Lialis burtonis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Lialis burtonis
Lialis burtonis indonesia.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Upafilum: Vertebrata
Kelas: Reptilia
Ordo: Squamata
Upaordo: Lacertilia
Famili: Pygopodidae
Genus: Lialis
Spesies: L. burtonis
Nama binomial
Lialis burtonis
(Gray, 1835)

Lialis burtonis (disebut juga legless lizard yang berarti kadal tanpa kaki) adalah salah satu jenis kadal. Kadal ini tidak memiliki kaki, dan panjangnya dapat mencapai 60 cm. Kadal ini ditemukan di Papua dan Australia.[1]

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Lialis burtonis sangatlah jinak, meski tampak seperti ular, ia tidak agresif. Hewan ini tidak bisa melilit dahan seluwes ular pada umumnya, ciri lain hewan ini ialah memiliki kelopak mata sehingga hewan ini bisa berkedip, sedangkan ular tidak.

Di toko hewan Indonesia, kadal ini sering disebut ular pensil atau kadal pensil, karena bila diluruskan bentuk tubuh dan kepalanya yang lancip seperti pensil. Punggungnya memiliki warna cokelat dengan beberapa garis gelap memanjang.

Pemeliharaan[sunting | sunting sumber]

Kandang yang digunakan untuk memelihara L. burtonis sama persis seperti ular, bisa menggunakan container plastik atau akuarium kaca. Panjang kandang yang ideal adalah sama dengan panjang tubuhnya.

Alas kandang bisa menggunakan media cocopeat, yang paling mudah adalah serutan kayu atau sobekan koran. Sediakan rumah-rumahan juga untuk tempat bersembunyi dan tempat minum.[2]

Kadal ini perlu berjemur untuk menyeimbangkan metabolisme-nya, paling tidak dua kali dalam seminggu. Saat terbaik untuk berjemur adalah pagi hari, saat matahari tak terlalu terik.

Pakan[sunting | sunting sumber]

Lialis burtonis hasil tangkapan di Indonesia, diberi makan cengkerik, cicak, lalat, ulat hongkong, dan ulat bambu . Hewan ini minum dengan cara menjulurkan lidah ke genangan air.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [Gray, John Edward, 1831, The Zoological Miscellany, Treuttel, Wurtz & Co, London]
  2. ^ [Flona Serial, 2010, Buku Pintar Memelihara Reptil & Amfibi, Gramedia, Jakarta. ISBN 979-23-4851-4]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]