Pengakuan Iman Khalsedon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pengakuan Khalsedon)
Langsung ke: navigasi, cari

Pengakuan Khalsedon atau Kredo Khalsedon atau Definisi Khalsedon adalah sebuah kredo Kristen yang berisi pengakuan terlengkap mengenai Pribadi Kristus. Kredo ini disusun pada Konsili Khalsedon pada tahun 451.

Isi[sunting | sunting sumber]

Dengan meneladani para Bapa suci, kami sepenuhnya mengajarkan dan mengakui sang Putera yang satu dan sama, Tuhan kita Yesus Kristus: yang sempurna dalam keilahian dan sempurna dalam kemanusiaan yang sama, yang adalah Allah sejati dan manusia sejati yang sama, yang terdiri atas tubuh dan jiwa yang rasional; yang sehakikat (konsubstansial) dengan Sang Bapa dalam keilahian-Nya dan sehakikat dengan kita dalam kemanusiaan-Nya; "sama seperti kita dalam segala hal kecuali dalam hal dosa." Ia keluar dari Sang Bapa sebelum segala zaman dan pada hari-hari terakhir ini, demi kita dan demi keselamatan kita, dilahirkan dalam kemanusiaan-Nya dari Perawan Maria, Bunda Allah.
Kami mengakui bahwa Kristus, Tuhan, dan Putera tunggal yang satu dan sama itu, dikenal dalam dua hakikat tanpa kekacauan, perubahan, pemilah-milahan, atau pemisahan. Perbedaan antar hakikat tidak dihilangkan oleh kebersatuannya, akan tetapi karakter masing-masing dari kedua hakikat itu terlestarikan karena keduanya berada dalam satu pribadi (prosopon) dan satu hypostasis.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]