Leif Eriksson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Patung Leif Eriksson di Minnesota, AS

Leif Eriksson (bahasa Islandia lama: Leifur Eiríksson; Islandia, hidup sekitar tahun 970–sekitar 1020) adalah seorang penjelajah, putra Erik Si Merah (Eiríkur rauði). Ibunya adalah Þjóðhildur. Ayahnya telah memulai dua koloni Norwegia, Pemukiman Barat dan Pemukiman Timur, di Greenland yang dia namakan.

Pada saat menetap di Norwegia, Leif masuk ke agama Kristen. Ketika kembali ke Greenland, dia membeli perahu Bjarni Herjólfsson dan pergi menjelajahi daratan yang telah Bjarni temukan.

Saga Grænlendinga bercerita bahwa Leif mulai menjelajah sekitar tahun 1000 untuk mengikuti rute Bjarni dari arah yang sebaliknya. Tempat pertama yang ia temui dipenuhi lempengan batu yang datar (bahasa Islandia: hellur). Oleh karena itu, tempat itu ia panggil Helluland (tanah yang penuh akan batu datar), yang kemungkinan adalah Kepulauan Baffin pada saat ini.

Berikutnya dia menemukan daratan yang datar dan berkayu, dengan pantai berpasir putih, yang dia panggil Markland (tanah kayu), yang kemungkinan adalah Labrador. Ketika bertemu dengan daratan lagi, Leif dan awaknya mendarat dan membangun beberapa rumah. Mereka menyukai daratan tersebut: ada banyak salmon di sungai, dan cuacanya sedang dengan musim dingin yang tidak terlalu dingin dan rumput-rumput yang masih tetap hijau. Mereka menetap di tempat itu selama musim dingin. Saga tersebut menyebutkan salah seorang awak Leif, Tyrkir, yang mungkin seorang Jerman, menemukan anggur. Leif memanggil daratan itu Vínland karenanya (wilayah antara Virginia dan Newfoundland di Amerika Utara pada masa kini). Pada perjalanan pulang, Leif menyelamatkan seorang Norwegia, sehingga dia dipanggil 'Leif yang Beruntung' (bahasa Norwegia lama: "Leifr hinn heppni").

Leif mempunyai dua saudara laki-laki Þorvaldur dan Þorsteinn, dan seorang saudara perempuan, Freydís. Dia menikahi Þórgunna dan mempunyai seorang putra, Þorkell Leifsson.

Untuk memperingati tibanya Eriksson di Amerika Utara pada tahun 1000, sejak tahun 1964 tanggal 9 Oktober diperingati sebagai Hari Leif Eriksson di Amerika Serikat.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]