Kepangeranan-Keuskupan Münster

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kepangeranan-Keuskupan Münster
Hochstift Münster
Negara Kekaisaran Romawi Suci

1180–1802
 

 

 

Bendera Lambang
Peta pada tahun 1560. Kepangeranan-Keuskupan Münster ditandai dengan warna merah
Ibu kota Münster di Westphalia
Bahasa Sachsen Hilir, Jerman, Frisia
Agama Katolik Roma; Anabaptis
Pemerintahan Kepangeranan elektif
Era sejarah Abad Pertengahan
 -  Didirikan setelah keruntuhan
    Sachsen
1180
 -  Disekularisasi dan menjadi bagian dari Prusia 1802

Kepangeranan-Keuskupan Münster adalah kepangeranan-keuskupan yang merupakan bagian dari Kekaisaran Romawi Suci. Negara ini terletak di wilayah yang kini merupakan bagian dari Nordrhein-Westfalen dan Niedersachsen. Dari abad ke-16 hingga abad ke-18, negara ini seringkali menjadi bagian dari uni personal dengan kepangeranan-keuskupan lainnya, seperti Köln, Paderborn, Osnabrück, Hildesheim, dan Liège.

Münster berbatasan dengan Belanda di barat, Cleves, Vest Recklinghausen, dan Mark di selatan, Paderborn dan Osnabrück di timur, serta Frisia Timur, Oldenburg, dan Hannover di utara dan timur laut.

Seperti kepangeranan-keuskupan lainnya di Kekaisaran Suci, terdapat perbedaan antara Kepangeranan-Keuskupan Münster dengan Keuskupan Münster, walaupun kedua entitas tersebut dikepalai oleh orang yang sama. Keuskupan umumnya lebih besar dari kepangeranan-keuskupan, dan di luar wilayah kepangeranan-keuskupan otoritas pangeran-uskup biasanya hanya terbatas pada otoritas uskup yang terbatas pada hal-hal spiritual.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Prince-Bishopric of Münster