Hafidz Asy-Syirazi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Khawaja Syamsuddin Muhammad Hafizh Asy-Syirazi
Lahir 1310/1337 M
Meninggal 1389/1390 M
Era Zaman Pertengahan
Tradisi Sufi
Minat utama Syair, Mistik, Sufi, Metafisika, Etik

Khawaja Syamsuddin Muhammad Hafizh Asy-Syirazi (خواجه شمس‌الدین محمد حافظ الشيرازي), di Dunia Barat dikenal dengan sebutan Hafez atau Hafez Shirazi, adalah seorang ahli sufi dan penyair Persia. Ia dilahirkan antara 1310 hingga 1337 di Shiraz, Iran, saat itu merupakan wilayah dari Kerajaan Parsi. Ia terkenal dengan keindahan syair-syair sufi dan ghazal ciptaannya. Syair-syairnya mempunyai ciri-ciri surealisme modern.[1]

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Tidak banyak informasi yang diketahui mengenai riwayat awal Hafiz. Berdasarkan syair-syairnya, Hafiz kemungkinan mendapatkan pendidikan awal yang sempurna, atau ia sendiri yang telah mendidik dirinya dengan baik. Ayahandanya adalah seorang pedagang batubara yang wafat ketika Hafiz masih kecil dan menyebabkan keluarganya berhutang. Hafiz kemudian melanjutkan pendidikannya kepada Attar Shiraz, seorang cendekiawan Persia. Setelah itu, ia menjadi penyair di istana Abu Ishak dan mempunyai pengaruh yang kuat di kota kelahirannya. Hafiz juga turut mendapat jabatan sebagai guru di sekolah pengajian Al-Qur'an.

Ketika umurnya 30 tahun, tentara Muzaffariyyah menaklukkan Shiraz, dan Mubariz Muzaffar menyingkirkan Hafiz dari jabatannya. Ketika pemerintahan Shah Shuja al-Din Muzaffar, Hafiz sekali lagi diangkat sebagai penyair dan guru Al-Qur'an, tetapi kemudian ia terpaksa melarikan diri karena fitnah dari pesaing-pesaingnya. Hafiz melarikan diri dari Shiraz ke Isfahan dan Yazd.

Ketika berumur 52 tahun, Hafiz sekali lagi mendapat jabatan di istana, dan kali ini adalah atas undangan Shah Shuja. Shah Shuja kemudian kalah dalam peperangan melawan Timur Lenk dan terbunuh. Dalam usia tuanya, Hafiz pernah bertemu dengan Timur Lenk dan ia mempertahankan syair-syairnya yang dituduh sebagai syirik. Ia wafat pada umur 69 tahun dan dimakamkan di Shiraz.

Referensi[sunting | sunting sumber]