La Poste

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari La Poste (Français))

La Poste (Français) adalah nama resmi dari dinas pos di Prancis yang membidangi segala hal yang berkaitan dengan servis pos. Selain di daratan Prancis, mereka juga Guadeloupe, Martinique dan French Guiana, serta daerah teritorial Saint Pierre, Miquelon, Mayotte. Di mana mereka adalah group kedua dari dinas pos di daratan Eropa. Group yang lain adalah Deutsche Post, dinas pos Jerman yang sudah dimiliki oleh perseorangan.

Tugas utama dinas ini adalah memberikan jasa-jasa pos, di mana ini misinya adalah misi umum yang mengirimkan korespondensi tertulis dan hal-hal terkait dengannya dari satu orang ke orang lainnya. Perangko yang diterbitkan oleh dinas ini bisa dipergunakan juga untuk daerah di luar Prancis namun tidak di daerah teritorial, di mana mereka menerbitkan perangkonya sendiri yang terpisah dari apa yang sudah diterbitkan dari yang di Prancis.

Selain jasa pos, mereka juga menawarkan jasa perbankan dan juga jasa pengiriman barang melalui Chronopost. Mereka juga menawarkan jasa webmail melalui Webmail La Poste.

Saat ini di Prancis, dinas ini memiliki pegawai terbesar kedua setelah pemerintahan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]