Adiwira

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pahlawan super)
Superman adalah salah satu adiwira yang paling banyak dikenal.

Adiwira[1], adisatria, pahlawan super (Inggris: superhero), atau adiwirawati (Inggris: superheroine) adalah tokoh fiksi yang memiliki kekuatan luar biasa untuk melakukan tindakan hebat untuk kepentingan umum.[2] Adiwira memiliki kemampuan atau kesaktian di atas rata-rata manusia, memakai pakaian yang khas dan mencolok serta nama yang khas, dan digambarkan sebagai penolong bagi yang lemah dalam membasmi kejahatan.

Tokoh pahlawan lain yang tidak memiliki kekuatan super juga dapat disebut adiwira dan istilah pembasmi kejahatan berkostum sering dipakai untuk adiwira yang tidak mempunyai kekuatan super.[3]

Adiwira pertama adalah Phantom yang diciptakan oleh Lee Falk, terbit di komik strip koran harian strip pada 17 Februari 1936, kemudian dikuti oleh Sunday Strip pada 28 May 1939, kedua koran tersebut hingga kini tetap berjalan.

Sejak kemunculan Superman di komik Amerika Serikat tahun 1938, karakter-karakter bertema hampir sama bermunculan. Tidak hanya di Amerika tetapi juga di negara-negara yang terpengaruh budaya populer Amerika terutama budaya komik.

DC dan Marvel pahlawan super awal asli termasuk Superman, Batman, Wonder Woman, Spider-Man dan Hulk.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]