Pembuka makanan kaleng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pembuka makanan kaleng

Pembuka makanan kaleng adalah alat untuk membuka tutup makanan kaleng. Pembuka kaleng terdiri dari berbagai model, mulai dari alat sederhana berupa pisau berpengait, alat dengan roda pisau dan tuas pemutar, hingga alat bertenaga listrik atau baterai.

Bagian kaleng yang dipotong adalah pinggiran tutup kaleng di bagian atas. Tutup kaleng jatuh ke dalam makanan bila pinggiran tutup kaleng dipotong sampai habis. Walaupun lebih jarang dijumpai, di pasaran tersedia alat pembuka kaleng dengan prinsip berbeda. Alat tersebut memotong pinggiran tutup kaleng di bagian samping, sehingga tutup kaleng tetap berada di tempat walaupun sudah terbuka.[1]

Alat pembuka kaleng untuk orang kidal memiliki tuas pemutar yang bisa digerakkan dengan tangan kiri. Alat pembuka kaleng yang berbentuk seperti kunci digunakan untuk membuka kaleng dengan perforasi seperti kaleng untuk daging kornet.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sewaktu Peter Durand menciptakan makanan kaleng pada tahun 1810, kaleng dibuat dari besi yang begitu berat, dan harus dibuka dengan palu dan pahat. Di medan perang, ransum berupa makanan kaleng dibuka dengan menggunakan bayonet. Sebelum alat pembuka kaleng diciptakan, pisau dan bayonet sering rusak karena dimanfaatkan sebagai pembuka kaleng.

Pada tahun 1858, Ezra Warner dari Waterbury, Connecticut mendapat hak paten untuk alat pembuka kaleng ciptaannya. Alat tersebut merupakan perpaduan dari sebuah bayonet dan sebuah pisau melengkung berbentuk sabit. Pada tahun 1870, William Lyman menciptakan alat pembuka kaleng dengan roda berpisau yang bisa diputar. Tutup kaleng masih harus ditusuk, dan roda pisau digerakkan mulai dari bagian tutup kaleng yang sudah terbuka.

Pada tahun 1925, perusahaan Star Can asal San Francisco, California menambah sebuah roda bergerigi yang bisa diputar pada alat pembuka kaleng ciptaan Lyman. Roda bergerigi berada di bagian bawah roda pisau, dan bergerak berlawanan arah dengan roda pisau. Prinsip yang sama dipakai pada alat pembuka kaleng bertenaga listrik yang mulai dijual pada tahun 1931. Alat pembuka kaleng otomatis mulai banyak tersedia sejak tahun 1960-an. Motor listrik memutar roda pisau di sekeliling pinggiran tutup kaleng, dan motor berhenti bila kaleng sudah terbuka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ William K. Wenger. "Can opener". Diakses 4 Agustus.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]