Millwall Lionesses LFC

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Millwall Lionesses L.F.C.)
Millwall Lionesses W.F.C.
Nama lengkapMillwall Lionesses
Football Club
JulukanThe Lionesses (si singa betina)
Berdiri1973; 51 tahun lalu (1973)
StadionSt Paul's Sports Ground, Rotherhithe
LigaLiga Regional London dan Tenggara
Situs webSitus web resmi klub
Kostum kandang
Kostum tandang

Millwall Lionesses Football Club adalah klub sepak bola wanita asal Inggris yang berbasis di Rotherhithe, London Tenggara, dan bermain di Liga Regional London dan Bagian Tenggara, kasta kelima di sepak bola wanita Inggris.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada masa pembentukannya, klub ini adalah klub yang berdiri sendiri. Dibentuk pada tahun 1973 oleh sekelompok wanita dan menjadi klub wanita pertama yang terafiliasi dengan klub sepak bola profesional pria, Millwall F.C.. Klub ini menjadi pionir "sepak bola dengan skema komunitas". Pada pertengahan 1980-an, Millwall F.C. mengintegrasikan klub mereka dengan Millwall Ladies F.C. sebagai upaya untuk mengurangi hooliganisme dan rasisme dengan menjadikan klub ini sebagai proyek sosial mereka.[2] Pada tahun 2014, Millwall Lionesess menjadi salah satu klub pendiri FA WSL 2 yang merupakan kasta kedua di sepak bola Inggris.[3] Pada Mei 2019, setelah Kejuaraan Wanita FA (sebelumnya bernama FA WSL 2) musim 2018–2019 berakhir, Lionesses terpisah dengan Millwall F.C. dan membentuk klub baru bernama London City Lionesses.[4] Federasi sepak bola wanita Inggris memberikan lisensi klub kepada klub baru sehingga bisa berkompetisi di kompetisi kasta kedua, sedangkan Millwall Lionesses bermain di kasta terbawah. Klub ini kemudian dioperasikan oleh Millwall Community Trust dan bermain di Liga Wanita Regional Timur.[1][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Millwall Lionesses (6 Agustus 2019). "Millwall Lionesses announce Colin Reid as new manager" (dalam bahasa Inggris). Millwall FC. Diakses tanggal 18 Agustus 2019. 
  2. ^ Davies, John (22 September 2007). "Football gets a kick start" (dalam bahasa Inggris). Times Educational Supplement. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 September 2013. Diakses tanggal 19 Mei 2012. "The mid-80s was a violent era, and the club was desperate to get away from its (fans') racist image and really take the club back to the local community," recalls Hicks. 
  3. ^ FA WSL (5 September 2018). "CLUB TIMELINE" (dalam bahasa Inggris). FA WSL. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-08. Diakses tanggal 2022-07-26. 
  4. ^ a b Millwall FC (15 Mei 2019). "Club Statement: Millwall Lionesses" (dalam bahasa Inggris). Millwall FC. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]