. Info Pameran (pameran.org)