Tas kertas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Paper Bag)
Langsung ke: navigasi, cari
Tas kertas

Tas Kertas adalah salah satu jenis kantong atau alat yang digunakan sebagai tempat barang yang bisa dibawa untuk memindahkan suatu benda.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mesin Tas kertas pertama dipatenkan oleh Francis Wolle pada tahun 1852..[1][2] Margaret E. Knight (1838-1914) adalah seorang karyawan di sebuah pabrik kantong kertas ketika ia menemukan bagian mesin baru untuk membuat dasar persegi untuk kantong kertas. Knight dapat dianggap sebagai ibu dari tas belanjaan, ia mendirikan Perusahaan Tas kertas Timur pada tahun 1870. Pada tanggal 20 Februari 1872, Luther Crowell juga mematenkan mesin yang diproduksi kantong kertas.[3]

Bahan[sunting | sunting sumber]

Tas kertas terbuat dari kertas art carton atau bisa juga kertas kraft. Tas kertas yang terbuat dari art carton lebih keras dan tebal. Sedangkan tas kertas yang terbuat dari kertas kraft lebih tipis.

Fungsi lain[sunting | sunting sumber]

Tas kertas atau biasa disebut kantong belanja sekarang tidak hanya berfungsi sebagai kertas pembungkus saja. Ada sisi lain yang menjadi nilai tambah bagi konsumen, yaitu penampilan. Penampilan yang bagus dan unik untuk sebuah tas kertas merupakan sebuah keuntungan dari segi promosi. Konsumen diharapkan akan selalu mengingat produk yang dijual dengan mencantumkan nama dan logo perusahaan pada tas kertas tersebut.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Paper bag history". Diakses 6 Maret 2013. 
  2. ^ "Patent US9355". Diakses 6 Maret 2013. 
  3. ^ Petroski, Henry (2004). Small things considered. New York: Vintage. hlm. 106. ISBN 1-4000-3293-8.