Gelandang (sepak bola)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pemain tengah)
Langsung ke: navigasi, cari
Posisi gelandang dalam permainan sepak bola (warna biru)

Dalam sepak bola, seorang pemain tengah atau gelandang adalah seorang pemain yang posisinya berada di antara para penyerang dan para bek (ditandai dengan bulatan biru pada gambar sebelah kanan). Fungsi utama mereka adalah mendapatkan dan menjaga penguasaan bola, serta memberikan bola kepada para penyerang. Namun ada juga gelandang yang tugasnya lebih bertahan, dan ada pula yang posisinya hampir seperti seorang penyerang.

Seorang gelandang mempunyai tugas-tugas yang penting: menerima bola yang ditujukan ke depan, bertahan atau melakukan tekel (tackle) terhadap pemain lawan, mencetak atau membantu menciptakan sebuah gol, sehingga mereka sering dianggap sebagai anggota terpenting dalam sebuah tim. Kebanyakan mengkhususkan diri dalam suatu keahlian atau yang lainnya.

Para gelandang biasanya menghabiskan paling banyak tenaga dalam suatu pertandingan karena jarak yang mereka tempuh dalam suatu lapangan.

Posisi Gelandang[sunting | sunting sumber]

Gelandang serang[sunting | sunting sumber]

Gelandang serang adalah pemain yang bertugas membantu penyerangan, tugas utamanya untuk mendukung para penyerang dengan umpan-umpan jitu. Gelandang serang merupakan motor serangan tim dan diharapkan mempunyai teknik tinggi untuk mendukung tugasnya.

Gelandang bertahan[sunting | sunting sumber]

Gelandang bertahan adalah pemain yang berposisi di depan pemain belakang untuk mendukung lini pertahanan dengan cara menahan laju bola di lapangan tengah maupun menjaga pemain lawan sehingga lawan tidak leluasa menyerang.

Gelandang sayap[sunting | sunting sumber]

Posisi ini merupakan pemain gelandang yang memainkan peran disisi lapangan. Biasanya menyisiri sisi lapangan dan memberi umpan silang pada penyerang.

Playmaker[sunting | sunting sumber]

Pemain ini merupakan pengatur permainan dalam tim, yang lebih sering mengatur alur serangan. Namun tidak semuanya merupakan gelandang serang, sejak Andrea Pirlo ditempatkan sebagai gelandang bertahan (deep-playmaker), posisi ini menjadi lebih bervariasi.

Gelandang terkenal[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]