Placebo (band)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Placebo
Molko skirt.jpg
Placebo at the Radar Festival, Zagreb, 2007.
Latar belakang
Asal London, Inggris
Genre Alternative rock, indie rock
Tahun aktif 1994–Sekarang
Label EMI
Virgin Records (current), Hut Records, Caroline Records
Situs web Placeboworld.co.uk
Anggota Brian Molko
Stefan Olsdal
Steve Forrest
Mantan anggota Robert Schultzberg (1994–1996)
Steve Hewitt (1996–2007)

Placebo adalah sebuah band musik rock alternatif yang terbentuk di London, Inggris pada tahun 1994. Band ini sekarang beranggotakan tiga orang, yaitu Brian Molko, Stefan Olsdal dan Steve Forrest. Hingga sekarang, Placebo telah merilis enam album studio, enam EP dan 27 single. Band ini telah meraih penggemar di dunia internasional, telah menjual satu juta album di Inggris[1] dan lebih dari sepuluh juta di seluruh dunia.[2]

Placebo lebih diketahui untuk lagu-lagu hit mereka semisal "Nancy Boy", "Pure Morning", "Every You Every Me", dan "Infra-Red". Gaya mereka berubah-ubah. Album pertama mereka berisi suara-suara mentah dan instrumental yang minimalis, namun album-album selanjutnya memiliki tempo yang lebih lambat, lebih melankolis, dan mulai bereksperimen dengan alat musik yang lebih modern.

Band ini juga telah meraih kepopuleran berkat orientasi seksual dari anggota mereka (Olsday adalah gay dan Molko biseksual). Band ini juga dikabarkan memiliki gaya hidup berlebihan.

Battle for the Sun (2009)[sunting | sunting sumber]

Dalam album ke-6 mereka Battle for the Sun, Placebo nyata-nyata semakin menegaskan jika mereka tak pernah berniat jatuh dalam bujuk rayu definisi musik populer, bahkan di tengah era yang serba pop seperti sekarang.

Hal ini langsung terasa dalam pemilihan sound yang kian berat, dark dan sangat bergantung pada riff-riff berdistorsi Molko. Ditambah lagi dengan kehadiran David Bottrill sebagai produser. Tanpa nama tersebut, Muse, Silverchair, Remy Zero serta Tool mungkin tak akan pernah sukses menterjemahkan aransemen experimental mereka.

Dibuka dengan single berjudul sama dengan album, Battle For The Sun, peran Steve Forrest sebagai drummer baru langsung terasa dengan triplet-triplet ganjilnya yang melatari suara pitch tinggi Molko, sementara Stefan Osdal konsisten dengan flat beat dengan setelan amplifier middle-treble.

Second single For What It's Worth, lebih mengedepankan perpaduan shynthesizer dan Springtime, sebuah eksplorasi sound berani dari Molko, karena Springtime yang merupakan gitar buatan Yuri Landman, masih dalam tahap percobaan, alias eksperimental. Namun hal tersebut tak sia-sia, karena nuansa post-grunge sangat terasa di track nomor empat ini.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Album
Kompilasi

Catatan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]