Daring dan luring

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Luring)

Daring (Inggris: online) dan luring (Inggris: offline) memiliki beberapa makna tertentu dalam bidang ilmu komputer dan telekomunikasi. Dalam istilah modern yang biasa merujuk pada sambungan internet dan jejaring komputer,[1] "daring" merujuk pada keadaan koneksi yang terhubung, sementara "luring" merujuk pada keadaan koneksi yang terputus. Dalam istilah yang kurang umum, daring juga dapat diartikan sebagai perangkat atau peralatan yang terhubung pada suatu sistem atau yang siap untuk digunakan.

Konsep ini telah mendapat perluasan makna ke dalam bidang interaksi manusia dan percakapan, sementara luring digunakan sebagai lawan dari kegiatan yang memenuhi konsep daring. Misalnya, bahasan yang terjadi selama sebuah pertemuan niaga dapat dikatakan sebagai keadaan "daring", sementara isu-isu yang tidak berhubungan dengan semua peserta pertemuan dilakukan secara "luring", yaitu dilanjutkan di luar pertemuan.

Saat ini, istilah daring dan luring semakin mengalami perluasan makna. Sebagai contoh dalam dunia pembelajaran, daring diartikan sebagai kegiatan belajar mengajar lewat metode interaktif berdasarkan internet seperti penggunaan aplikasi Zoom, Google Meet, dan sebagainya. Sebaliknya istilah belajar luring, diartikan sebagai belajar mengajar secara konvensional atau bertatap muka di kelas.[2]

Padanan istilah bahasa Indonesia[sunting | sunting sumber]

  • Online: daring,[3][4] dalam jejaring, dalam jaringan,[3][4] terhubung,[5] tersambung,[5] sambung jaring.[6]
  • Offline: luring,[3] luar jejaring, luar jaringan,[3] terputus,[5][7] putus jaring.[8]

Definisi standar[sunting | sunting sumber]

Dalam teknologi komputer dan telekomunikasi, daring dan luring didefinisikan oleh federal Standard 1037C. Mereka mendefinisikannya sebagai keadaan atau kondisi dari "perangkat atau peralatan" atau dari "unit eksekusi". Untuk mempertimbangkan apakah berstatus daring, harus memenuhi salah satu kriteria perangkat:

  • Di bawah kendali langsung dari perangkat lain
  • Di bawah kendali langsung dari sistem yang berkaitan
  • Tersedia untuk segera digunakan pada permintaan oleh sistem tanpa campur tangan manusia
  • Terhubung ke sistem, dan dalam operasi
  • Fungsional dan siap untuk layanan

Sebaliknya, sebuah perangkat yang sedang luring tidak memenuhi satupun dari kriteria tersebut (misalnya, sumber listrik utama terputus atau dinonaktifkan, atau disebut off-power).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Abdi, Husnul (2020-11-12). Kinapti, Tyas Titi, ed. "Arti Daring dan Luring dalam Pembelajaran, Kenali Jenisnya". Liputan6.com. Diakses tanggal 2021-06-29. 
  2. ^ Fimela.com (2021-05-21). "Memahami Arti Daring dan Luring, Cari Tahu Bedanya di Sini". fimela.com. Diakses tanggal 2021-06-29. 
  3. ^ a b c d (Indonesia) anz (2 Juni 2015 (2015-06-02)). "Padanan Istilah Online dan Offline". Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Diakses tanggal 5 April 2021 (2021-04-05). Dalam bahasa Indonesia istilah online dipadankan menjadi dalam jejaring (daring), yaitu perangkat elektronik yang terhubung ke jejaring internet. Sedangkan istilah offline dipadankan menjadi luar jejaring (luring) yaitu tidak terhubungnya perangkat elektronik ke jejaring internet. 
  4. ^ a b (Indonesia) Glosarium Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia "Entri lema daring". Diakses tanggal 2020-04-4. 
  5. ^ a b c Panduan Pembakuan Istilah, Pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2001 Tentang Penggunaan Komputer Dengan Aplikasi Komputer Berbahasa Indonesia
  6. ^ (Indonesia) Glosarium Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia "Entri lema sambung jaring". Diakses tanggal 2020-04-4. 
  7. ^ (Indonesia) Glosarium Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia "Entri lema terputus". Diakses tanggal 2020-04-4. 
  8. ^ (Indonesia) Glosarium Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia "Entri lema putus jaring". Diakses tanggal 2020-04-4.