Permakaman La Recoleta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Permakaman La Recoleta adalah kompleks permakaman di daerah Recoleta, Buenos Aires, Argentina. Beberapa tokoh penting dunia dimakamkan di area ini, yaitu : Evita Peron (mantan Ibu Negara dan pemimpin politik Argentina), Carlos Saavedra Lamas (peraih nobel perdamaian), Isabel Walewski Colonna (cucu dari Napoleon Bonaparte), Luis F. Leloir (peraih nobel di bidang kimia), dan beberapa mantan presiden Argentina. [1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada abad ke-18, biarawan dari Ordo Recoletos datang ke wilayah ini dan mendirikan sebuah biara serta gereja Our Lady of Pilar, yang dibangun tahun 1732. Pada tahun 1822, ordo tersebut dibubarkan dan taman biara dijadikan sebagai kompleks permakaman umum pertama di Buenos Aires. Dulunya, penduduk Buenos Aires yang meninggal akan dimakamkan di bagian bawah tanah gereja. Namun, semakin lama timbul masalah keterbatasan ruangan dan isu kesehatan (higienis). Pada November 1822, Gubernur Martin Rodriguez melarang cara permakaman tradisional dan menghimbau warga untuk menggunakan kompleks permakaman Recoleta. Tata letak dari permakaman tersebut dibuat oleh seorang arsitek Perancis yang bernama Próspero Catelin. pada tahun 1881, Mayor Torcuato de Alvear melakukan renovasi secara menyeluruh dengan dibantu oleh arsitek Italia yang bernama Juan Antonio Burschiazzo.

Pada tahun 1870, ketika terjadi penyebaran demam kuning di Buenos Aires, banyak kalangan atas yang berpindah dari San Telmo dan Montserrat ke Recoleta. Hal ini menjadikan kompleks permakaman Recoleta juga menjadi tempat permakaman kalangan atas dan pemegang kekuasaan di Buenos Aires.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Recoleta Cemetery, Dan Colasimone. Diakses pada 18 Agustus 2013.