Pengisi Baterai Portabel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pengisi baterai portabel adalah sebuah peranti yang digunakan untuk memasukkan energi listrik kedalam baterai yang bisa diisi ulang tanpa harus menghubungkan peranti tersebut pada outlet listrik. Pengisi baterai ini disebut portabel karena berbeda dengan pengisi baterai yang harus dihubungkan pada outlet listrik, pengisi portabel dapat digunakan tanpa harus menghubungkan pada perangkat listrik. Namun pengisi baterai portabel ini memiliki daya tampung energi listrik sehingga ketika daya tersebut telah habis terpakai, energi listrik harus kembali diisi kembali dengan cara menhubungkan kabel dengan outlet lisrtik. Pengisi baterai portabel ini tidak hanya bisa untuk mengisi ulang baterai handphone, tetapi juga dapat mengisi ulang baterai pada perangkat lain seperti iPod, iPad, mp3 player, tablet, dan perangkat lainnya. Cara menggunakan pengisi baterai portabel adalah dengan menghubungkan kabel konektor perangkat dengan pengisi baterai portabel. Kabel konektor yang menghubungkan perangkat dengan pengisi baterai portabel pada satu ujung kabel pengisi baterai portabel seperti penghubung usb yang dicolokkan pada pengisi baterai portabel dan ujung yang lain berbentuk sesuai dengan tempat pengisi perangkat yang disesuaikan.

Kapasitas Daya Pengisi Baterai Portabel[sunting | sunting sumber]

Kapasitas daya pengisi baterai portabel yang ada sangat bermacam-macam. Kapasitas daya pengisi baterai portabel ditunjukkan dengan satuan mAh. Dimulai dari 1000 mAh, 1500 mAh, 2700 mAh, 4000 mAh, 5200 mAh, 6000 mAh, 8000 mAh, 9000 mAh, 12000 mAh, bahkan ada yang hingga 18000 mAh. Pengisi baterai portabel juga memiliki tegangan ouput. Tegangan output standar yang dimiliki oleh pengisi baterai portabel adalah 5V. Namun sebagian besar pengisi baterai portabel yang ada memiliki tegangan output kurang dari 5V .Ada cara yang digunakan untuk memperkirakan daya pengisi baterai portabel yang sesuai dengan daya perangkat yang dipunya sehingga tidak terjadi kesalahan dalam memilih pengisi baterai portabel. Misal, pengisi baterai portabel memiliki kapasitas daya 5200 mAh dengan tegangan output 3,7V. Kapasitas efektif dari pengisi baterai portabel ini adalah: 5200 x (3,7/5) = 3848 mAh. Namun, dengan adanya kemungkinan bahwa perangkat baterai portabel ini kehilangan daya yang dipunya sebanyak 15% atau kehilangan daya sebesar 577,2 mAh, maka kapasitas efektif murni yang dimiliki oleh pengisi baterai portabel adalah: 3848 – 577,2 = 3270,8 mAh [1].

Cara Kerja Pengisi Baterai Portabel[sunting | sunting sumber]

Cara kerja pengisi baterai portabel ini tidak beda jauh dengan cara kerja baterai eksternal pada umumnya. Pengisi baterai portabel harus diisi arus listrik terlebih dahulu dengan mencolokkan kabel dengan outlet listrik, kemudian barulah pengisi baterai portabel dapat digunakan. Untuk mengetahui apakah daya pengisi baterai portabel sudah habis atau belum bisa diketahui dengan lampu indikator yang ada pada pengisi baterai portabel. Lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi arus listrik pada pengisi batere portabel bermacam-macam, tergantung kapasitas daya pengisi baterai portabel tersebut. Semakin besar daya pengisi baterai portabel, maka akan semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk mengisi arus listrik pengisi baterai portabel. Sama seperti waktu yang dibutuhkan oleh pengisi baterai portabel, lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi suatu perangkat tergantung dari kapasitas daya yang dimiliki oleh suatu perangkat tersebut.

Penggunaan Pengisi Baterai Portabel[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa cara yang digunakan agar pengisi baterai portabel dapat bertahan lama sehingga tidak cepat rusak. Cara-cara tersebut adalah:

  • Selalu Mengisi Penuh Pengisi Baterai Portabel

Setiap kali mengisi pengisi baterai portabel dengan arus listrik, usahakan agar diisi dulu sampai lampu indikator menunjukkan kondisi pengisi baterai portabel dalam keadaan penuh, lalu kemudian mencabut kabel outlet listrik.

