Kelabang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Lipan
Rentang fosil: 600–0 Jtl
Awal Silurian hingga sekarang
Scolopendra sp.
Scolopendra sp.
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Arthropoda
Upafilum: Myriapoda
Kelas: Chilopoda
Ordo: Scolopendromorpha
Famili: Scolopendridae
Genus: Scolopendra
Linnaeus, 1758
Tipe spesies
Scolopendra morsitans 
Linnaeus, 1758


Lipan atau kelabang (bahasa Inggris: centipede) adalah hewan arthropoda yang tergolong dari kelas Chilopoda dan upafilum Myriapoda. Lipan adalah hewan metamerik yang memiliki sepasang kaki di setiap ruas tubuhnya. Hewan ini termasuk hewan yang berbisa, dan termasuk hewan nokturnal.[1]

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Lipan mudah ditemukan di daerah yang diarsir seperti bagian bawah daun-daun mati, batu, gua, hutan, dan bahkan bagian dalam rumah. Mereka biasanya ditemukan di daerah iklim seperti padang pasir, pegunungan, dan hutan. Mereka adalah arthropoda soliter (bila disatukan, Anda melawan dengan kematian salah satu dari dua) dan malam. Pada siang hari mereka pergi untuk mencari perlindungan di lahan basah dan gelap. Jika cuaca terlalu basah atau terlalu kering, mereka mencari tempat lain untuk datang berlindung di dalam rumah. Spesies yang hidup di zona beriklim panas biasanya lebih kecil (hingga 10 cm) dari mereka menghuni daerah khatulistiwa yang lembab, yang dapat melebihi 30 cm.

Hubungan dengan manusia[sunting | sunting sumber]

Lipan dianggap sebagai hewan berbisa meskipun bisa lipan kurang mematikan manusia, tetapi lipan biasa dikonsumsi di Thailand dan di beberapa bagian Afrika. Bahkan pengobatan Cina memotong atau menggunakan bagian dari lipan sebagai obat untuk penggunaan oral, meskipun efektivitas pengobatan ini belum terbukti secara ilmiah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]