Notula

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Notulen)
Contoh sebuah notula, yakni notula Rapat Pendahuluan Komite Dana Bantuan Gempa Hawkes Bay tahun 1931

Notula (atau notulen dan risalah rapat) adalah catatan tertulis dari sebuah rapat atau dengar pendapat. Dalam catatan ini, dipaparkan mengenai kegiatan yang dilakukan dan dapat pula dipaparkan mengenai pihak yang hadir dalam kegiatan, daftar masukan dan pendapat dari masing-masing pihak, dan rencana tindak lanjut dari kegiatan yang telah dilaksanakan.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Dalam bahasa Inggris, istilah "minutes" untuk notula mungkin berasal dari frasa Latin minuta scriptura (bermakna "catatan kecil") yang berarti "catatan kasar".[1]

Pembuatan[sunting | sunting sumber]

Notula dibuat selama rapat oleh juru ketik atau reporter pengadilan, yang dapat menggunakan notasi steno dan kemudian menyiapkan notula dan menerbitkannya kepada para peserta setelah rapat dilaksanakan. Sebagai alternatif, rapat dapat direkam dengan suara, video, atau sekretaris kelompok yang ditunjuk atau yang ditugaskan secara informal yang membuat catatan, dengan notula yang disusun kemudian. Banyak instansi pemerintah menggunakan perangkat lunak yang dimiliki untuk merekam dan menyiapkan semua notula secara real-time.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Minutes". etymonline.com. Diakses tanggal 15 June 2019.