  • Membatasi Frekuensi Senter

Sebaiknya hanya menggunakan pengisi baterai portabel hanya dalam keadaan darurat. Gunakan pengisi baterai biasa untuk mengisi baterai perangkat jika memang tersedia outlet listrik, karena pada umumnya pengisi baterai portabel memiliki jumlah pengisian arus listrik yang terbatas. Artinya, dalam beberapa kali pengisian arus listrik, maka pengisi baterai portabel ini akan menurun kinerjanya.

  • Hindari Pengisi Baterai Portabel dari Suhu Ekstrim

Baterai yang terdapat pada pengisi baterai portabel sangat sensitif terhadap suhu. Membawa pengisi baterai portabel pada suhu yang ekstrim, baik suhu yang panas maupun suhu yang dingin, dapat membuat baterai yang terdapat pada pengisi baterai portabel menjadi cepat habis dan menjadi sering untuk dilakukan pengisian ulang arus listrik.

  • Hindari Pengisi Baterai Portabel Terjatuh

Bahan baterai di dalam pengisi baterai portabel sangat rentan terhadap benturan keras. Sama seperti pada elemen yang terdapat pada aki, benturan keras yang terjadi memungkinkan menurunnya daya tampung baterai dalam pengisi baterai portabel.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Pada Pengisi Baterai Portabel[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa hal yang perlu diperhikan pada pengisi baterai portabel, yaitu:

  • Mengetahui Kebutuhan Tegangan Output Perangkat

Pengisi baterai portabel yang dipilih harus memiliki tegangan output yang sama atau lebih besar daripada perangkat yang dimiliki. Kalau salah memilih, pengisi baterai portabel bukannya dapat mengisi baterai perangkat malah justru akan menyedot daya perangkat sampai habis. Cara mengetahui daya pengisi baterai portabel adalah dengan melihat spesifikasi tekniknya.

  • Ukuran dan Berat Pengisi Baterai Portabel

Ukuran baterai berbanding lurus dengan kapasitas baterai. Jadi, semakin besar ukuran baterai, makan semakin besar pula kapasitas daya yang terdapat pada baterai suatu perangkat. Hal ini sama seperti pengisi baterai portabel, semakin besar kapasitas daya, semakin besar ukuran pengisi baterai portabel tersebut.

  • Fitur Pengisi Baterai Portabel yang Disediakan

Fitur yang disediakan oleh pengisi baterai portabel adalah seperti jumlah port output USB untuk mengisi baterai, besaran arus yang keluar dari port USB, dan jumlah konektor yang disediakan dari pengisi baterai portabel. Besarnya arus yang keluar dari outpur port USB akan memudahkan untuk memperkirakan back up power yang dibutuhkan untuk suatu perangkat. Jumlah port yang lebih dari satu akan memudahkan seseorang untuk mengisi baterai lebih dari satu perangkat.

  • Safety Protection

Safety protection pada pengisi baterai portabel sangat penting untuk diperhatikan, karena kalau tidak diperhatikan dengan baik maka akan menimbulkan akibat yang fatal. Karena jika suatu pengisi baterai portabel tidak memiliki safety protection, maka besar kemungkinan untuk pengisi baterai portabel tersebut untuk meledak.

  • Model, Desain, dan Warna Pengisi Baterai Portabel

Pilihan model, desain, dan warna ini sangat subjektif tergantung selera dari masing-masing orang. Model dan desain pengisi baterai portabel juga ada yang besar dan ada yang kecil, tergantung kebutuhan dan selera setiap orang dalam memilih.

  • Konektor

Banyak pengisi baterai portabel yang menyediakan berbagai jenis konektor. Perlu diperhatikan apakah konektor tersebut dapat membuat perangkat menjadi cepat rusak atau memperpendek umur perangkat tersebut. Sehingga, lebih disarankan untuk menggunakan kabel data bawaan yang disediakan dari perangkat itu sendiri karena lebih aman dan lebih daya output yang stabil dibandingkan dengan konektor yang disediakan pengisi baterai portabel.

  • Garansi

Sebaiknya mencari garansi yang diberikan pengisi baterai portabel minimum satu tahun.

  • Harga

Untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan, sebaiknya mencari pengisi baterai portabel dengan harga yang sesuai. Jangan membeli pengisi baterai portabel yang murah namun memiliki kualitas yang tidak baik [2].

Merek Pengisi Baterai Portabel[sunting | sunting sumber]

Pengisi baterai portabel memiliki beberapa merek tertentu yaitu:

Probox[sunting | sunting sumber]

Memiliki 3 kapasitas daya mulai dari 5200 mAh (single Output), 7800 mAh, dan 10400 mAh (dual Output)

Cooler Master[sunting | sunting sumber]

Memiliki lima kapasitas daya mulai dari 1450 mAh yang khusus digunakan untuk iPhone, 1500 mAh, 2700 mAh, 5600 mAh, dan 6600 mAh.

