Mocha, Yaman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mocha
Mocha is located in Yaman
Mocha
Lokasi di Yamann
Koordinat: 13°19′LU 43°15′BT / 13,317°LU 43,25°BT / 13.317; 43.250
Negara  Yemen
Provinsi Kegubernuran Ta'izz
  16,794

Mocha atau Mokha ( bahasa Arab : المخا al-Mukha ) adalah sebuah kota pelabuhan Laut Merah di pantai Yaman. Sebelumya Mocha adalah pelabuhan utama untuk ibukota Yaman Sana'a sampai kemudian Aden dan Hodeida menggantikannya pada abad ke-19. Kota ini terletak di ketinggian 12 meter di atas permukaan laut dan memiliki kepadatan sekitar 10.000 penduduk.

Istilah Mochacino dan Café mocha mengambil nama dari kota pesisir ini , yang pada abad kelima belas adalah eksportir utama kopi ke daerah-daerah di sekitar Semenanjung Arab.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Mocha adalah pelabuhan penting untuk perdagangan dengan India karena terhubung dengan Samudera Hindia[1]. Di Eropa, Mocha terkenal karena menjadi pasar utama kopi dari abad ke-15 sampai abad ke-17. Bahkan setelah sumber-sumber lain dari varian kopi yang ditemukan, kacang Mocha (juga disebut Mocha Sanani ,yang berarti kacang-kacangan dari Sana'a ) terus menjadi barang berharga untuk cita rasa khas sampai saat ini.[2].

Menurut Jesuit dan wisatawan Jeronimo Lobo , yang mengarungi Laut Merah pada tahun 1625, Mocha adalah kota perdagangan terbatas tapi karena "asumsi Turki kekuasaan seluruh Arabia , telah menjadi kota utama wilayah itu di bawah dominasi Turki , meskipun itu bukan kediaman Pasha." Lobo menambahkan bahwa pentingnya sebagai pelabuhan karena aturan Ottoman mewajibkan semua kapal yang memasuki Laut Merah harus bersandar di Mocha dan membayar uang kewajiban kargo ke mereka[3].

Situasi saat ini[sunting | sunting sumber]

Saat ini Mocha tidak lagi digunakan sebagai jalur perdagangan utama. Sektor ekonomi lokal saat ini didominasi sektor perikanan dan sektor pariwisatal dengan jumlah kecil. Sekarang Mocha menjadi kota kecil secara resmi dipindahkan 3 kilometer (1,9 mil) ke barat sepanjang pantai Laut Merah untuk mengakomodasi bangunan dan pembuatan beberapa jalan raya pesisir.

Rumah-rumah besar yang tidak dihuni secara bertahap dimakan pasir dari gurun Tihama. Sisa-sisa mercusuar tua, dan sisa-sisa dekorasi dinding untuk rumah-rumah pedagang tua dan menara putih Masjid Agung abad ke 15 masih layak dilihat sebagai obyek wisata.Pada sensus 1994, populasi 10.355. Untuk sensus 2005 populasi 14.562 penduduk . Dua kilometer selatan kota, pelabuhan industri kecil telah dibuat yang menghubungkan dengan Djibouti dan Berbera.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Roberts, Edmund (1837). Embassy to the Eastern Courts of Cochin-China, Siam, and Muscat. New York: Harper & Brothers. hlm. 346. 
  2. ^ "Yemen coffee, pearls upon trees". Yemen Times. Diakses 4 August 2011. 
  3. ^ Donald M. Lockhart, translator, The Itinerário of Jerónimo Lobo (London: Hakluyt Society, 1984), p.88

Bacaan[sunting | sunting sumber]

Diterbitkan abad ke 19
  • William Milburn (1813), "Mocha", Oriental Commerce, London: Black, Parry & Co., OCLC 6856418 
  • Jedidiah Morse; Richard C. Morse (1823), "Mocha", A New Universal Gazetteer (ed. 4th), New Haven: S. Converse 

Lihat juga[sunting | sunting sumber]