Kementerian Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Kementerian Perdagangan Internasional dan Industri (bahasa Inggris: Ministry of International Trade and Industry) adalah sebuah kementerian di bawah pemerintah federal Malaysia. Kementerian ini diberi tanggungjawab mengawasi kegiatan perdagangan yang dijalankan oleh Malaysia di tingkat internasional seperti impor dan ekspor, juga menyelaraskan kegiatan dan kebijakan perindustrian negara ini. Dengan kantor pusat di Kuala Lumpur, kementerian ini merupakan satu-satunya kementerian yang tidak berpindah ke pusat pemerintahan baru pemerintah federal, Putrajaya. Hal ini mengikuti keputusan pemerintah yang memelihara Kuala Lumpur sebagai pusat keuangan, ekonomi, dan perindustrian nasional.

Kementerian ini dibentuk berdasarkan kementerian yang sama di Jepang, memimpin usaha-usaha penanaman modal asing di Malaysia melalui Lembaga Kemajuan Perindustrian Malaysia, badan yang dipertanggungjawabkan kepadanya yang memiliki perwakilan di beberapa mitra dagang utama Malaysia, seperti Amerika Serikat, Jepang, Australia, Britania Raya, dan Jerman. Selain itu, duta MITI yang diketuai oleh seorang menteri mewakili negara ini dalam perundingan yang berkaitan dengan perjanjian-perjanjian perdagangan dengan negara asing seperti Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN (AFTA).

Kementerian ini kini diketuai oleh Tan Sri Muhyiddin Yassin (BN-Pagoh) dan dibantu oleh dua orang wakil, yaitu Liew Vui Keong (BN-Sandakan) dan Jacob Dungau Sagan (BN-Baram) sejak bulan Maret 2008. Menteri sebelumnya adalah Datuk Seri Rafidah Aziz yang dijuluki "wanita besi".


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik. Terima kasih.