Energizer[sunting | sunting sumber]

Memiliki 6 kapasitas daya mulai dari 1000 mAh, 1500 mAh (khusus untuk iPhone 4 dan iPhone 4s), 2000 mAh, 4000 mAh, 8000 mAh, dan 18000 mAh.

Just Mobile[sunting | sunting sumber]

Memiliki 2 kapasitas daya sebesar 2200 mAh dan 5200 mAh.

Eneloop[sunting | sunting sumber]

Memiliki kapasitas daya sebesar 5000 mAh.

Huntkey[sunting | sunting sumber]

Memiliki 6 kapasitas daya mulai dari 2000 mAh, 2800 mAh, 3500 mAh, 4400 mAh, 5200 mAh, 6000 mAh.

Optimuz[sunting | sunting sumber]

Memiliki 3 kapasitas daya sebesar 6600 mAh, 9000 mAh, 12000 mAh

Mili[sunting | sunting sumber]

Memiliki 11 kapasitas daya mulai dari 500 mAh, 1200 mAh, 2000 mAh, 2200 mAh, 2400 mAh, 3000 mAh, 3100 mAh, 4000 mAh, 5000, mAh, 8000 mAh, dan 18000 mAh.

Yoobao[sunting | sunting sumber]

Memiliki 5 kapasitas daya mulai dari 5000 mAh, 7800 mAh, 8800 mAh, 10400 mAh, dan 13000 mAh

Vivan (sebelumnya bernama Watson)[sunting | sunting sumber]

Memiliki 8 kapasitas daya mulai dari 1500 mAh, 3500 mAh, 4400 mAh, 5600 mAh, 7000 mAh, 8000 mAh, 8400 mAh, dan 11000 mAh.

Anker[sunting | sunting sumber]

Memiliki 5 kapasitas daya mulai dari 2600 mAh, 3200 mAh, 5600 mAh, 8400 mAh, dan 10000 mAh.

Powergen[sunting | sunting sumber]

Memiliki 2 kapasitas daya sebesar 6000 mAh dan 12000 mAh.

Gadmei[sunting | sunting sumber]

Memiliki kapasitas daya sebesar 5200 mAh.

Joway[sunting | sunting sumber]

Memiliki 4 kapasitas daya mulai dari 11200 mAh, 12000 mAh, 13000 mAh, dan 15000 mAh.

X-Gad[sunting | sunting sumber]

Memiliki 3 kapasitas daya mulai dari 5200 mAh, 6600 mAh dan 7800 mAh. Fitur utamanya adalah menggunakan Samsung Cell Battery.

Kelebihan dan Kekurangan[sunting | sunting sumber]

Selain itu, pengisi baterai portabel juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan pengisi baterai portabel. Kelebihan yang pertama yang terdapat pada pengisi baterai portabel adalah pengisi baterai portabel pada umumnya memiliki kapasitas daya yang besar sehingga memungkinkan proses pengisian baterai pada suatu perangkat berlangsung lebih cepat. Kelebihan yang kedua adalah pengisi baterai portabel bersifat universal, artinya dengan menggunakan port micro USB ataupun mini USB dapat menyuplai energi listrik pada beberapa perangkat. Namun, pengisi baterai portabel juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan pertama, tidak jarang pengisi baterai portabel membuat umur baterai perangkat menjadi lebih singkat karena ukuran tegangan yang tidak sesuai antara pengisi baterai portabel dengan tegangan baterai perangkat. Kekurangn kedua, harga pengisi baterai portabel yang masih relatif terlalu mahal. Kekurangan ketiga, bobot pengisi baterai yang relatif berat. Kekurangan keempat, pengisi baterai portabel yang juga harus diisi dengan arus listrik terlebih dahulu.

Pengisi Baterai Portabel di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Pengisi baterai portabel di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Power Bank. Banyak orang-orang di Indonesia menggunakan Power Bank saat ini karena dianggap lebih praktis, dapat dipakai dimana saja dan kapan saja, serta saat ini Power Bank sedang menjadi trend di Indonesia. Banyak orang-orang di Indonesia yang terpengaruh dan akhirnya memilih untuk menggunakan produk Power Bank. Power Bank juga dapat dibeli di toko-toko perangkat handphone. Namun penjualan Power Bank lebih populer ditemukan melalui perdagangan elektronik.--FDM

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://ponselmu.com/hitung-kemampuan-portable-charger/
  2. ^ http://www.ciungtips.com/2013/02/tips-memilih-power-bank-bagi-smartphone.html

Berburu "Power Bank" di Indocomtech 2012, diakses 2013-04-02 

Plus-Minus Power Bank dan Baterai Cadangan, diakses 2013-04-02 

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan pada Portable Charger Power Bank (1), diakses 2013-04-02