Paus Shenouda III dari Aleksandria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Paus Shenouda III)
Langsung ke: navigasi, cari
Paus Shenouda III di 2009

Paus Shenouda III (lahir dengan nama Nazeer Gayed di Asyut, Mesir Hulu, Mesir, 3 Agustus 1923 – meninggal di Kairo, Mesir, 17 Maret 2012 pada umur 88 tahun) adalah Paus Aleksandria dan Patriarkh Takhta Suci dan Rasuli dari St. Markus Penginjil ke-117 dari Gereja Ortodoks Koptik. Nazeer Gayed adalah lulusan dari Universitas Kairo dan Seminari Ortodoks Koptik. Ia menjadi biarawan dengan nama Rm. Antonyos (Antonius) El-Souryani setelah masuk ke Biara Suriah Perawan Maria Bunda Allah. Kemudian ia ditahbiskan menjadi imam. Paus Kirilos VI memanggil Rm. Antonious ke Patriarkhat dan di sana ia ditahbiskan menjadi Uskup untuk Pendidikan Kristen dan Dekan Universitas Teologi Ortodoks Koptik, dan setelah itu ia mengambil nama Shenouda.

Ia telah melayani sebagai Paus Aleksandria sejak 14 November 1971, memimpin Gereja Ortodoks Koptik yang meluas ke seluruh dunia. Pada masa jabatannya sebagai paus, Paus Shenouda III untuk pertama kalinya mengangkat Uskup-uskup pertama untuk memimpin keuskupan-keuskupan yang berada di Amerika Utara yang kini terdiri atas lebih dari seratus Gereja, dari hanya empat Gereja pada 1971, serta Uskup-uskup pertama di Australia serta Gereja-gereja Koptik pertama di Amerika Selatan.

Ia terkenal karena komitmennya terhadap keesaan Kristen dan, sejak tahun 1970-an, ia telah menganjurkan dialog antar-denominasi Kristen.

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Shenouda dilahirkan pada 3 Agustus 1923 di Asyut, Mesir Hulu sebagai anak bungsu dari delapan bersaudara. Pada usia 16 tahun, Shenouda telah aktif dalam gerakan Sekolah Minggu Koptik.

Ia sangat aktif di gerejanya dan melayani sebagai guru Sekolah Minggu, pertama-tama di Gereja St. Antonius di Shoubra dan kemudian di Gereja St. Maria di Mahmasha.

Setelah lulus dari Universitas Kairo dengan gelar dalam sejarah, ia bekerja sebagai seorang guru bahasa Inggris dan Ilmu-ilmu Sosial di sebuah SMA di Kairo di siang hari, dan mengambil kelas di Seminari Teologi Koptik di malam hari. Setelah lulus dari seminari pada 1949, ia terpilih untuk mengajar studi Perjanjian Baru.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Kirilos VI
Paus Gereja Ortodoks Koptik
19712012
Diteruskan oleh:
Theodoros II