RTM2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
RTM2
Jenis VHF Gelombang
Slogan Dunia Ria
Negara Bendera Malaysia Malaysia
Ketersediaan Nasional
Tanggal peluncuran 17 November 1969
Pemilik Pemerintah Malaysia, Kementerian Penerangan Malaysia
Jaringan afiliasi TV1 (Malaysia)
Situs web resmi www.rtm.net.my

RTM2 atau Radio Televisyen Malaysia 2 (RTM) merupakan sebuah stasiun televisi yang dimiliki oleh pemerintah Malaysia di bawah naungan Kementrian Penerangan Malaysia.

Penyiaran televisi Malaysia RTM2 ini dimulai pada 17 November 1969 dengan menawarkan program hiburan, film dalam bahasa Melayu, bahasa Inggris, Tamil, dan Mandarin. RTM 2 juga menyiarkan sinetron dan telenovela berbahasa Spanyol.

RTM2, juga disebut TV2, bersama-sama dengan RTM1 telah diluncurkan kebali dengan logo dan slogan baru: TV2 - Saluran Famili Anda menggantikan slogan sebelumnya, Saluran Emas (The Golden Channel). Peluncuran ini dilakukan pada tanggal 20 Agustus 2004, 2 minggu setelah pembaharuan TV 1 oleh Menteri Penerangan Malaysia, Datuk Paduka Abdul Kadir Sheikh Fadzir.

Sebagai sebuah perusahaan penyiaran pemerintah, elemen-elemen seperti seks dan kekerasan akan diawasi. Untuk bersaing dengan saluran televisi swasta yang bertambah, beberapa program baru antara lain Playtime On 2, E-Shoppers, Whassup, dan Elegance On 2 telah diperkenalkan melalui saluran tersebut. Selain itu penonton suku China juga dihidangkan dengan beberapa acara seperti Dim Sum Hour, Gallery Phoenix, dan Chopstick On 2.

Walaupun TV2 lebih komersial, TV2 tetap turut memikul tanggung jawab untuk mempromosikan nilai-nilai kekeluargaan yang tinggi melalui variasi programnya.

Pada tanggal 3 April 2006 pukul 5:55 pagi, RTM2 memulai siaran 24 jam sehari untuk pertama kalinya (kemudian disusul oleh RTM1 pada 21 Agustus 2012), dengan program yang dikhusukan untuk penonton yang bangun pada tengah malam.

RTM1, RTM2 dan 32 stesen radio RTM menyambut 61st Annivesary Bash tahun 2007.

TV Pendidikan juga sebelumnya disiarkan pada hari Rabu dan Kamis pagi hingga petang di RTM2 (1972 hingga 1999).

RTM2 siaran melalui Frekuensi Lebih Tinggi gelombang ke-3, walaupun beberapa tempat di Malaysia menyiarkannya dalam UHF. Di Lembah Kelang, ia dipancarkan dari Menara Kuala Lumpur di saluran VHF 8, dengan siaran lemah dari Gunung Ulu Kali di saluran VHF 10 di beberapa tempat di Lembah Kelang.

Seperti kebanyakan televisi lainnya, TV2 juga mempunyai kontroversi tertentu. Pada tahun 2007, penonton menilai RTM tidak serius menyiarkan F1 (hanya 7 delay dari 17 siaran live). Hak siar ini pun justru dikembalikan kepada TV swasta.

RTM2 juga dapat ditonton di Astro dan MiTV saluran 2.

Acara yang ditayangkan[sunting | sunting sumber]

Logo pertama RTM2
Logo kedua RTM2
Logo ketiga RTM2

Serial drama[sunting | sunting sumber]

  • A.D.A.M
  • Damages
  • Kidnapped

Film[sunting | sunting sumber]

Hiburan[sunting | sunting sumber]

Animasi[sunting | sunting sumber]

Alamat[sunting | sunting sumber]

Jabatan Penyiaran
Kementerian Penerangan Malaysia
Angkasapuri, 50614 Kuala Lumpur, Malaysia
Telepon: 03-22825333

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]