Pengorbanan (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pengorbanan (film)
Sutradara Susilo SWD
Produser P. Koesnan
Penulis Etty Sumiati
Pemeran Lenny Marlina
Fadly
W.D Mochtar
Anna Mathovani
Bambang Irawan
Aminah Cendrakasih
Chitra Dewi
Dolf Damora
Moch Mochtar
Maruli Sitompul
A.N. Alcaff
Brigita Maria
Amran S.
Mona
Ishaq Iskandar
Distributor Ceremai Jaya Film
Durasi 107 menit
Negara Indonesia

Pengorbanan adalah film Indonesia yang dirilis pada tahun 1974 dengan disutradarai oleh Susilo SWD. Film ini dibintangi antara lain oleh Lenny Marlina dan Fadly.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Andy (Fadly) seorang pelaut yang berpacaran dengan Lisa (Lenny Marlina), yatim piatu seorang penjaga toko, meski harus menghadapi rintangan laki-laki lain yang juga menyukai Lisa. Ia behenti jadi pelaut dan bekerja di sebuah bengkel, karena Lisa menginginkan dia di darat saja. Ketika adiknya, Santi (Anna Mathovani) yang kena TBC meninggal, Lisa masuk rumah sakit jiwa dan dititipkan di rumah sakit jiwa pimpinan dr. Purnama (WD Mochtar).

Ia terguncang, karena untuk menyelamatkan adiknya itu, ia telah siap berkorban untuk jadi pramuria, meski dilarang Andy. Andy lalu berlayar kembali. Lisa berangsur sembuh dan diminta tinggal di rumah Purnama, karena Lisa mengingatkan akan istrinya yang sudah meninggal. Di situ ia berkenalan dengan Hartono (Bambang Irawan), anak Purnama yang seorang dokter juga yang baru pulang belajar dari luar negeri. Hartono menyatakan cintanya, Lisa menolak.

Ia masih menanti Andy. Keadaan ini berubah ketika Hartono menolongnya dari usaha perkosaan lelaki yang telah dikalahkan Andy dalam sebuah perkelahian memperebutkan Lisa. Ketika Andy pulang dan melihat Lisa sudah menjadi milik orang lain dan sudah punya anak, Andy pada awalnya mendesak Lisa meninggalkan suami dan anaknya. Lisa menolak, maka Andy kembali melaut.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]